Siapa sih yang tidak tahu website. Sepertinya hampir semua orang sudah mengenal apa itu website, terlebih untuk yang aktivitas sehari-harinya memang bersentuhan langsung dengan media digital.

Namun, tidak masalah juga jika ada sebagai orang yang belum mengetahui apa itu website. Pada artikel kali ini, kami akan sampaikan informasi dasar mengenai website, mulai dari pengertian, fungsi, hingga jenisnya. Jadi simak dengan seksama ya!

Pengertian Website

Website merupakan sekumpulan halaman pada suatu domain yang menyajikan informasi, diletakkan dalam sebuah server atau hosting, di mana untuk mengaksesnya diperlukan jaringan internet.

Sebuah website dapat diakses jika memiliki 2 komponen yang harus dipenuhi, yaitu domain dan hosting. Website dapat dibuka dengan sebuah browser seperti Firefox, Edge atau Chrome. Kita cukup mengetikkan URL di kolom browser untuk dapat membuka website.

Fungsi Website

Website memiliki beberapa fungsi dalam penggunaannya. Adapun fungsi website adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana penyampaian informasi, artinya website mampu menjadi media yang bisa digunakan untuk mencari informasi dan menambah wawasan. 
  • Sebagai sumber penghasilan, di mana website tidak hanya digunakan untuk menyampaikan informasi namun sebagai tempat untuk mencari pendapatan. Kita bisa melakukannya dengan beberapa cara seperti, memasang iklan Google AdSense, melakukan posting-an berbayar, hingga mempromosikan produk tertentu sebagai seorang influencer.
  • Sebagai platform bisnis, artinya website juga mampu merepresentasikan bisnis yang kita miliki di dunia online. Misalnya, meskipun sudah memiliki toko offline, kita tetap bisa membuka toko online untuk memudahkan calon pelanggan membeli produk kita kapan saja dan di mana saja. 
  • Sebagai sarana membangun branding, karena sifat website yang mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Melalui website kita bisa menjelaskan siapa diri kita, atau bisnis apa yang sedang kita jalankan. Ibaratnya, website bisa untuk membangun portofolio baik organisasi maupun pribadi. Hal seperti ini sangat berguna untuk mencari pekerjaan ataupun project tertentu. 
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis, di mana dengan menggunakan website, konsumen akan lebih percaya jika bisnis yang kita jalankan benar-benar nyata. Website memudahkan pelanggan dan calon pelanggan dalam mencari informasi seputar produk, menghubungi customer service, dan sebagainya. Dengan begitu, kredibilitas bisnis kita juga dapat terjaga.

Jenis Website

Secara umum, website ada beberapa jenis atau kategori sesuai dengan fungsi dan peruntukannya.
Secara umum, website ada beberapa jenis atau kategori sesuai dengan fungsi dan peruntukannya.

Selanjutnya, akan disampaikan jenis-jenis website yang cukup populer, antara lain.

Website Pribadi

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat digunakan untuk membuat website pribadi, mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Namun tentu keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Penyedia layanan website gratis akan memberikan resource terbatas sehingga alamat website juga menjadi tidak fleksibel.Hal tersebut tidak disarankan bagi kita yang memang ingin memiliki konten lengkap seperti video dan gambar dalam jumlah banyak.

Untuk keperluan dalam jumlah banyak, ada cara lainnya yaitu dengan membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting murah seperti Jetorbit sehingga alamat website akan sulit bersaing di mesin pencari.

Website Company Profile

Sesuai namanya, website jenis ini akan menampilkan informasi tentang perusahaan. Website company profile bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan untuk membangun kredibilitas di dunia maya.

Melalui website company profile pula, kita dapat membangun citra bisnis seperti yang diinginkan. Website company profile juga merupakan media publikasi terbesar.

Website company profile merepresentasikan sebuah perusahaan dan memiliki peranan sangat penting karena di sanalah para calon pelanggan atau rekan bisnis dapat melihat kredibilitas perusahaan yang dijalankan.

Website Toko Online

Jenis website ini digunakan sebagai toko di media online. Memiliki website toko online dirasa penting karena di sana, kita dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan target pasar online yang jauh lebih luas.

Website toko online biasanya memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja, seperti fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya. Kita juga bisa mendesain website toko online sesuai kebutuhan, seperti warna khas bisnis, logo, dan sebagainya.

Blog

Blog merupakan singkatan dari web log yang merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Blog biasanya membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya.

Di dalam dunia internet marketing, blog bisa dipilih sebagai salah satu cara untuk mendatangkan calon pelanggan untuk bisnis kita. Melalui blog, kita dapat menyampaikan berbagai informasi yang relevan dengan produk yang kita miliki, baik barang maupun jasa.

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan terkait website. Jika setelah membaca artikel ini, teman-teman tertarik untuk membuat website, untuk keperluan apapun, teman-teman bisa menggunakan jasa layanan pembuatan website dari Jetorbit.

Tidak hanya itu, Jetorbit sekaligus juga menyediakan layanan hosting, vps cloud, website toko online, hingga domain. Jadi tunggu apalagi? Buat website-mu sekarang juga dan dapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan.