Penggunaan toilet duduk saat ini mulai banyak peminatnya. Jenis ini mulai menggeser permintaan akan kloset jongkok. Ukuran kloset duduk serta modelnya cukup bervariasi. Harga kloset duduk ini tergantung dari model, ukuran, dan merk. Salah satu merk yang populer adalah merk Ina dan kloset duduk Toto.

Pemasangan kloset duduk ini membutuhkan syarat dan standar khusus. Tujuannya adalah memastikan kloset terpasang dengan baik dan nyaman ketika digunakan. Kali ini akan dibahas tentang pemasangan dan juga kelengkapan untuk kloset duduk.

Ukuran Kloset Duduk yang Ideal

Pernah mendengar pepatah mengatakan, bahwa sebuah kamar mandi adalah cerminan penghuninya. Jika kamar mandinya bersih, maka penghuninya juga suka kebersihan. Itulah pentingnya menata kamar mandi agar terlihat. Untuk pilihan kloset duduk, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

Posisi Kloset

Biasanya toilet duduk ini akan dipasang menempel pada dinding permanen. Bahan yang digunakan untuk dinding adalah bata merah. Pada bagian bawah kloset, akan dipasang saluran pipa pembuangan kotoran dan juga pipa air.

Posisi yang tepat untuk memasang kloset duduk ini adalah dekat dengan pintu masuk. Jangan memasang kloset menghadap ke jendela agar tidak mudah terlihat dari arah luar. Bisa juga Anda memasang pembatas seperti kaca sandblast atau yang lainnya.

Dimensi Kloset Duduk

Secara umum ukuran kloset duduk standar memiliki tinggi ideal 40 cm dengan lebar total sekitar 70 cm. Ukuran lebar ini tergantung dari jenis kloset duduk yang digunakan. Sedangkan ukuran lubang elips memanjang sebagai tempat untuk duduk adalah 20 x 33 cm.

Terdapat 2 ukuran umum yang digunakan untuk kloset duduk yaitu 14-15 inci dan 16-17 inci.  Sedangkan ukuran kloset duduk dalam cm adalah 36-38 cm dan 40-43 cm. Kloset duduk memiliki dua penutup. 

Bagian penutup pertama adalah penutup pada tempat untuk duduk. Panutup kedua merupakan penutup untuk menutup kloset secara penuh. Untuk menggunakannya sebagai urinoir, bukalah kedua tutup tersebut.

Jarak Dinding

Beri jarak yang cukup antara dinding dengan kloset
Beri jarak yang cukup antara dinding dengan kloset

Pemasangan kloset duduk juga harus memperhatikan tentang jarak dindingnya. Kloset harus dipasang dengan jarak antara dinding dan bagian belakang kloset adalah 5 cm. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam membersihkannya.

Pada gambar toilet yang ideal, jarak antara dinding dengan bagian depan kloset sekitar 60 cm. Jadi jika kamar mandi Anda terdapat pintu yang terbuka ke arah dalam, harus memiliki jarak sekitar 80 cm. Apabila terlalu dekat, maka akan kesulitan untuk menggunakan kloset.

Pintu Kloset Kamar Mandi

Standar ukuran kloset duduk untuk bagian pintu haruslah memiliki bukaan bersih 65 cm. Sedangkan untuk tingginya minimal ukuran 180 cm. Ukuran ini memungkinkan untuk sirkulasi bagi 1 orang dewasa dengan lancar. Jenis yang digunakan untuk pintu ini lebih baik menggunakan tipe swing.

Jika menggunakan tipe sliding, tutupnya kurang rapat sehingga lebih mudah air untuk menembusnya. Bahan yang baik untuk pintu kamar mandi adalah dari bahan PVC atau alumunium. Bahan ini lebih kedap air dibandingkan pada material kayu. 

Jet Washer

Jet washer pada kloset duduk
Jet washer pada kloset duduk (Gambar: tokopedia.com)

Perbedaan kloset duduk dengan kloset jongkok adalah adanya jet washer. Alat ini digunakan untuk membersihkan bagian pantat dan lebih banyak dipilih dibanding eco washer. Posisi jet washer ini berada di sisi kanan kloset yang berjarak 5-10 cm dari pinggir kloset.

Jet washer juga harus dilengkapi dengan pipa kran yang memiliki ketinggian sekitar 50 cm dari lantai toilet. Pada kloset Toto misalnya, tuas sebagai tempat menggantungkan jet washer harus dipasang pada jarak 75 cm dari permukaan lantai.

Tempat Tissue

Lokasi penempatan tissue kloset
Lokasi penempatan tissue kloset

Kelengkapan lain yang harus ada jika menggunakan kloset duduk adalah tempat tisu. Posisinya ada di sisi sebelah kiri kloset agar lebih mudah dilihat. Jarak yang sesuai untuk memasangnya adalah sekitar 10 cm dari pinggir kloset dan setinggi 75 cm dari permukaan lantai.

Lubang Drainase

Lubang drainase atau sering disebut floor drain, merupakan lubang yang digunakan sebagai tampungan air kloset. Letaknya biasanya berada di pojok ruangan dekat dengan toilet. Lantai pada toilet harus dibuat dengan kemiringan 4% untuk memastikan air mengalir lancar.

Memilih kloset duduk harus dibarengi dengan pengetahuan tentang cara pemasangan yang benar. Jangan sampai ketika sudah terpasang, namun belum bisa digunakan karena ada kesalahan pemasangan. Usahakan juga memilih ukuran toilet duduk sesuai dengan ukuran ruangan.