Pembatas ruangan merupakan salah satu bagian dari desain interior rumah yang perlu diperhatikan. Sebab tidak hanya berfungsi sebagai pemisah antara ruangan, tetapi juga menambah indahnya tampilan ruangan tersebut.

Pembatas ruangan tidak selamanya berupa dinding beton, kayu, atau partisi glass block. Banyak bahan lain yang juga bagus untuk digunakan, salah satunya adalah triplek.

Jangan dianggap enteng, pembatas ruangan dari triplek tidak kalah dari pembatas ruangan dari dinding beton, kayu, dan yang lainnya. Terlebih lagi jika Anda mengetahui inspirasi desain apa saja yang cocok untuk diterapkan.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan ide dan inspirasi pembatas ruangan dari triplek yang bisa Anda terapkan. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Baca Juga: Harga Pelapis Triplek HPL Motif Kayu Per Lembar dan Per Meter

Detail Ide dan Inspirasi Pembatas Ruangan Terbuat Dari Triplek

1. Pembatas Dapur dan Ruang Makan

Pembatas Dapur dan Ruang Makan
Pembatas Dapur dan Ruang Makan (Source : YouTube/Rismawati_kei)

Ide pembatas ruangan dari triplek yang paling pertama kali ini adalah menjadikannya sebagai pembatas dapur dan ruang makan.

Jika Anda kurang suka dengan konsep terbuka, seperti menyatukan area dapur dengan ruang makan, maka Anda bisa membuat partisi dari triplek. Cara pembuatannya sangat mudah, dan bahan-bahan utama yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan mahal.

Agar partisi dari triplek tersebut bisa menambah kesan minimalis dan aesthetic, pastikan untuk mengecat triplek tersebut dengan konsep yang sesuai.

2. Pembatas Tangga Rumah

Pembatas Tangga Rumah
Pembatas Tangga Rumah (Source : kvartyr.com)

Ide lainnya untuk penggunaan partisi ruangan menggunakan triplek adalah dengan menjadikannya sebagai pembatas tangga. Penerapan ide ini tentu saja hanya bisa dilakukan pada rumah dengan 2 lantai atau lebih.

Umumnya orang-orang tidak suka jika tangga rumahnya terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, digunakanlah pembatas rumah tangga. Nah, salah satu bahan untuk pembatas tangga tersebut adalah triplek.

3. Pembatas Kamar Tidur

Pembatas Kamar Tidur
Pembatas Kamar Tidur (Source : Instagram/hellofieldstudy)

Jika tidak ingin membuat ruangan kamar tersendiri, Anda bisa memanfaatkan partisi dari triplik untuk memisahkan antara kamar dengan ruangan yang lainnya.

Salah satu jenis triplek yang cocok digunakan adalah yang memiliki motif unik.

4. Pembatas Ruang Tamu

 Pembatas Ruang Tamu
Pembatas Ruang Tamu (Source : veneto.vn)

Jika Anda ingin membuat partisi dinding ruang tamu yang ekonomis, sebaiknya gunakan bahan dari triplek. Penggunaan triplek minimalis sebagai partisi, menjadikannya terlihat simpel namun sangat indah.

Jika berkenan, Anda juga bisa menambahkan material besi di antara plafon untuk memunculkan kesan yang menarik.

5. Pembatas Ruang Keluarga

Pembatas Ruang Keluarga
Pembatas Ruang Keluarga (Source : houzz.com)

Jika Anda membeli rumah minimalis yang baru, biasanya ruang tamu dan ruang keluarga disambung tanpa adanya pemisah. Bagi sebagian orang, desain ini terasa kurang nyaman. Untuk mengatasnya, Anda bisa membuat pembatas atau partisi dari triplek.

6. Pembatas Ruangan Multifungsi

Pembatas Ruangan Multifungsi
Pembatas Ruangan Multifungsi (Source : dezeen.com)

Pembatas ruangan multifungsi dari triplek sangat dibutuhkan jika Anda memiliki ruangan yang luas di rumah. Dengan adanya pembatas ruangan, tentu kondisi ruangan di dalam rumah lebih rapi dan tertata.

Keberadaan pembatas ruangan dari triplek juga menjadikan ruangan yang kosong tidak akan begitu terekspos. Di sisi lain, salah satu ruangannya dapat gunakan sebagai tempat yang multifungsi.

7. Pembatas Ruangan Cantik

Pembatas Ruangan Cantik
Pembatas Ruangan Cantik (Source : 99.co)

Ide partisi ruangan bisa menggunakan triplek yang terlihat mirip kayu tebal. Inspirasi partisi ini berupa non permanen pembatas ruangan yang terbuat dari triplek.

Hanya saja, pembatas ruangan ini memiliki gambar yang unik dan cantik di bagian permukaannya. Sehingga, interior ruangan terlihat semakin menarik.

Partisi triplek tersebut bisa dicat dengan berbagai warna, salah satunya adalah berwarna coklat tua. Untuk penerapannya, sebaiknya partisi yang satu ini diletakkan pada ruang keluarga dan ruang tamu.

8. Pembatas Dapur

Gambar Pembatas Dapur
Gambar Pembatas Dapur (Source : architecturaldigest.com)

Pembatas dapur juga bisa dibuat dari bahan triplek. Dalam hal ini, model sekatnya dibuat minimalis dan rapi. Sehingga, desain pembatas dapur ini sangat cocok dipasang pada rumah minimalis.

Cara pembuatannya sangat mudah, Anda hanya membutuhkan triplek dan papan kayu sebagai pondasi.

Baca Juga: Jenis Pondasi Rumah dan Bangunan

9. Pembatas Ruangan Non Permanen

Pembatas Ruangan Non Permanen
Pembatas Ruangan Non Permanen (Source : tokopedia.com)

Inspirasi pembatas ruangan dari triplek lainnya adalah pembatas ruangan non permanen. Sifatnya yang fleksibel menjadikannya bisa dipindah-pindahkan dengan cepat dan mudah.

Partisi yang satu ini berukuran lebar 120 cm dan tinggi 180 cm. Di sisi lain, partisi ini memiliki empat roda dan finishing duco open pore.

10. Pembatas Ruangan Aesthetic

Pembatas Ruangan Aesthetic
Pembatas Ruangan Aesthetic (Source : home-designing.com)

Ide pembatas ruangan lainnya dari triplek yang bisa diterapkan adalah ruangan berdesain aesthetic, Property People. Ukurannya besar dan tinggi mencapai plafon rumah.

Bentuknya dibuat menonjol dan tidak biasa agar interior di dalam rumah makin terlihat indah dan menarik.

Jika tertarik, Anda mesti mempersiapkan budget yang lumayan besar. Sebab, material yang dibutuhkannya sangat banyak meskipun harga triplek terjangkau.

Demikianlah informasi mengenai ide dan inspirasi pembatas ruangan terbuat dari triplek yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Meskipun partisinya menggunakan bahan triplek yang murah, tapi ide-ide desain yang disebutkan di atas akan membantu menjadikan tampilan ruangan terlihat indah dan menarik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Partisi Penyekat Ruangan Minimalis Modern