Mesin Vario 125 dibekali dengan pompa radiator yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tetap dingin dan tidak mudah overheat. Karena fungsinya sangat penting, maka pompa radiator Vario 125 perlu diganti jika mengalami kebocoran.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kebocoran pada pompa radiator. Untuk menghindari efek buruk akibat kebocoran tersebut, sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab kebocoran dan cara mengatasinya.

5 Penyebab Pompa Radiator Vario 125 Bocor

Pompa Radiator Vario 125 Bocor
Pompa Radiator Vario 125 Bocor (Source : youtube.com/@agungprieyono3207)

Sebagai pemilik motor, Anda perlu melakukan perawatan sesuai standar yang berlaku. Tidak disarankan membiarkannya begitu saja, apalagi jika motornya digunakan dengan konsentrasi tinggi.

Nah, salah satu komponen yang paling rentan rusak ketika motor tidak dirawat adalah pompa radiator. Berikut beberapa penyebab kebocoran pada pompa radiator Vario 125 :

1. Gasket Head Mesin Rusak

Ketika mengetahui gasket head mesin rusak, pastikan tidak mengabaikannya. Segera bawa ke tukang service terdekat untuk mendapatkan penanganan secara efektif. Biasanya jika tidak bisa lagi diperbaiki, maka harus diganti dengan komponen baru.

Mengapa perlu penanganan seperti itu? Alasannya karena saat gasket head mesin rusak, maka air radiator akan mengalir ke bagian ruang pembakaran. Akibatnya, mesin tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Lama-kelamaan, gas knalpot menjadi berbau busuk. Penanganan sesegera mungkin menjadi kunci supaya kerusakan akibat gasket head mesin rusak tidak menjalar kemana-mana.  

2. Thermostat Vario 125 Rusak

Sedikit informasi, thermostat merupakan komponen otomotif yang menyusun sistem pendingin. Tanpanya, mesin dapat mengalami overheat atau kepanasan sehingga mengakibatkan berbagai efek buruk.

Pada kondisi tertentu, thermostat akan rusak yang kemudian berdampak pada menurunnya kinerja sistem pendingin. Setelah merasakan gejalanya, segera cari penyebab kerusakannya agar penanganan yang dilakukan lebih tepat sasaran.

Namun, thermostat tidak berfungsi dengan baik bukan berarti rusak. Terkadang penyebabnya karena terhalang oleh kotoran. Pembersihan merupakan cara jitu untuk membuatnya mampu beroperasi kembali dengan baik.

3. Radiator Pecah atau Retak

Meski hanya retak, jangan sampai mengabaikannya begitu saja tanpa segera menangani keretakannya. Ada beberapa akibat buruk yang timbul karena radiator retak, salah satu paling berbahaya adalah mengalirnya air dari radiator ke komponen lain.

Adanya cairan pada mesin berpengaruh buruk pada sistem kinerjanya. Jika air yang mengalir ke mesin terlalu banyak, mesin akan mati secara tiba-tiba meskipun sebelumnya berfungsi secara normal.

Penanganan paling efektif yang perlu dilakukan adalah dengan menggantinya menggunakan komponen baru yang berkualitas.

4. Selang Radiator Sobek

Akibat terlalu lama digunakan, tingkat kelenturan selang radiator biasanya berkurang dari waktu ke waktu. Perlu diganti dengan yang baru untuk membuatnya bekerja dengan baik sebab tingkat elastisitasnya tinggi.

Peringatan penting, segera ganti selang radiator yang sobek dengan komponen baru. Hindari membiarkannya sebab ditakutkan ketika terkena panas yang dihasilkan oleh mesin malah membuatnya meleleh.

Tidak perlu terlalu sering, cukup ganti selang radiator setelah dirasa tidak layak digunakan atau setelah menunjukkan beberapa tanda kerusakan.

5. Seal Pompa Radiator Rusak atau Aus

Kerusakan dan keausan pada pompa radiator Vario 125 memberikan dampak buruk pada kinerja mesin motor. Sebagian besar alasan kerusakannya karena usia pemakaian yang sudah cukup lama, apalagi tanpa didukung dengan perawatan ekstra.

Tanda yang diberikan ketika seal pompa rusak adalah bagian tersebut tidak dapat menutup dengan baik. Kondisi tersebut sangat wajar terjadi karena seal pompa radiator terbuat dari karet.

