Modifikasi Kijang Kapsul merupakan solusi bagi Anda yang ingin merubah tampilan mobil Kijang kesayangan. Bagaimanapun, kesan “tua” pada mobil tersebut kadang membuat kurang percaya diri ketika mengendarainya. Solusinya, dengan melakukan modifikasi pada beberapa bagian tertentu mobil tersebut.

Sebelum kehadiran Innova, generasi keempat dari Toyota Kijang ini sangat populer pada tahun 90-an di kalangan para pecinta otomotif. Selain kualitas mesin, luas kabinnya menjadi sebab banyak orang memilihnya sebagai mobil keluarga.

Bagi Anda yang sampai saat ini masih setia menggunakan Kijang Kapsul dan ingin melakukan modifikasi agar mobil kesayangan Anda kembali terlihat gress, pastikan tetap membaca kelanjutan ulasan di bawah ini.

4 Pilihan Modifikasi Kijang Kapsul Agar Terlihat Semakin Gress

Sebenarnya banyak sekali pilihan modifikasi Kijang Kapsul yang bisa dilakukan. Hanya saja, postingan kali ini secara khusus akan membahas 4 pilihan modifikasi saja. Apa sajakah pilihan modifikasi tersebut? Yuk simak detail ulasannya.

1. Modifikasi Kaki-kaki Kijang Kapsul

Gambar Modifikasi Kaki-kaki Kijang Kapsul
Gambar Modifikasi Kaki-kaki Kijang Kapsul (Source : pinhome.id)

Pada asalnya, desain Kijang Kapsul memang terlihat elegan dan tangguh. Sejak kehadirannya, kesan kotak pada generasi Toyota Kijang sebelumnya sudah benar-benar ditinggalkan.

Hanya saja, sebagian orang merasa desain Kijang Kapsul perlu mendapatkan perubahan agar terlihat lebih gagah dan kesan ‘tua’ yang terlihat bisa tertutupi. Solusi yang bisa ditempuh tentu saja dengan melakukan modifikasi.

Salah satu bentuk modifikasi yang bisa dilakukan adalah modifikasi pada kaki-kaki mobil. Salah satu caranya adalah dengan mengganti velg aslinya dengan velg yang lebih lebar. Dengan begitu, tampilan mobil tersebut akan semakin ciamik.

Cobalah mengganti velg aslinya dengan velg ring 17 atau 18 inci. Sedangkan untuk ban, Anda bisa menggantinya dengan varian ban mobil tipis ukuran 215/35 R18.

Sebenarnya modifikasi pada kaki-kaki Kijang Kapsul bukanlah hal yang baru. Modifikasi Kijang Kapsul ini bahkan sempat tenar di sepanjang tahun 2000-an. Hanya saja, modifikasi waktu itu lebih terfokus pada peninggian kaki-kaki mobil.

Dengan meninggikan kaki-kaki mobil, Kijang Kapsul dapat melintasi segala medan dengan nyaman. Sebab, waktu itu hasil modifikasinya menjadikan jarak tanah ke sumbu body lebih tinggi.

Modifikasi seperti ini masih cocok di masa sekarang jika Anda tinggal di kawasan yang rawan banjir. Sebab, bodinya yang lebih tinggi menjadikan mobil ini dengan mudah melintasi jalan semi off road.

Jika ingin meninggikan kaki-kaki mobil Kijang Kapsul, Anda tinggal memasangkan velg standar ukuran 15 inci. Hanya saja, Anda mesti memasangkan ban Goodyear Wrangler A/T 195/75 agar terlihat keren. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan modifikasi bertema rally.

Tapi satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika memodifikasi tinggi kaki-kaki mobil adalah penyesuaian suspensi. Bagaimanapun, bertambahnya tinggi mobil tersebut menjadikannya mudah limbung. Solusi untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan shock breaker yang lebih keras.

Baca Juga: Jenis-jenis Suspensi yang Digunakan Mobil Masa Kini

2. Modifikasi Bagian Interior

Gambar Modifikasi Bagian Interior Kijang Kapsul
Gambar Modifikasi Bagian Interior Kijang Kapsul (Source : mbtech.info)

Modifikasi Kijang Kapsul lainnya yang juga bisa dilakukan adalah melakukan upgrade di bagian interior. Modifikasi ini tidak hanya menjadikannya tampak gagah, tetapi juga menjadikannya lebih nyaman saat dikendarai.

