Mengendarai mobil pribadi membuat perjalanan terasa lebih nyaman. Sayangnya, jalanan bukanlah tempat yang aman untuk Anda dan mobil Anda. Dengan begitu, Anda perlu asuransi mobil untuk melindungi mobil dari kerugian. Ada banyak asuransi mobil di Indonesia yang dapat dipilih.

Akan tetapi, Anda tentu tidak boleh memilihnya dengan sembarangan. Berbagai hal harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi mobil agar kendaraan Anda terlindungi dengan baik. Banyak pemilik kendaraan memilih asuransi mobil murah karena pertimbangan biaya.

Namun, yang termurah bukan berarti yang terbaik. Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa memilih asuransi terbaik dan murah, jika biaya adalah pertimbangan utama Anda. 

Untuk memperoleh perlindungan terbaik, tidak ada salahnya bagi Anda untuk meminta rekomendasi asuransi mobil terbaik dari teman-teman. Mereka pasti tidak akan merasa keberatan untuk memberi beberapa rekomendasi perusahaan asuransi.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Beberapa asuransi mobil di bawah ini adalah asuransi yang direkomendasikan oleh banyak pemilik mobil. Anda dapat menjadikan daftar asuransi tersebut sebagai acuan dalam memilih asuransi mobil.

1. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi Sinarmas menawarkan 3 jenis asuransi mobil:

All Risk dan Third Party Liability (TPL)

Asuransi ini dapat melindungi mobil dari kerusakan kecil hingga besar dan memberi perlindungan dari tuntutan ganti rugi pihak ke-3, yang disebabkan karena mobil yang ditanggungkan, contohnya tuntutan biaya pengobatan dan kerusakan harta benda.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) dan TPL 

Asuransi ini melindungi mobil dari kerusakan besar, kehilangan, dan memberi jaminan yang berupa tuntutan ganti rugi dari pihak ke-3 yang dikarenakan oleh mobil yang ditanggungkan.

TPL 

TPL hanya memberi jaminan tuntutan ganti rugi dari pihak ke-3 yang dirugikan oleh mobil yang Anda asuransikan.

Asuransi Sinarmas memiliki sekitar 580 rekanan bengkel. Jika mobil yang ditanggung mengalami kerusakan, Anda dapat melakukan klaim dengan mudah melalui aplikasi yang prosesnya hanya memakan waktu satu hari. 

Usia maksimal mobil yang dapat diasuransikan adalah 12 tahun. Premi asuransi mobil di perusahaan ini mulai sekitar 780 ribu rupiah per tahun. Sehingga, tak heran jika Sinarmas adalah salah satu asuransi terbaik dan murah di Indonesia.

2. Asuransi Mobil Adira

Adira memiliki produk asuransi mobil all risk Adira Autocilin dan asuransi mobil all risk Adira Syariah. Sama seperti Asuransi Sinarmas, Asuransi Adira memberikan layanan klaim cepat lewat aplikasi.

Perusahaan ini memiliki rekanan bengkel yang jumlahnya lebih dari 300 bengkel. Nilai premi asuransi mobil di Adira mulai dari sekitar 860 ribu rupiah per tahun. Mobil yang dapat diasuransikan di perusahaan ini harus memiliki usia maksimal 10 tahun.

Jika memilih asuransi mobil Adira syariah, maka Anda dapat memperoleh premi kembali jika tidak melakukan klaim. Apabila memilih asuransi mobil Adira Autocilin, Anda akan memperoleh gratis perpanjangan STNK.

3. Asuransi Mobil Garda Oto

Asuransi Garda Oto menawarkan asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Namun, Anda dapat menambah perluasan perlindungan berupa asuransi banjir dan jaminan pihak ketiga. Untuk mengajukan klaim, Anda dapat mengakses aplikasi yang disediakan Garda Oto.

Proses pengajuan klaim ini hanya membutuhkan waktu 1 hari. Meski demikian, jumlah rekanan bengkel dari perusahaan asuransi ini lebih sedikit dari rekanan bengkel dua perusahaan sebelumnya, hanya sekitar 170 bengkel.

Bengkel tersebut tersebar di Jabodetabek, Karawang, Bandung, Serang, dan Jawa tengah. Besarnya premi yang harus dibayarkan juga lebih mahal, yaitu mulai 3 juta rupiah per tahun. Usia maksimal dari mobil yang boleh diasuransikan di perusahaan ini adalah 10 tahun.

4. Asuransi Mobil Allianz Utama Indonesia

Allianz menawarkan 3 produk asuransi mobil, yaitu Allianz Mobilku Eco, Allianz Mobilku Non Paket, dan Allianz Mobilku Grand. Setiap produk tersebut menawarkan perlindungan yang berbeda-beda dan pastinya dapat memenuhi kebutuhan asuransi mobil Anda.

Produk yang pertama tersebut memberikan perlindungan all risk, sedangkan Allianz Mobilku Non Paket memberi perlindungan TLO. Jika membutuhkan perlindungan all risk dengan tambahan perlindungan TPL, Anda sebaiknya memiliki Allianz Mobilku Grand.

Allianz memiliki sekitar 240 rekanan bengkel yang tersebar di banyak kota besar. Usia maksimal dari mobil yang boleh diasuransikan adalah 10 tahun. Jika ingin memiliki asuransi mobil dari Allianz, Anda setidaknya harus menyiapkan 2,9 juta rupiah per tahun untuk membayar premi.

5. Asuransi Mobil KSK Insurance

KSK Insurance adalah perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak 1988 dan terpercaya. Dari perusahaan ini, Anda dapat memilih untuk memiliki perlindungan asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Besarnya premi asuransi mobil di KSK Insurance cukup terjangkau, apalagi jika Anda memilih asuransi mobil TLO. KSK insurance juga memiliki banyak rekanan bengkel yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

6. AXA Auto Insurance

Salah satu perusahaan asuransi mobil yang recommended adalah AXA Auto Insurance. Perusahaan ini menawarkan dua perlindungan utama, yaitu all risk dan TLO. 

Namun, jika Anda memerlukan perlindungan lebih, ada perluasan manfaat yang dapat diperoleh, yaitu asuransi banjir dan TPL. Nilai premi asuransi mobil di AXA Auto Insurance adalah mulai dari 2,9 juta rupiah yang dibayarkan dengan cara dicicil setiap bulan.

Jumlah rekanan bengkel dari perusahaan ini berkisar 350 bengkel yang tersebar di berbagai wilayah. Anda dapat mengasuransikan mobil baru hingga mobil berusia maksimal 10 tahun di AXA Auto Insurance.

Asuransi mobil di Indonesia yang recommended tentu saja tidak terbatas pada 6 perusahaan di atas. Ada beberapa perusahaan asuransi lain yang patut dipertimbangkan, misalnya asuransi mobil Tugu Pratama, MAG, MEGA Insurance, dan KB Insurance Indonesia.