Berapa sih konsumsi BBM Honda Vario 125? Pertanyaan ini spontan muncul karena penasaran dengan klaim dari Honda kalau motor buatannya irit dalam konsumsi bahan bakar. Benarkah demikian? Ulasan di bawah ini akan menjawabnya.

Tidak bisa dipungkiri kalau masyarakat menaruh antusias yang besar terhadap motor Honda Vario sejak dirilisnya generasi pertama sampai generasi terbaru saat ini. Hal tersebut disebabkan bentuknya yang sporty dan nyaman dikendarai menurut pengakuan kebanyakan pengguna.

Tapi nyaman dikendarai bukan berarti hemat. Oleh karena itu, apakah Honda Vario 125 irit bahan bakar atau tidak masih perlu dibuktikan. Caranya adalah dengan mengetahui berapa sebenarnya jumlah konsumsi BBM Vario 125.

Klaim Pabrikan Honda Tentang Konsumsi BBM Vario 125

Honda Mengklaim Honda Vario 125  Hemat Bahan Bakar
Honda Mengklaim Honda Vario 125 Menempuh 51,7 km Per Liter

Perlu diketahui bahwa Honda Vario 125 dibekali dengan teknologi enchanced Smart Power (eSP).  Keberadaan teknologi eSP pada jantung mekanis Vario 125 diyakini bakal menambah efisiensi pembakaran serta mereduksi energi terbuang.

Pihak Honda mengklaim bahwa dengan penyematan teknologi ini, motor matic tersebut lebih efisien dalam mengonsumsi bahan bakar, bersamaan dengan performa lebih tinggi yang akan dirasakan saat mengendarainya.

Selain itu, Honda Vario 125 juga disematkan dengan fitur Idling Stop System (ISS). Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pihak Honda mengklaim kalau motor ini akan betul-betul irit bahan bakar, yaitu 51,7 km/liter dengan metode ECE R40.

Ketika fitur ISS pada motor ini diaktifkan, mesin akan mati secara otomatis ketika motor dalam keadaan diam atau idle selama 3 detik. Jika ingin menghidupkannya kembali, cukup dengan memutar tuas gas. Secara otomatis, mesin motor tersebut akan hidup kembali.

Kondisi di atas tidak lepas dari keberadaan teknologi ACG Starter yang memang disematkan pada seluruh motor matic besutan Honda. Dengan adanya teknologi tersebut, proses menghidupkan motor jadi lebih cepat dan mudah.

Hasil Pengecekan di Jalan

Pengecekan Langsung Konsumsi BBM Honda Vario 125 ISS
Pengecekan Langsung Konsumsi BBM Honda Vario 125 ISS (Source : Channel Youtube IRWAN SFD)

Untuk memastikan benar tidaknya pernyataan pihak Honda soal hematnya motor besutan pabrikan tersebut, tentu harus dilakukan pengetesan langsung di jalan. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan menyebutkan hasil yang didapatkan dari pengetesan langsung.

Dalam sebuah video Youtube yang diposting oleh Channel IRWAN SFD, pemilik akun melakukan pembuktian langsung dengan menggunakan Honda Vario 125 ISS untuk melakukan perjalanan Jogja PP.

Perjalanan dimulai dengan melakukan pengisian bahan bakar full terlebih dahulu. Daya tampung bahan bakar di tangki sebanyak 5,5 liter jika dalam keadaan full.

Setelah melakukan pengetesan langsung dalam perjalanan Jogja PP tersebut, ternyata hasil menunjukkan kalau jarak tempuh total waktu itu sejauh 142km. Sedangkan jumlah konsumsi konsumsi BBM Vario 125 ISS tersebut mencapai 51 km per liter.

Jumlah konsumsi bahan bakarnya ternyata tidak jauh berbeda dari pernyataan Honda yang menyebutkan 51,7km per liter. Oleh karena itu, bisa disimpulkan kalau Honda Vario 125 memang irit bahan bakar.

Sedangkan dalam video Youtube lainnya yang diposting oleh AnAd Moto Channel, pengetesan dilakukan menggunakan motor Honda Vario 125 tahun 2018. Start awal dilakukan setelah melakukan pengisian tangki bahan bakar secara penuh, yaitu sebanyak 4,57 liter.

Hasil akhir dari pengetesan konsumsi BBM Vario 125 di atas menunjukkan kalau jarak tempuh yang dilakukan sejauh 200 km. Sedangkan jumlah konsumsi bahan bakarnya mencapai 43,7 km per liter. Tentu konsumsi bahan bakar ini tergantung kondisi medan jalan dan penggunaan sehari-hari.