Seal pompa yang tidak lagi bisa menutup rapat menyebabkan cairan di dalamnya keluar dan mengalir ke komponen penting pada mesin. Usahakan memeriksa elastisitas karet seal untuk menjaga performa kinerjanya.

Cara Mengatasi Pompa Radiator Vario 125 Bocor


Ilustrasi Cara Mengatasi Pompa Radiator Vario 125 Bocor
Ilustrasi Cara Mengatasi Pompa Radiator Vario 125 Bocor (Source : youtube.com/@saudaramotor)

Merawat motor dengan baik merupakan langkah penting untuk menjaga kondisi mesin motor tetap bagus. Perawatan rutin akan mempermudah pengguna motor untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki, termasuk pompa radiator.

Berdasarkan penyebabnya, terdapat langkah khusus yang perlu dilakukan guna mengatasi masalahnya. Penasaran dengan cara penanganannya? Langsung simak pembahasan berikut :

1. Periksa Apakah Knalpot Mengeluarkan Bau atau Tidak

Bagi yang menemukan knalpot mengeluarkan bau menyengat, bisa jadi hal itu merupakan tanda bahwa gasket head rusak, Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat kerusakan tersebut, Anda perlu memeriksa seberapa buruk kondisinya.

Gasket yang rusak perlu diganti agar bisa berfungsi kembali seperti sebelumnya.

Tujuan perbaikan untuk mencegah cairan di dalamnya merembes masuk ke dalam mesin kendaraan. Pastikan perbaikannya dilakukan oleh tenaga ahli agar masalah yang muncul segera teratasi.

2. Mengganti Bagian Seal

Apabila setelah diperiksa ternyata penyebab kebocoran karena seal yang rusak, solusi mengatasinya adalah dengan menggantinya menggunakan produk baru yang baik dan berkualitas.

Penggantian seal dimaksudkan supaya kebocoran dapat teratasi dengan baik karena elastisitas dari seal membaik kembali. Penggantian ini sebenarnya perlu dilakukan secara berkala untuk menghindari cairan pada radiator mengalir ke komponen pada motor lainnya.

Cairan yang merembes dibiarkan tanpa penanganan khusus dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin motor, bahkan mengakibatkan tidak mampu bekerja dengan semestinya.

3. Memperbaiki Keretakan Radiator

Radiator merupakan komponen motor yang terbuat dari bahan kuat, tetapi karena benturan atau termakan usia, komponennya bisa retak dan membuat cairan radiator merembes keluar.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melapisi retakan radiator menggunakan lem khusus. Namun jika kerusakannya parah, solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian komponen yang baru.

Pilih merk radiator yang cocok untuk Vario 125 guna menjaga kinerjanya maksimal. Salah memilih tipe radiator dapat berakibat buruk, bahkan cairan di dalamnya tetap akan merembes ke luar.

Daftar Harga Pompa Radiator Vario 125 di Pasaran

Banyak Sekali Jenis Pompa Radiator Vario 125 di Pasaran
Banyak Sekali Jenis Pompa Radiator Vario 125 di Pasaran (Source : blibli.com)

Banyak sekali jenis pompa radiator yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk yang sesuai dengan Vario 125 agar performanya lebih maksimal, tanpa haurs mengkhawatirkan munculnya masalah berat di kemudian hari.

Di bawah ini beberapa jenis radiator yang didesain khusus untuk Vario 125 :

MerekJenis VarioHarga
Honda Genuine Parts 19200KWN901Vario Techno 125 FI CBS ISS(2013-2015)Rp.281.000
Vario Techno 125 FI STD(2013-2015)  
Vario 125 eSP K60(2015-2018)  
Vario Techno 125 Helm-In FI(2012-2013)  
Vario Techno 125 Helm-In FI CBS(2012-2013)  
Honda Genuine Parts 19200KVBN50Vario 125 eSP K60(2015-2018)Rp.382.000
Nick PartsVario 125Rp.250.000
YamamotoVario 125 FIRp.200.000
KagayakuVario 125Rp.175.000

Itulah informasi mengenai  pompa radiator Vario 125yang penting diketahui. Kabar baik bagi yang ingin mengganti pompa radiator dengan unit baru, sekarang sudah tersedia berbagai tipe dengan bahan dan kemampuan yang optimal. Cocok untuk mendukung kegiatan masyarakat modern.