Umumnya produk mobil saat ini sudah dibekali dengan remote. Hanya saja karena rusak atau hilang, tidak jarang orang memilih membeli remote mobil universal yang bisa didapatkan di penyedia terpercaya, baik secara online ataupun offline.

Meski bersifat universal, tetap disarankan memilih dengan mempertimbangkan poin-poin khusus. Jangan sampai sudah terlanjur membeli namun malah tidak cocok atau kualitasnya di bawah standar sehingga mudah rusak.

Begini Cara Memilih Remote Mobil Universal

Saat ini memang sudah tersedia remote mobil universal yang penggunaannya tidak terbatas pada brand-brand tertentu. Bagi Anda yang berniat membelinya, sangat disarankan untuk menyimak tips-tipsnya pada ulasan di bawah ini:

1. Pilih Berdasarkan Kesesuaian Antara Fitur dengan Harga

Usahakan Harga dan Fitur Remote Mobil Sesuai
Usahakan Harga dan Fitur Remote Mobil Sesuai

Mungkin sebagian besar dari Anda sering menemui produk dengan harga mahal namun fitur-fiturnya kurang memenuhi kebutuhan. Biasanya hal ini didasarkan pada brand dan juga kualitas produknya.

Perlu diperhatikan, brand dan kualitas produk memang menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat akan melakukan pembelian remote mobil. Hanya saja tetap perhatikan budget dan kebutuhan.

Jangan sampai hanya mengutamakan gengsi, Anda memilih produk dari brand ternama tetapi malah fitur-fiturnya tidak bisa memenuhi kebutuhan. Sebaiknya saat akan melakukan pembelian, lakukan survey terlebih dahulu mana produk dengan fitur yang mendukung dan harganya tidak melebihi budget.

2. Perhatikan Fitur Lain yang Dimiliki Remote Mobil

Pilihlah Remote Mobil dengan Fitur yang Sesuai Kebutuhan
Pilihlah Remote Mobil dengan Fitur yang Sesuai Kebutuhan

Saat akan membeli remote, tentunya sudah menargetkan fungsi utama nantinya. Misalnya untuk mengetahui lokasi mobil, pengamanan, ataupun kendali jarak jauh.

Selain mempertimbangkan fungsi utamanya, Anda juga perlu memperhatikan kemampuan lain yang dimilikinya. Tujuan utamanya adalah agar bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dalam satu produk.

Setiap tipe dari remote mobil biasanya memiliki ciri khas masing-masing. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan. Cari tahu dengan menanyakan langsung kepada penjual ataupun mencari informasinya melalui platform online.

3. Periksa Transmisi Radionya

Transmisi Radio Remote Unidirectional dan Bidirectional
Transmisi Radio Remote Mobil ada yang Bersifat Unidirectional dan Bidirectional

Pada remote mobil, terdapat dua jenis transmisi radio yaitu unidirectional dan bidirectional. Antara keduanya memiliki karakteristik masing-masing yang mengharuskan Anda mempertimbangkannya sebelum melakukan pembelian.

Guna mempermudah memahami antara unidirectional dan bidirectional, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini:

Unidirectional

Kinerja dari remote mobil ini menggunakan sistem satu arah. Maksudnya adalah ketika Anda mengirim sinyal ke mobil dengan memencet remotenya, maka sinyal akan terkirim, namun tidak ada timbal balik. Di balik kekurangan tersebut, jenis ini memiliki keunggulan berupa harganya yang cukup terjangkau.

Bidirectional

Berbeda dari jenis sebelumnya, remote dengan transmisi bidirectional memiliki sistem timbal balik. Anda bisa mengetahui apakah mobil merespon sinyal atau tidak dengan menggunakan fitur answer back. Hanya saja jika berbicara harga, memang lebih mahal dari unidirectional.

4. Ketahui Jarak Penerimaan Gelombang Radionya

Remote Bisa Bekerja Umumnya Pada Jarak 300-700 Meter
Remote Bisa Bekerja Umumnya Pada Jarak 300-700 Meter dari Mobil

Karena menggunakan gelombang radio, remote mobil tidak akan berfungsi jika jaraknya dengan kendaraan terhubung terlalu jauh. Setiap tipe produk biasanya memiliki jarak berbeda tergantung dari tujuan pendesainan. Biasanya jarak antara remote dan mobil berkisar 300-700 meter.

Anda bisa mengetahui seberapa jauh jarak jangkauannya dengan membaca informasinya pada produk atau menanyakan kepada penjual. Jangan lupa untuk mempertimbangkan harganya juga, karena semakin jauh jangkauannya kemungkinan harganya juga mahal.

5. Pilih Remote yang Kompatibel dengan Mobil Anda

Pilih Remote yang Kompatibel dengan Mobil Anda
Pilih Remote yang Kompatibel dengan Mobil Anda

Mungkin tidak sedikit yang berpikir bahwa remote mobil universal bebas digunakan pada mobil apa saja. Sedikit informasi, produk satu ini didesain tanpa menetapkan penggunaannya pada brand khusus.

Hanya saja, Anda perlu membeli produk yang kompatibel atau sesuai dengan tipe kendaraannya. Jika tidak begitu, kemungkinan buruknya adalah tidak bisa digunakan bahkan sampai merusak sistemnya. Merugikan bukan?

Jenis-jenis mobil saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan immobilizer yaitu sebuah sistem yang mampu mencegah pencurian. Agar bisa membuatnya berfungsi dengan baik, maka diperlukan adanya adaptor apabila akan menggunakan remote universal.

Selain itu juga terdapat tipe mobil hybrid yang perlu menggunakan jenis remote dengan tambahan fitur push start/ stop engine.

6. Pilih Remote Universal Berkualitas

Gunakan Remote Universal Berkualitas
Sebaiknya Anda Hanya Menggunakan Remote Universal Berkualitas

Memilih remote universal memerlukan ketelitian untuk mencegah terjadinya kesalahan fatal seperti tidak cocok atau mudah rusak.

Teknik paling umum diterapkan masyarakat saat akan membeli suatu produk adalah dengan mencari brand yang sudah dipercaya dan digunakan oleh banyak orang. Tidak jarang juga yang mencari review di internet seperti website khusus atau channel YouTube ahli dalam bidang terkait.

7. Lakukan Konsultasi Sebelum Pembelian

Konsultasikan Sebelum Sebelum Membeli Remote Mobil Universal
Konsultasikan Sebelum Sebelum Membeli Remote Mobil Universal Agar Tidak Salah Pilih

Cara memilih remote mobil yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan konsultasi dengan penjual atau ahli dalam bidangnya. Silahkan meminta saran kepada mereka, kira-kira brand dan tipe mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Cara ini akan meminimalisir kesalahan dalam memilih, sehingga Anda bisa mendapatkan produk dengan kemampuan dan harga sesuai target.

Dari poin-poin yang telah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah mulai memahami bagaimana cara memilih remote mobil universal yang tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asal membelinya.