Ingin cabut berkas mobil tapi tidak tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan, prosedur dan persyaratannya? Jangan khawatir, artikel kali ini akan memberikan informasi detail mengenai hal tersebut.

Mengetahui berapa biaya cabut berkas mobil sebelum melakukan pengurusan tentu sangat bermanfaat. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan dananya sehingga tidak kelabakan akibat kekurangan dana saat hendak melakukan pembayaran.

Pengurusan juga akan semakin mudah ketika Anda sudah mengetahui mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan pengurusan dan prosedur yang akan dilalui. Sehingga begitu tiba di tempat pengurusan, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Langkah-Langkah Proses Cabut Berkas Mobil

Pelajari di Sini Syarat dan Prosedur serta Biaya Cabut Berkas Mobil

Di bawah ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk proses cabut berkas mobil. Ikuti saja langkah-langkah tersebut :

1. Siapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Proses pencabutan berkas mobil hanya bisa berjalan jika Anda memiliki semua kelengkapan dokumen penting yang diperlukan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan semuanya sebelum mengajukan permohonan.   

Adapun berkas-berkas yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • BPKB asli dan fotokopinya.
  • STNK asli dan fotokopinya.
  • KTP asli Anda selaku pemegang kendaraan.
  • Kuitansi bukti pembayaran pembelian kendaraan dari pemilik sebelumnya. Ingat, pada kuitansi tersebut harus terdapat tanda tangan penjual dan dibubuhi materai 6.000.

2. Proses Cabut Berkas dan Balik Nama

Selain melakukan pembayaran biaya cabut berkas mobil, ada beberapa tahapan dan proses yang harus Anda lalui. Dalam hal ini, Anda harus mendatangi SAMSAT di wilayah terdaftarnya BPKB mobil tersebut. Oleh karena itu, jika mobil yang Anda beli memiliki BPKB yang terdaftar di Bandung, berarti Anda mesti mendatangi SAMSAT Bandung.

3. Proses Pengecekan Fisik Kendaraan

Begitu tiba di SAMSAT, mobil Anda akan dicek fisik oleh petugas yang berwenang. Rangka mobil akan digesek untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Nomor tersebut akan dicocokkan dengan keterangan yang tertulis pada surat-surat mobil yang Anda sertakan.

Estimasi waktu pengecekan tidak bisa ditentukan, tergantung jumlah antrian kendaraan. Terpaksa Anda harus bersabar menunggu antrian tiba. Setelah hasil pengecekan keluar dan diserahkan kepada Anda, langsung serahkan hasil tersebut ke loket yang ditetapkan.

Proses pembayaran biaya cabut berkas mobil berbeda-beda, tergantung kebijakan SAMSAT di wilayah masing-masing. Sebagian wilayah ada yang menerapkan pembayaran langsung secara keseluruhan, dan sebagian lainnya menetapkan biaya secara terpisah. Anda tinggal melakukan pembayaran sesuai prosedur yang berlaku di SAMSAT tempat Anda mengurus.

4. Prosedur dan Syarat Cabut Berkas Mobil

Prosedur dan syarat cabut berkas mobil hanya berlaku di SAMSAT asal BPKB mobil Anda. Oleh karena itu, semua dokumen penting yang sudah Anda persiapkan sebelumnya diserahkan ke loket SAMSAT tersebut.

Loket pengecekan fisik biasanya sudah buka dari pukul 07.30 WIB.  Jika tidak ingin antri, sebaiknya Anda datang lebih awal untuk mengambil nomor antrian. Setelah nama Anda dipanggil, barulah mengisi formulir yang disediakan.

Selepas melakukan pengisian formulir, Anda harus membayar sejumlah biaya yang ditetapkan di loket yang telah ditentukan. Nantinya Anda akan diberikan kuitansi dua rangkap, salah satunya sudah dilegalisir dan satunya lagi belum.

Kuitansi yang diberikan tersebut nantinya Anda jadikan sebagai bukti pembayaran jika ingin mengambil berkas di kemudian hari. Umumnya proses pengambilan berkas berlangsung selama 5-7 hari mendatang.

Perlu dicatat bahwa pembayaran biaya cabut berkas mobil hanya Anda lakukan ketika semua proses pencabutan berkas mobil sudah selesai dilakukan dan tidak ada masalah. Sedangkan untuk pengambilan plat nomor kendaraan, nanti dilakukan di loket pengembalian TNKB.

Bagaimana, ternyata prosedur dan syarat cabut berkas mobil Anda tidak ribet bukan? Dijamin Anda tidak akan kesulitan melakukan pencabutan berkas meskipun baru pertama kali melakukannya.

Berapakah Biaya Cabut Berkas Mobil?

Gambar biaya cabut berkas mobil
Berapakah Biaya Cabut Berkas Mobil? Dapatkan Informasinya di Sini!

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, terdapat sejumlah biaya cabut berkas mobil yang harus Anda bayar ketika melakukannya. Tapi berapakah jumlah biaya tersebut? Tentu penting untuk diketahui sehingga Anda bisa mempersiapkannya sebelum datang ke SAMSAT.

Berdasarkan keterangan dari beberapa sumber, biaya cabut berkas mobil di SAMSAT asal BPKB berkisar Rp.250.000. Biaya tersebut belum termasuk ‘biaya kembali’ yang akan dibebankan kepada Anda sebesar Rp.375.000 ketika ingin masuk ke SAMSAT di kota tujuan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya balik nama, STNK, BPKB, dan TNKB.

Itulah tadi penjelasan mengenai besarnya biaya cabut berkas mobil, syarat, serta prosedurnya. Semua itu harus Anda lewati jika ingin melakukan cabut berkas dan balik nama. Meskipun harus repot melakukan semua itu, tentu jauh lebih baik jika mobil yang Anda gunakan sudah atas nama Anda sendiri.