Pada postingan kali ini kami akan menjelaskan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak. Bagi Anda yang bergelut dalam dunia otomotif, tentu istilah mesin 4 tak dan 2 sudah sering didengarkan dan sudah diketahui. Tapi bagi masyarakat umum, istilah tersebut tentu masih asing bagi mereka.

Mengetahui perbedaan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak sangat penting. Karena saat membeli sebuah kendaraan, seseorang akan diperhadapkan pada dua pilihan, apakah akan membeli kendaraan yang menggunakan mesin 4 tak atau 2 tak.

Jika perbedaan kedua jenis di atas tidak diketahui, tentu akan sulit menentukan pilihan. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan jelaskan jelaskan cara kerja mesin 4 tak serta perbedaan mendasar di antara keduanya.

Berikut Kami Jelaskan Cara Kerja Mesin 4 Tak dan 2 Tak

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara kerja kedua jenis mesin tersebut, kiranya sangat penting untuk membahas terlebih dahulu arti dari kata ‘tak’ itu sendiri. Perlu diketahui bahwa ‘tak’ merupakan istilah untuk jumlah langkah pada mesin. Oleh karena itu, 4 tak berarti 4 putaran poros engkol baru menghasilkan satu usaha, sedangkan 2 tak berarti 2 putaran poros engkol sudah menghasilkan satu usaha.

Cara Kerja Mesin 4 Tak

Cara Kerja Mesin 4 Tak
Cara Kerja Mesin 4 Tak (Source : speedwork.id)

Di bawah ini akan disebutkan secara detail cara kerja dari mesin 4 tak. Berikut detailnya :

1. Langkah Hisap

Pada langkah ini, katup inlet akan terbuka. Pada saat ini, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Langkah ini menyebabkan vakumnya tekanan di ruang bakar, yang mengakibatkan udara masuk ke dalam ruang bakar.

2. Langkah Kompresi

Langkah kedua ini terjadi tatkala katup inlet tertutup. Waktu itu, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Proses ini menyebabkan campuran udara dan bahan bakar dipadatkan, sehingga temperature mengalami peningkatan akibat tekanan yang meningkat.

3. Langkah Usaha

Proses ketiga ini terjadi setelah busi memantik api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar tadi. Akibatnya, terjadi ledakan di dalam ruang bakar. Hal ini mengakibatkan piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).

4. Langkah Buang

Langkah keempat ini terjadi ketika katup outlet terbuka. Waktu itu, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Dalam proses ini, gas hasil pembakaran dibuang melalui katup outlet menuju saluran exhaust.

Cara Kerja Mesin 2 Tak

Cara Kerja Mesin 2 Tak
Cara Kerja Mesin 2 Tak (Source : speedwork.id)

Langkah Hisap dan Kompresi

Pada langkah ini, piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Ketika itu, campuran udara dan bahan bakar masuk ke poros engkol lalu dipadatkan dan ditekan pada langkah kompresi. Semua ini terjadi dalam satu langkah.

Langkah Usaha dan Buang

Pada langkah ini, piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Ketika itu, pembakaran terjadi disebabkan busi yang memantik campuran udara dan bahan bakar. Nantinya hasil pembakaran dikeluarkan melalui katub outlet. Semua ini terjadi dalam satu langkah.

Perbedaan Mendasar Mesin 4 Tak dan 2 Tak

Perbedaan Mendasar Mesin 4 Tak dan 2 Tak
Simak Perbedaan Mendasar Mesin 4 Tak dan 2 Tak

Selain menjelaskan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak, tidak lupa akan dijelaskan di sini sisi-sisi perbedaan utama antara mesin 4 tak dan 2 tak. Untuk lebih jelasnya, berikut sisi perbedaan keduanya :

1. Perbedaan Dari Sisi Cara Kerja

Sebenarnya di atas sudah disinggung sebelumnya perbedaan antara mesin 4 tak dan 2 tak dari sisi ini. Mesin 4 tak membutuhkan 4 kali putaran poros engkol dan 4 kali gerakan piston baru menghasilkan satu kali usaha atau proses pembakaran.  

Sedangkan 2 tak membutuhkan 2 kali putaran poros engkol dan 2 kali gerakan piston untuk menghasilkan satu usaha atau proses pembakaran.

2. Perbedaan dari Sisi Konstruksi Mesin

Perbedaan mendasar lainnya terletak pada konstruksi mesin. Dalam hal ini, mesin 4 tak memiliki rantai timing yang menggerakkan poros nok. Demikian pula konstruksi pistonnya yang memiliki keunikan tersendiri karena menggunakan 3 ring.

Sedangkan pada motor 2 tak, sama sekali tidak memiliki mekanisme katup pada konstruksi mesinnya dan tidak memiliki rantai timing. Sebab, yang digunakannya hanya katup hisap berupa katup harmonika.

3. Perbedaan dari Sisi Penggunaan Oli Pelumas

Perbedaan mendasar lainnya pada mesin 4 tak dan 2 tak terlihat jelas pada oli pelumas yang digunakannya. Sebab, mesin 4 tak membutuhkan oli pelumas di bagian mesin dan bagian transmisi secara langsung.

Sedangkan pada mesin 2 tak membutuhkan 2 jenis pelumas di dua bagian yang berbeda, yaitu di bagian mesin dan transmisi.

Oleh karena itu, kendaraan yang menggunakan mesin 2 tak membutuhkan oli samping yang nantinya dicampurkan dengan bahan bakar. Sedangkan untuk oli transmisi juga membutuhkan oli yang berbeda.

Setelah kami menjelaskan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak pada postingan kali ini, tentu Anda sudah bisa memahami perbedaan utama pada kedua jenis mesin tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menimbang dan memutuskan jenis mesin yang diinginkan saat hendak membeli motor.