Kebanyakan produk Toyota sekarang ini dilengkapi dengan audio sebagai fasilitas hiburan. Dalam menjalankan fungsinya, sound tersebut tersusun atas skema kabel tape mobil Toyota Avanza yang ditata sedemikian rupa supaya dapat berfungsi semestinya.

Karena rusak atau performa yang menurun, biasanya pemilik mobil akan mengupgradenya. Dengan begitu suara yang dihasilkan jauh lebih bagus dan jernih. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangan, skema kabel tape mobil harus diketahui dengan benar.

Jenis & Fungsi Kabel Tape Mobil Toyota Avanza

Kabel Soket Tape Mobil Original Toyota
Kabel Soket Tape Mobil Original Toyota (Source : tokopedia.com)

Toyota Avanza merupakan salah satu brand mobil yang memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia. Ada berbagai fasilitas pendukung di dalamnya, salah satunya adalah sound dengan kualitas cukup baik.

Skema kabel tape mobil Toyota Avanza mencakup jenis-jenis kabel audio beserta fungsinya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kabel audio apa saja yang ada dan apa fungsi masing-masing dari kabel tersebut. Berikut detailnya :

  • Merah(+), untuk 12V ACC atau arus lewat kontak.
  • Kuning(+), untuk 12V backup atau arus langsung.
  • Hitam(-), untuk ground atau massa body.
  • Putih-hitam(-), untuk speaker.
  • Putih(+), untuk speaker.
  • Putih-hitam(-), untuk speaker.
  • Abu-abu(+), untuk speaker.
  • Hijau(+),untuk speaker.
  • Hijau-hitam(-),untuk speaker.
  • Ungu(+),untuk speaker.
  • Ungu-hitam(-),untuk speaker.
  • Biru(+), untuk power ant atau remote untuk menyalakan antena secara otomatis atau fungsi power.
  • Orange(+), untuk illum atau lampu pada dimmer.

Detail Skema Kabel Tape Mobil Toyota Avanza

Skema Kabel Tape Mobil Toyota Avanza
Skema Kabel Tape Mobil Toyota Avanza(Source : thicke.net)

Agar lebih jelas, di bawah ini kami akan membahas lebih lengkap terkait 12 jalur kabel. Masing-masingnya memiliki jalur tersendiri yang sebaiknya diperhatikan untuk menghindari error atau salah pemasangan.

1. B+ (Setrum Langsung)

Pertama, ada kabel yang sering disebut dengan B+. Jenis ini berwarna hitam dan putih yang merupakan jalur untuk mengalirkan listrik. Fungsinya yang penting membuatnya tidak boleh sampai mengalami masalah.

Terputusnya sambungan kabel B+ akan mengakibatkan sound tidak mau menyala. Perbaikan dengan menghubungkannya kembali menjadi hal yang perlu dilakukan untuk membuatnya normal seperti semula.

2. ACC (Kontak ACC)

Meskipun namanya hampir mirip, tetapi jangan sampai salah membedakannya dengan AC. Komponen yang disebut ACC ini memiliki peran penting yaitu meremote peralatan audio di dalam mobil.

Audio yang ada di dalam mobil saling terhubung satu sama lain. Peran ACC di sini adalah sebagai remote pada komponen-komponen audio, salah satunya adalah power amplifier.

3. Speaker Front + (Right)

Pada audio, terdapat sebuah komponen dengan warna merah dan strip putih. Di beberapa tipe mobil Avanza, biasanya komponen ini dipilah-pilah menjadi 3 warna untuk mempermudah membedakannya.

Meskipun tampilannya berbeda, tetapi sebenarnya fungsi keduanya sama. Kabel merah dengan strip putih ataupun kabel tiga warna sama-sama merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan speaker bagian depan dan kanan.

4. Speaker Front + (Left)

Ada lagi komponen yang keberadaannya tidak boleh terlewatkan yaitu ditandai dengan warna merah dan strip putih atau 3 warna. Jangan salah, komponen ini berbeda jalur dengan komponen sebelumnya.

Jika sebelumnya menghubungkan speaker depan dan kanan, bagian ini merupakan kebalikannya. Jalur kabelnya menghubungkan antara speaker depan dan kiri.

5. Speaker Rear + (Right)

Berlanjut ke skema berikutnya, pada bagian tersebut merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan speaker belakang + kanan. Perannya sama pentingnya dengan bagian-bagian sebelumnya.

6. Speaker Rear + (Left)

Pada speaker rear untuk bagian kiri ditandai dengan strip putih atau warna 3 merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan speaker belakang + kiri. Bagian ini saling berkaitan dengan speaker rear left.

7. Speaker Rear – (Left)

Sedangkan untuk warna merah dengan strip putih atau warna 3 merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan speaker belakang – kanan. Dalam skema tape mobil, memang pada masing-masingnya selalu berkaitan dan terhubung.

Saat salah satunya tidak berfungsi, maka bagian lain akan terpengaruh. Perawatan rutin menjadi kewajiban untuk menjaganya tetap dalam kondisi normal.

8. Speaker Rear – (Right)

Ada lagi jalur yang diberi tanda warna kuning muda dengan strip putih atau warna 3 merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan speaker belakang – kiri.

9. Speaker Front – (Left)

Ciri-ciri yang mudah dipahami dari speaker front untuk bagian kiri yaitu warnanya kuning tua dengan strip putih atau warna 3. Perlu diketahui, bagian tersebut merupakan jalur kabel atau skema yang menyambungkan ke speaker depan – kanan.

10. Speaker Front – (Right)

Pada jalur speaker front yang ditandai dengan warna hitam dan strip putih atau warna 3 merupakan jalur speaker depan – kiri. Tanpanya, maka speaker tidak dapat berfungsi dengan benar bahkan bisa sampai mati total.

11. GND (Ground/Masa/Bodi Mobil)

Fungsinya berfungsi untuk menjaga kestabilan arus listrik yang mengalir. Selain itu juga dapat mempermudah dalam pengecekan sistem kelistrikan pada mobil.

Sebenarnya, masih ada banyak fungsi penting lainnya dari GND terutama untuk mobil berusia tua. Keberadaannya membuat kinerja pada tape mobil semakin maksimal dan berjalan normal.

12. ILL,ILUMI (Lampu Senja/Lampu Kota)

Pada jalur tape terakhir, ada jalur untuk menghubungkan ke lampu kecil, lampu senja maupun juga lampu kota. Perannya begitu penting saat mobil dinyalakan terutama untuk menempuh perjalanan jauh di malam hari atau di tempat yang tertutup kabut.

Jalur kabel tape mobilada banyak namun saling berkaitan satu dengan lainnya. Ketika salah satunya tidak berfungsi, biasanya kinerjanya menjadi terganggu. Pemilik mobil perlu melakukan perawatan dengan benar supaya kinerjanya tetap bagus.

Itulah penjelasan singkat mengenai  skema kabel tape mobil Toyota Avanza yang sebaiknya diketahui oleh pecinta Avanza model lama. Meski tidak berbeda jauh dengan skema tape model baru, tetapi tetap ada perbedaan yang terkadang membingungkan.