Modifikasi motor sering dilakukan untuk merubah tampilannya agar terlihat lebih keren dan tampil beda. Bentuk modifikasi yang dilakukan pun bermacam-macam, tergantung kreasi dari pemilik kendaraan.

Salah satu jenis motor yang banyak dimodifikasi adalah Yamaha X-Ride. Bentuk-bentuk modifikasinya bisa dilihat di internet. Anda juga mendapatkan inspirasi modifikasi dari gambar-gambar yang ada di sana.

Sebenarnya, tampilan asal Yamaha X-Ride sudah keren. Sehingga, tidak perlu terlalu banyak penambahan item untuk melakukan modifikasi. Dengan beberapa tambahan sederhana, Yamaha X-Ride Anda bakalan terlihat keren dan tampil beda.

Jika ingin melakukan modifikasi X-Ride kesayangan Anda, beberapa ide modifikasi Yamaha X-Ride di bawah ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Penasaran dengan bentuk modifikasinya? Yuk simak detailnya di bawah ini.

12 Ide Modifikasi Yamaha X-Ride yang Bisa Diterapkan

Di bawah ini akan disebutkan beberapa ide modifikasi Yamaha X-Ride yang bisa diterapkan. Ide-ide modifikasi yang disampaikan pada ulasan kali ini mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan budget yang besar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya sendiri, tanpa harus membawanya ke bengkel.

1. Tampil Lebih Gagah dengan Penambahan Head Light Guard

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Head Light Guard
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Head Light Guard (Source : moladin.com)

Salah satu ide modifikasi agar Yamaha X-Ride kesayangan Anda adalah dengan menambahkan aksesoris head light guard. Penambahannya aksesorisnya tidak banyak, tapi efektif menambah kesan gagah dan keren pada kendaraan Anda. 

Tidak hanya menjadikan tampilan motor lebih menarik, tetapi juga efektif melindungi lampu motor, sehingga tidak mudah kemasukan air meskipun Anda mengendarainya dalam kondisi hujan lebat. Selain itu, aksesoris ini juga dapat meningkatkan nilai estetika motor Anda.

Ide modifikasi yang satu ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang ingin memodifikasi motor Yamaha X-Ride miliknya, namun memiliki dana yang terbatas. 

2. Tampil Lebih Tangguh dengan Penambahan Hand Guard


Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Hand Guard
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Hand Guard (Source : moladin.com)

Modifikasi X-Ride juga bisa dilakukan di bagian tangan, dalam hal ini dengan menambahkan aksesoris pelindung tangan atau hand guard. Selain menjadikan tampilan motor lebih tangguh, juga meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Saat mengendarai motor terutama dalam kondisi cuaca ekstrem yang terlalu panas atau terlalu dingin, hand guard akan melindungi tangan Anda. Sehingga, panas atau dingin yang berlebihan tidak terasa di tangan. Dengan begitu, tentu kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Melakukan modifikasi Yamaha X-Ride tidak terlalu memakan biaya, karena hanya menambahkan aksesoris hand guard. Saat ini aksesoris tersebut bisa dibanderol dengan kisaran harga Rp 200 ribuan saja.

3. Tunjang Tampilan dengan Penambahan Visor

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Visor
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Visor (Source : bukalapak.com)

Ide modifikasi Yamaha X-Ride yang juga bisa diterapkan meskipun terkesan sederhana adalah menambahkan aksesoris visor. Penambahan aksesoris ini tidak hanya bermanfaat menambah keindahan tampilan motor ini, tetapi juga melindungi bagian dada.

Saat berkendara terutama dalam perjalanan jauh, tentu tubuh rentan masuk angin dari arah depan. Meskipun bisa saja Anda menggunakan jaket atau pelindung dada, tetapi tentu lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan visor.

Saat ini sudah banyak sekali model dan warna visor yang bermunculan di pasaran. Harga jualnya juga tidak terlalu mahal, berkisar Rp 100 ribuan saja. Agar lebih awet, sebaiknya pilih visor yang memiliki elemen anti debu dan anti gores. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, tapi tidak mengapa.

4. Tunjang Keamanan Motor dengan Menambahkan Side Slider


Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Slide Slider
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Slide Slider (Source : moladin.com)

Ide modifikasi yang juga bisa menjadi pilihan Anda adalah penambahan side slider. Keberadaan aksesoris ini tidak hanya menjadikan tampilan motor Anda lebih keren, tetapi juga melindungi Yamaha X-Ride, khususnya Anda terjatuh.

Terkadang Anda terjatuh dari motor atau bersenggolan dengan kendaraan lain. Dengan adanya aksesoris ini, bagian samping motor Anda tidak mudah rusak atau mengalami baret.

Modifikasi yang satu ini juga tidak membutuhkan budget yang besar. Dengan mengeluarkan isi dompet berkisar Rp 100 ribuan, Anda sudah bisa mendapatkannya.

5. Lindungi Tapakan Kaki Agar Tak Cepat Rusak dengan Menambahkan Foot Rest

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Foot Rest
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Foot Rest (Source : moladin.com)

Bagian tapakan kaki pada Yamaha X-Ride biasanya cepat rusak atau mengelupas karena keseringan terinjak. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan modifikasi dengan menambahkan aksesoris foot rest padanya motor tersebut.

Selain membantu tapakan kaki tidak cepat rusak, tampilan motor Anda juga terlihat lebih keren dan menarik. Tidak perlu khawatir cepat rusak, karena foot rest umumnya terbuat dari bahan logam yang kuat.

