Cara membuat toko online di Tokopedia merupakan informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang, terutama mereka yang sedang berusaha memasarkan produk dagangannya melalui internet atau secara online.

Tokopedia menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang patut untuk Anda coba sebagai website penyedia toko online gratis. Toko online yang disediakan oleh Tokopedia pun mempunyai fitur yang cukup lengkap dibandingkan ketika kita membuat sendiri toko online kita.

Cara membuat toko online di Tokopedia cukup mudah.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun di Tokopedia. Seperti yang kami lansir dari website TeknoChannel, Akun di Tokopedia dapat Anda buat dengan menggunakan akun email atau media sosial yang sudah Anda miliki sebelumnya. Hal ini memudahkan pengguna dalam mendaftar atau membuat akun di Tokopedia karena pengguna tidak perlu mengisi terlalu banyak data saat pembuatan akun.

Berikut ini cara membuat toko online di Tokopedia:

1. Persiapan sebelum berjualan di Tokopedia: 

Internet

Koneksi internet sangat penting dalam pembuatan toko online di Tokopedia karena semua hal dilakukan secara online melalui internet maka pastikan Anda memiliki sambungan internet baik itu melalui modem maupun internet berlangganan melalui provider tertentu.

Alamat Email

Alamat email dapat Anda buat dengan mudah saat ini. Anda dapat menggunakan Gmail sebagai pilihan alamat email terpopuler.

Nomor Handphone

Nomor handphone digunakan agar Anda dapat melakukan verifikasi terhadap akun yang Anda buat. Selain itu, nomor handphone juga akan digunakan ketika ada masalah yang terjadi pada proses jual beli yang Anda lakukan nantinya.

Nomor Rekening

Ini adalah hal yang wajib Anda miliki karena nanti pembayaran akan dilakukan melalui nomor rekening yang Anda miliki.

2. Anda wajib membuat akun di Tokopedia

Pendaftaran akun Tokopedia dapat dilakukan melalui nomor ponsel maupun alamat email Google (Google Mail/Gmail).

Pendaftaran melalui nomor ponsel sementara ini hanya dapat dilakukan melalui mobile dan belum tersedia pendaftaran melalui desktop, Android, maupun iOS.

Cara pendaftaran akun Tokopedia melalui nomor ponsel adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan nomor ponsel yang aktif  Anda gunakan.
  2. Klik Daftar. Setelah itu,  Anda akan diantarkan pada halaman verifikasi.
  3. Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon.
  4. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS ke dalam aplikasi.
  5. Pendaftaran Anda telah berhasil, Anda telah memiliki akun Tokopedia untuk membuka sebuah toko online yang siap digunakan.

Pendaftaran melalui akun email Gmail

  1. Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Daftar yang terletak di pojok kanan atas halaman website Tokopedia
  2. Pilih menu daftar dengan Google
  3. Anda akan dihadapkan dengan pilihan akun Google yang Anda miliki. Tekan Allow untuk melanjutkan proses pembuatan akun Tokopedia ke tahap selanjutnya.
  4. Masukkan password baru dan nomor handphone Anda yang aktif. Password akan digunakan untuk Anda login dan penarikan tunai di Tokopedia
  5. Tekan tombol buat password dan buatlah password sebaik mungkin. Usahakan password Anda simpan atau catat dalam tempat yang tidak mudah ditemukan oleh orang lain.
  6. Akun Tokopedia Anda telah aktif dan siap untuk digunakan untuk membuka toko online.

3. Cara membuat toko online di Tokopedia

Tokopedia dapat dioperasikan menggunakan berbagai platform gadget yang dimiliki, baik itu Android, mobile, komputer, maupun iOS. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih platform apa yang paling sesuai.

Bagi Anda yang menggunakan komputer atau desktop untuk membuat toko online, berikut ini cara membuka toko online di Tokopedia:

  1. Pada halaman website Tokopedia klik tombol toko. Tombol ini terletak di pojok kanan atas pada layar Anda.
  2. Setelah itu, klik menu Buka Toko.
  3. Setelah itu, silakan isi informasi toko berupa nama dan domain toko yang akan Anda buat. Nama dan domain toko ini akan bersifat permanen selamanya sehingga Anda tidak dapat menggantinya di tengah jalan. 
  4. Pastikan nama dan domain yang Anda masukkan sudah benar
  5. Langkah berikutnya adalah melengkapi informasi toko yang Anda akan buat. 
  6. Informasi yang dimaksud adalah slogan, deskripsi, serta logo toko Anda. Slogan dan deskripsi sebisa mungkin dibuat secara menarik dan singkat sehingga pembeli akan mudah menangkap barang apa yang Anda jual di toko tersebut. Logo toko dapat Anda buat atau Anda upload sebagai penanda toko Anda merupakan toko yang profesional.
  7. Langkah berikutnya adalah memasukkan alamat penjemputan barang yang Anda jual. alamat ini dapat Anda tentukan melalui peta yang disediakan sehingga pembeli akan lebih mudah menemukan lokasi toko Anda.
  8. Pilihlah kurir yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dalam rangka mengirim produk yang dijual.
  9. Proses pembuatan toko telah selesai langkah berikutnya adalah upload foto produk dan deskripsi yang Anda miliki.
  10. Ketika semua langkah telah dijalankan, maka toko Anda sudah siap untuk digunakan berjualan secara online.

Toko online yang disediakan gratis oleh Tokopedia telah membantu banyak pelaku usaha untuk memasarkan produk dagangan mereka secara lebih luas.

Kesempatan ini haruslah dimanfaatkan dengan baik agar para entrepreneur di Indonesia semakin cepat berkembang.