Selain membeli mobil, pemilik mobil juga perlu menyediakan aksesoris dalam mobil. Tentu keberadaan aksesoris tersebut bukan sekedar gaya-gayaan, tetapi karena besarnya fungsi dan manfaatnya dalam menunjang kenyamanan berkendara.

Saat ini banyak sekali pilihan aksesoris mobil yang dijual di pasaran. Namun, ada beberapa aksesoris yang keberadaannya sangat penting bahkan dianggap ‘wajib’ di dalam mobil.

Kira-kira apa sajakah aksesoris tersebut? Agar tidak penasaran, simak daftarnya di bawah ini.

10 Daftar Aksesoris dalam Mobil yang Wajib Tersedia

1. Phone Holder

Phone Holder
Phone Holder Membantu Penggunaan HP yang Aman di Dalam Mobil

Sangat tidak dianjurkan bermain HP sambil berkendara, karena hal itu akan menempatkan Anda dalam resiko kecelakaan yang besar. Di sisi lain, fungsi HP sangat besar sehingga terkadang Anda tetap membutuhkannya meskipun sedang berkendara.

Solusi terbaik dalam hal ini adalah menggunakan aksesoris mobil yang bernama phone holder. Anda hanya perlu meletakkannya di kabin depan pada posisi yang nyaman dan tidak mengganggu pandangan.

2. Charger USB

Charger USB
Charger USB Memungkinkan Anda Melakukan Pengisian Daya HP di Mobil

Aksesoris dalam mobil lainnya yang ‘wajib’ ada karena fungsinya yang sangat penting adalah charger usb. Dengan adanya charger ini, Anda tetap bisa melakukan pengisian daya HP sepanjang perjalanan. Tentu sangat repot jika harus menunggu sampai di rest area atau tiba di tempat tujuan baru melakukan pengisian ulang daya.

Mengapa repot? Karena sepanjang perjalanan tentu Anda membutuhkan HP, baik untuk menggunakan GPS, berkomunikasi dengan orang lain, dan semisalnya. Jika daya baterai HP habis, tentu Ada tidak bisa menggunakan HP.

3. Head Unit Android dan GPS

Head Unit Android dan GPS
Head Unit Android dan GPS untuk Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Aksesoris yang satu ini sangat penting dan cukup lengkap. Tidak hanya berfungsi sebagai penunjang fitur hiburan, tetapi juga untuk keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara.

Banyak fitur bermanfaat selain hiburan yang bisa Anda dapatkan dari head unit Android, di antaranya adalah aplikasi peta atau GPS, serta kamera tampak depan dan belakang untuk memudahkan Anda saat ingin memarkir kendaraan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi peta yang lebih detail, sebaiknya Anda menggunakan GPS khusus yang bisa dipasang khusus pada mobil. Di antara produk GPS yang cukup terkenal saat ini adalah Garmin, Tomtom, dan yang lainnya.

4. Dash Cam

Dash Cam Berfungsi Merekam Kejadian
Dash Cam Berfungsi Merekam Kejadian di Luar Mobil

Aksesoris dalam mobil lainnya yang juga ‘wajib’ ada di dalam mobil Anda adalah dash cam. Bukan kamera parkir, tapi kamera yang berfungsi untuk memantau dan merekam kondisi yang terjadi di dalam kabin mobil dan di sekitar mobil Anda.

Dengan adanya aksesoris ini, Anda bisa mengetahui apa yang terjadi di sekitar mobil Anda. Jika mobil Anda ditabrak orang saat parkir dan Anda tidak berada di situ, maka hasil tangkapan kamera tersebut akan merekam kejadiannya. Dengan begitu, Anda memiliki bukti yang jelas tentang kejadian yang sebenarnya.

5. Kamera Parkir

Kamera Parkir
Kamera Parkir Membantu Anda Memarkir Kendaraan dengan Aman

Penggunaan aksesoris kamera parkir tentu sangat membantu bagi Anda yang ingin memarkir kendaraan dengan aman. Meskipun saat ini setiap mobil sudah dilengkapi dengan sensor parkir, tapi rasanya kurang lengkap jika tidak melihat langsung kondisi di belakang.

6. Organiser Mobil

Organiser Mobil tempat Menyimpan Barang-barang
Organiser Mobil tempat Menyimpan Barang-barang sederhana di Dalam Mobil

Organiser mobil adalah tas gantung yang umumnya dipasang di bagian belakang kursi penumpang depan dan kursi sopir. Dengan adanya aksesoris mobil yang satu ini, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menyimpan benda-benda ringan dan berukuran kecil.

Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan tisu, makanan dan minuman di dalam mobil. Semuanya bisa tertata rapi dan tidak berantakan, meskipun barang bawaan Anda banyak.

7. Trash Bin

Gunakan Trash Bin Untuk Membuang Sampah
Gunakan Trash Bin Untuk Membuang Sampah yang ada di Mobil

Kebersihan mobil merupakan hal yang harus selalu dijaga. Jika mobil bersih, tentu Anda akan merasa nyaman berada di dalamnya. Jika sebaliknya, tentu Anda tidak akan mau berlama-lama di dalam mobil.

Meskipun mobil memiliki asbak bawaan, tetapi tidak cukup untuk menampung sampah-sampah Anda selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, keberadaan trash bin atau aksesoris tempat sampah merupakan hal yang sangat penting.

8. Portable Vacuum Cleaner

Portable Vacuum Cleaner
Portable Vacuum Cleaner Sangat Berguna untuk Membersihkan Debu di Kabin Mobil

Mobil Anda perlu juga dibersihkan dari debu-debu melekat yang membuat pernafasan kurang nyaman, terutama jika berkendara untuk perjalanan jauh. Oleh karena itu, portable vacuum cleaner termasuk salah satu aksesoris dalam mobil yang ‘wajib’ ada.

Sumber daya portable vacuum cleaner berasal dari baterai bawaannya. Jadi, Anda hanya perlu mengisi dayanya sebelum berkendara. Bisa juga Anda memanfaatkan soket listrik yang ada di mobil untuk mengisi dayanya.

9. Pompa Ban Elektrik

Pompa Ban Elektrik
Pompa Ban Elektrik (Source : carro.id)

Bagaimana jika tiba-tiba ban mobil Anda kempes di tengah perjalanan, sementara di sekeliling Anda hanya hutan dan tidak ada sama sekali bengkel atau kendaraan yang lewat. Tentu Anda akan kesulitan bukan?

Oleh karena itu, sediakan selalu pompa ban listrik di mobil Anda buat berjaga-jaga. Karena bisa saja terjadi keadaan seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda membawa pompa ban listrik, tentu Anda tinggal menggunakannya untuk memompa ban mobil Anda yang kempes.

10. Alat Pemadam Kebakaran

Alat Pemadam Kebakaran
Alat Pemadam Kebakaran (Source : carro.id)

Keberadaan alat pemadam kebakaran di mobil Anda sangat penting. Jangan sampai Anda lupa menyediakannya di dalam mobil. Sebab, bisa saja terjadi kebakaran yang tidak diinginkan dan Anda langsung bisa memadamkannya dengan bantuan alat tersebut.

Letakkan alat pemadam kebakaran di tempat yang strategis dan mudah dijangkau langsung oleh tangan Anda. Biasanya diletakkan di bawah jok atau samping konsol tengah.

Itulah 10 aksesoris dalam mobil yang sangat penting dan ‘wajib’ ada. Karena fungsinya sangat besar, pastikan Anda tidak melalaikan satupun dari daftar aksesoris yang disebutkan di atas.