Penambahan aksesoris yang satu ini tidak banyak memakan biaya, sebab harga per itemnya di pasaran berkisar Rp 100 ribuan saja. Bagi Anda yang ingin melakukan modifikasi yang ramah budget, ide modifikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan.

6. Tampil Lebih Kece dengan Menambahkan Windshield

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Windshield
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Windshield (Source : warungasep.net)

Tingkatkan tampilan motor dengan menambahkan aksesoris Windshield. Fungsinya mirip visor, hanya saja ukurannya lebih besar karena bisa melindungi sampai bagian kepala. Dengan menggunakan aksesoris ini, tubuh dan muka Anda akan terlindungi dari terpaan aliran angin besar yang datang dari arah depan ketika berkendara.

Manfaat lainnya yang begitu terasa adalah ketika Anda berkendara di musim hujan. Biasanya Anda rentan terkena percikan air hujan yang dihempaskan oleh ban kendaraan di depan Anda. Dengan menggunakan aksesoris ini, semua anggota tubuh Anda termasuk wajah akan terlindungi dari hal itu.

7. Tampil Lebih Gahar dengan DB Killer

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan DB Killer
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan DB Killer (Source : knalpotracing.co.id)

Ide modifikasi Yamaha X-Ride lainnya yang juga bisa diterapkan adalah dengan menambahkan DB Killer di knalpotnya. Dengan penambahan aksesoris ini, tampilan motor kesayangan Anda akan semakin gahar dan keren.

Selain itu, manfaat lainnya adalah meredam suara knalpot yang terlalu bising dan mencegah knalpot dari kemasukan air  khususnya ketika Anda berkendara di musim hujan dan melewati lokasi yang tergenang.

8. Terlihat Lebih Menarik dengan Menambahkan Stiker

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Stiker
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Stiker (Source : moladin.com)

Modifikasi Yamaha X-Ride juga bisa dilakukan dengan cara menambahkan stiker ke motor kesayangan Anda. Saat ini sudah banyak sekali stiker motor dengan beragam hiasan yang ditawarkan di pasaran. Tinggal pilih saja yang dirasa paling cocok untuk kebutuhan modifikasi motor Anda.

Penambahan stiker hanya di bagian bodi. Meskipun demikian, hasilnya bakal menjadikan tampilan motor Anda jadi jauh lebih menarik.

Biaya penambahan stiker juga tidak terlalu besar, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan isi dompet Anda yang terkuras dengan ide modifikasi yang satu ini.

9. Tampil Keren dengan Konsep Modifikasi Supermoto

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Stiker
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Menambahkan Stiker (Source : moladin.com)

Ide modifikasi X-Ride berikutnya yang juga bisa Anda terapkan adalah gaya supermoto. Tidak diragukan lagi kalau modifikasi ini bakal menjadikan tampilan motor semakin gagah dan macho.

Konsep utama modifikasinya lebih terfokus pada pergantian ban saja. Meskipun tidak menutup kemungkinan adanya beberapa perubahan di bagian lainnya.

10. Tampil Menarik dengan Konsep Modifikasi Cross

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep Cross
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep Cross (Source : moladin.com)

Konsep cross juga bisa menjadi salah satu ide modifikasi yang bisa diterapkan pada Yamaha X-Ride kesayangan Anda. Modifikasi yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka bertualang dengan mengendarai motor.

Sekilas mirip dengan konsep supermoto, tetapi memiliki perbedaan dari jenis ban yang digunakan.  Konsep Supermoto menggunakan ban yang cocok digunakan di are perkotaan, sedangkan ban pada konsep cross lebih cocok digunakan berkendara di alam terbuka seperti pegunungan.

11. Konsep Modifikasi Motor X-Ride Thailook

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep X-Ride Thailook
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep X-Ride Thailook (Source : moladin.com)

Ide modifikasi yang satu ini masih banyak digunakan di masyarakat sampai saat ini. Penerapannya akan menjadikan tampilan motor Anda lebih keren dan tampil beda. Konsep utamanya terletak pada penggunaan pelek ring 17 dengan model jari-jari.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran ban yang digunakan. Jangan sampai ukuran ban terlalu kecil, sehingga justru membahayakan keselamatan Anda setiap kali berkendara dengan menggunakan motor tersebut.

Selain itu, ukuran ban yang terlalu kecil dianggap melanggar aturan yang berlaku. Jangan sampai Anda berkendara dengan motor yang ukuran bannya terlalu kecil, justru berakhir ditilang polisi karena dianggap melanggar.

Baca Juga: Contoh Modifikasi NMax Untuk Inspirasi Anda

12. Konsep Modifikasi Airbrush

Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep Airbrush
Modifikasi Yamaha X-Ride dengan Konsep Airbrush (Source : moladin.com)

Anda merasa kurang puas dengan ide modifikasi yang menggunakan stiker? Jika iya, sebaiknya Anda coba melakukan modifikasi yang mengusung aliran airbush.

Anda tinggal memilih modifikasi airbush yang sesuai dengan selera. Hanya saja, biaya yang perlu dikeluarkan lebih besar dibandingkan modifikasi dengan stiker.

Selain itu, modifikasi yang satu ini sebaiknya tidak dilakukan sendiri, kecuali memang Anda sudah berpengalaman. Jika dipaksakan, hasilnya bakal mengecewakan dan justru menjadikan tampilan motor X-Ride kesayangan Anda jadi kurang sedap.

Itulah tadi beberapa ide modifikasi Yamaha X-Ride yang bisa diterapkan. Jika Anda berniat untuk melakukan modifikasi, terapkan saja salah satu dari 12 ide modifikasi yang disebutkan di atas. Apalagi, biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Semoga bermanfaat.