Salah satu kendala yang seringkali dialami sebuah keluarga saat ingin bepergian bersama adalah tidak adanya kendaraan untuk mobilitas bersama. Akibatnya, rencana bepergian terpaksa harus ditunda karena kendala tersebut.

Jika memang terpaksa harus bepergian, naik angkutan umum atau rental mobil seringkali menjadi pilihan terakhir. Jika sesekali dilakukan tentu tidak masalah, tapi jika setiap kali bepergian harus seperti itu, tentu menjadi kendala tersendiri.

Memiliki mobil keluarga yang nyaman merupakan impian banyak keluarga. Tidak sedikit dari mereka yang berusaha keras menabung untuk membeli mobil impian. Ironisnya, setelah memiliki cukup biaya untuk membeli mobil, justru bingung memilih mobil yang tepat untuk keluarga.

Detail Ulasan 5 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Nyaman

 

Mobil Keluarga Terasa Nyaman Jika Bisa Mengangkut Anggota Keluarga

Bingung memilih mobil keluarga yang tepat karena banyaknya pilihan? Jangan khawatir, kali ini saya akan mengulas tips memilih mobil keluarga yang nyaman. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda tidak akan kebingungan lagi.

1. Perhatikan Kapasitas Penumpang

Jika tujuan Anda membeli mobil untuk kebutuhan mobilitas keluarga, tentu kapasitas penumpang merupakan faktor paling pertama yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai terlanjur membeli sebuah mobil, ternyata tidak mampu menampung semua anggota keluarga.

Jika Anda memiliki 1-3 orang anak, mobil berkapasitas 4-5 kursi sudah mencukupi. Meskipun Anda memiliki satu orang asisten rumah tangga atau pengasuh bayi, kapasitas mobil tersebut masih mencukupi.

Tapi jika anak Anda berjumlah lebih dari tiga, sebaiknya jangan membeli mobil berkapasitas 4-5 kursi. Mungkin semua anggota keluarga masih muat di dalamnya, tapi tidak nyaman karena harus berdesak-desakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih mobil dengan kapasitas tujuh orang penumpang.

2. Pilih Kapasitas Mesin yang Sesuai

Memilih mobil keluarga yang nyaman juga harus memperhatikan kapasitas mesinnya. Pasalnya, kapasitas mesin sangat mempengaruhi tenaga yang bisa dihasilkannya. Kapasitas mesin dilihat dari satuan cc-nya. Misalnya, 1.000cc, 1.500cc, atau 2.000cc.

Jika jumlah anggota keluarga banyak dan sering bepergian bersama menggunakan mobil melewati jalur panjang dan berat, sebaiknya pilih mobil dengan kapasitas mesin yang besar. Misalnya, mobil berkapasitas mesin 1.500cc atau lebih.

Berbeda halnya jika mobil keluarga hanya digunakan untuk mobilitas keluarga di dalam kota, maka mobil dengan kapasitas mesin kurang 1.500cc sudah mencukupi untuk kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, pertimbangkan sebaik mungkin tujuan penggunaan mobil tersebut bersama keluarga.

3. Pilih Mobil yang Hemat Bahan Bakar

Ketika sudah memutuskan untuk membeli sebuah mobil keluarga, tentu Anda sudah siap mengeluarkan biaya tambahan untuk pembelian bahan bakar. Meskipun demikian, Anda tetap bisa mencegah pengeluaran yang lebih besar dengan membeli mobil yang hemat bahan bakar.

Banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar sebuah mobil, seperti kapasitas mesin, kondisi ban, kapasitas penumpang, dan lain-lain. Sebagai contoh, jika jumlah penumpang melebihi kapasitas maksimal mobil, konsumsi bahan bakar tentu akan semakin besar.

Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik sisi konsumsi bahan bakar mobil yang akan dibeli. Untuk menghemat pengeluaran, belilah mobil yang hemat bahan bakar. Bila perlu, mintalah pertimbangan dari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam hal ini.

4. Pertimbangkan Sistem Transmisi Mobil

Mobil Keluarga yang Nyaman Merupakan Idaman Semua Keluarga

Sistem transmisi mobil terbagi menjadi 2, yaitu mobil transmisi manual dan mobil transmisi otomatis (matic). Dari segi kemudahan, tentu mobil dengan sistem transmisi otomatis lebih praktis dan mudah digunakan dibandingkan manual. Hanya saja, perawatan mobil matic lebih ribet dan biayanya lebih besar dibandingkan mobil manual.

Jika sebatas penggunaan di dalam kota, mobil dengan transmisi otomatis jelas lebih baik dibandingkan mobil dengan sistem transmisi manual. Terlebih lagi jika digunakan di kota-kota besar yang banyak lampu merah dan rawan macet.

Tapi untuk perjalanan jarak jauh, tentu mobil manual lebih unggul. Sebab, kebutuhan kecepatan bisa terpenuhi dan lebih tangguh ketika melewati medan jalan yang berat dan rusak.

Oleh karena itu, ketika ingin membeli mobil keluarga, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan utama dari penggunaan mobil tersebut nantinya. Jika memang lebih diprioritaskan untuk mobilitas di dalam kota, maka mobil matic lebih cocok untuk dibeli. Jika sebaliknya, tentu mobil manual yang lebih cocok.

Ada baiknya Anda sudah paham cara mengemudikan mobil matic sebelum membeli, Anda bisa mengikuti kursus setir mobil atau pinjam mobil teman atau saudara untuk sekedar mencobanya sebentar.

5. Pertimbangkan Fitur Keselamatan

Keselamatan keluarga merupakan prioritas utama ketika mengendarai mobil. Oleh karena itu, keselamatan saat berkendara di jalan raya harus lebih diprioritaskan dibandingkan ingin cepat tiba di tujuan.

Oleh karena itu, ketika ingin membeli sebuah mobil keluarga, perhatikan fitur-fitur keselamatan apa saja yang disematkan pada mobil tersebut. Umumnya mobil-mobil masa kini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan paling umum seperti airbag dan sabuk pengaman.

Saat ini sudah banyak mobil yang dibekali dengan fitur canggih seperti ABS (anti-lock braking system), BA (Brake Assist), dan EDB (electronic brake distribution). Fitur-fitur tersebut berfungsi mengoptimalkan sistem pengereman mobil.

Ada juga fitur tertentu yang membantu memperkuat cengkraman ban di jalan raya, sehingga laju mobil lebih mudah dikendalikan. Sedangkan untuk fitur keamanan mobil dari pencurian, sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi alarm dan immobilizer.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak lagi fitur-fitur keselamatan yang tidak mungkin disebutkan satu per satu. Semakin canggih sebuah mobil, fitur keselamatannya akan semakin banyak dan canggih pula.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli mobil keluarga, keberadaan fitur-fitur keselamatan ini perlu dipertimbangkan. Tentukan apa saja fitur keselamatan yang ingin diprioritaskan pada mobil yang ingin dibeli.

Jika memungkinkan, beli saja mobil keluarga yang memiliki semua fitur-fitur keselamatan yang telah disebutkan di atas. Tapi tentu Anda harus mempersiapkan budget lebih, karena harga jual mobilnya pasti akan mahal.

Demikianlah 5 tips membeli mobil keluarga yang nyaman dikendarai. Tips-tips yang disebutkan di atas berkaitan langsung dengan rasa nyaman yang dirasakan oleh anggota keluarga ketika berada di dalam mobil.