Salah satu sisi interior yang perlu diupgrade adalah fitur entertainment. Anda bisa mengganti audio sound system bawaannya dengan audio sound system yang mampu menghasilkan suara yang lebih bening.

Bisa juga ditambahkan layar LCD yang nantinya semakin memudahkan Anda dalam mengoperasikan sistem audio. Selain praktis, keberadaan layar LCD juga akan membuat dashboard mobil Kijang Kapsul Anda terlihat lebih modern.

Untuk setir, Anda bisa menambahkan BBS 4spoke plus shift knob-nya BBS. Speedometer bisa diganti dengan indiglow dari merk Nippon Racing. Sedangkan spion tengah bisa diganti dengan Wink mirror 5 panel merk Rally. Sedangkan untuk kaca spion, Anda bisa menggantinya dengan merkNissan Silvia retract.

Untuk meningkatkan sistem keamanan, Anda bisa melakukan upgrade dengan cara memasangkan paket kamera parkir pada mobil kesayangan Anda. Kamera tersebut bisa diletakkan di bagian depan maupun belakang.

Bagian kabin juga bisa diupgrade tampilannya agar semakin sporty. Caranya, Anda perlu menggantikan jok bawaannya dengan tipe racing. Dengan sentuhan berbagai modifikasi di atas, tentu tampilan interior mobil Kijang Kapsul kesayangan Anda akan semakin nyaman dan terlihat modern.

3. Tambahkan Aksesoris Pelengkap

Kijang Kapsul Tampak Gagah dengan Penambahan aksesoris Roof Box
Kijang Kapsul Tampak Gagah dengan Penambahan aksesoris Roof Box (Source : otomotif.kompas.com)

Selain melakukan modifikasi di bagian interior Kijang Kapsul, Anda juga perlu melakukan modifikasi di bagian eksterior. Tidak hanya bisa dilakukan dengan cara meninggikan kaki-kaki mobil, tetapi juga dengan melakukan penambahan beberapa aksesoris tertentu.

Bagi yang suka bertualang, penambahan aksesoris seperti roof box akan semakin menegaskan kesan petualangan di Kijang Kapsul kesayangan Anda. Selain itu, aksesoris ini secara fungsional bisa menjadi tambahan tempat penyimpanan di atas mobil.

Anda juga bisa menambahkan aksesoris fog lamp berukuran besar dan lampu trailblazer di bagian atap. Dengan penambahan aksesoris ini, Anda tentu semakin percaya diri ketika berpetualang dengan Kijang Kapsul kesayangan Anda.

Aksesoris tambahan lainnya yang juga penting untuk menyempurnakan petualangan adalah towing bar di bumper belakang. Dengan adanya aksesoris ini, mobil Anda nantinya bisa digunakan untuk menarik beban atau menarik kendaraan lain.

Baca Juga: Beda Towing Mobil Dengan Towing Derek

4. Modifikasi Agar Irit Bahan Bakar

Gambar Ilustrasi Kijang Kapsul Ditambahkan GFS Penghemat BBM
Gambar Ilustrasi Kijang Kapsul Ditambahkan GFS Penghemat BBM (Source : bukalapak.com)

Tidak diragukan lagi kalau melakukan modifikasi Kijang Kapsul di bagian kaki-kaki akan memberikan pengaruh yang besar pada konsumsi bahan bakarnya. Sebab, mobil tersebut akan terasa semakin boros bahan bakar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan modifikasi dengan menambahkan alat penghemat BBM pada mobil tersebut.

Saat ini sudah banyak sekali merk alat penghemat BBM yang dijual di pasaran. Salah satu merk terbaik yang bisa Anda gunakan adalah GFS. Dengan menggunakan alat ini, tarikan mobil tersebut jadi lebih ringan.

Nah, tarikan ringan inilah yang menjadikan Kijang Kapsul lebih menghemat konsumsi BBM. Dengan begitu, Anda tidak dibuat pusing lagi dengan konsumsi bahan bakar mobil Kijang kesayangan Anda yang menjadi boros setelah dimodifikasi.

Itulah tadi pilihan modifikasi Kijang Kapsul supaya kelihatan semakin gress. Dengan melakukan modifikasi di atas, Kijang Kapsul kesayangan Anda akan tampil ciamik dan gagah. Tapi ingat, melakukan modifikasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda mesti mempersiapkan budget khusus untuk itu.

Temukan berbagai mobil bekas dengan harga kompetitif hanya di LacakHarga.