Tips Hemat BBM Honda Vario 125

Meskipun Honda mengklaim kalau motor besutannya dijamin irit dengan disematkannya berbagai teknologi yang bisa membantu untuk itu, tapi penting untuk menerapkan tips berkendara yang bisa membantu menghemat BBM.

Penasaran dengan tips-tips tersebut? Yuk simak detail ulasannya di bawah ini :

1. Hindari Keseringan Buka-Tutup Gas

Jangan Keseringan Buka-Tutup Gas
Jangan Keseringan Buka-Tutup Gas (Source : hondacengkareng.com)

Keseringan buka-tutup gas tidak hanya menyebabkan keributan dan mengganggu pengguna jalan yang lain, tetapi juga menyebabkan BBM boros. Oleh karena itu, biasakan untuk menarik gas secara perlahan dan tidak langsung full.

Saat berhenti di lampu merah, jangan langsung menarik gas dalam-dalam begitu lampu lalu lintas sudah berwarna hijau. Biasakanlah untuk melakukan akselerasi secara perlahan agar tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

Saat ini sebagian motor matic terbaru sudah dilengkapi dengan indikator Eco. Tujuannya untuk membantu pengendara irit bahan bakar. Jika pengendara terlalu boros, maka indikator tidak akan menyala. Sebaliknya, jika pengendara irit dalam berkendara, maka lampu indikator akan menyala.

2. Jaga Tekanan Ban Ideal

Jaga Tekanan Ban Ideal
Jaga Tekanan Ban Ideal (Source : oto.detik.com)

Banyak pengendara motor yang melupakan kondisi ban motor yang digunakannya. Padahal, kondisi ban turut memberikan pengaruh terhadap irit tidaknya bahan bakar motor yang digunakan. Jika ingin irit, upayakan untuk selalu menjaga tekanan ban ideal.

Perlu diketahui bahwa ban yang kekurangan angin atau kempis akan menyebabkan permukaan ban yang menapak ke jalan jauh lebih besar. Berbeda halnya jika kondisi tekanan ban ideal, karena yang menapak jalan hanya bagian tengah ban saja.  

Pengaruhnya di mana? Jawabannya, ban yang kempes atau kurang angin akan membuat rolling resistance atau hambatan gulir yang lebih besar disebabkan tepian ban yang ikut menapak. Akibatnya, mesin membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk berakselerasi. Tenaga besar yang dihasilkan tersebut didapatkan dari konsumsi bahan bakar yang besar juga.

3. Jaga Kebersihan Filter Udara

Jaga Kebersihan Filter Udara
Jaga Kebersihan Filter Udara

Motor yang sering digunakan untuk perjalanan jauh atau berkeliling kota rentan mengakibatkan filter udaranya kotor, bahkan terkadang menghitam akibat ditempeli debu jalanan. Jika kondisinya demikian, segera bersihkan dan jangan biarkan filter udara kotor dalam waktu lama.

Mengap demikian? Alasannya karena suplai udara yang dibutuhkan saat pembakaran mesin jadi terhambat. Akibatnya, tarikan mesin menjadi berat disebabkan udara dan bahan bakar yang terbakar tidak seimbang. Kondisi inilah yang menjadikan mesin motor boros bahan bakar.

Tapi bagi pengendara Honda Vario 125, tidak perlu membersihkan filter udara. Sebab, filter udara yang disematkan pada motor tersebut berjenis viscous element, yaitu filter basah yang tidak bisa dibersihkan. Jika sudah kotor, tinggal ganti filter udara yang baru.  

4. Busi Bebas Kerak

busi bebas kerak
Jaga Agar Busi Bebas Kerak Sehingga Motor Anda Lebih Hemat BBM

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar motor bisa hemat bahan bakar adalah menjaga busi bersih dari kerak. Jangan diabaikan, karena kerak yang berasal dari endapan karbon sisa pembakaran tersebut akan menjadikan terhambatnya percikan api pada ujung elektroda.

Kondisi tersebut akan menjadikan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Akibatnya, suplai bahan bakar yang dibutuhkan jadi lebih banyak dan boros. Oleh karena itu, jika sudah terdapat kerak pada busi motor, segera ganti dengan yang baru.

Demikianlah penjelasan mengenai berapa jumlah konsumsi BBM Vario 125 dan pengetesan langsung di jalan oleh sebagian pengguna. Hasilnya, terbukti kalau motor tersebut memang irit BBM. Selain itu, penerapan tips hemat bahan bakar juga perlu diperhatikan agar motor kesayangan Anda tersebut lebih hemat bahan bakar lagi.