Saat ini partisi penyekat ruang minimalis modern menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menyekat ruangan tertentu di rumah Anda. Tidak hanya menjadikan tampilan ruangan terlihat indah, tetapi juga bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang.

Saat ini banyak sekali desain penyekat ruangan minimalis yang bisa menjadi pilihan Anda. Desain-desain tersebut bisa Anda jadikan sebagai partisi penyekat ruang tamu atau ruangan lainnya di rumah Anda. Lantas apa sajakah pilihan desain yang ada? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Daftar 10 Rekomendasi Partisi Penyekat Ruangan Minimalis Modern

Partisi Penyekat Ruangan yang Terbuat dari Kaca
Partisi Penyekat Ruangan yang Terbuat dari Kaca

Partisi penyekat ruang minimalis modern terbuat dari berbagai jenis bahan, ada yang terbuat dari kayu, besi, marmer, dan yang lainnya. Terkadang ada juga yang merupakan perpaduan dari dua jenis bahan berbeda.

Untuk lebih jelasnya, simak 10 model partisi penyekat ruangan yang direkomendasikan untuk Anda sebagaimana di bawah ini  :

1. Partisi Kayu Futuristik

Partisi Kayu Futuristik
Partisi Kayu Futuristik (Source : temonggo.com)

Pilihan pertama penyekat partisi ruangan minimalis modern yang bisa Anda gunakan adalah sekat berbahan kayu serbaguna seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Terlihat jelas bagaimana penyekat tersebut dibuat dalam desain modern dengan menggunakan bahan utama kayu. Terdapat rak utama di bagian tengah yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang dalam jumlah tertentu. 

Penyekat tersebut juga memiliki empat laci melayang di sisi kanan, yang tidak saja bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan tambahan, tetapi juga menghadirkan kesan futuristik di dalam hunian Anda.

2. Partisi dengan Rak Kayu Minimalis

Partisi dengan Rak Kayu Minimalis
Partisi dengan Rak Kayu Minimalis (Source : temonggo.com)

Pilihan lainnya yang bisa dijadikan sebagai partisi penyekat ruang tamu Anda adalah partisi dengan rak kayu minimalis. Pada gambar di atas, terlihat jelas kalau partisi tersebut menonjolkan kesan minimalis melalui unsur-unsur garisnya.

Rak melayang yang terletak di sebelah kanannya bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan berbagai ornamen mini kesayangan Anda. Sedangkan untuk penyimpanan beberapa barang tertentu, Anda bisa memanfaatkan rak yang terletak di sebelah kiri bawah.

3. Partisi Perpaduan Besi dan Kayu

Partisi Perpaduan Besi dan Kayu
Partisi Perpaduan Besi dan Kayu (Source : homary.com)

Jika rumah Anda bergaya industrialis, maka partisi yang paling cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu Anda menggunakan perpaduan antara besi dan kayu. Coba perhatikan gambar di atas, terlihat jelas keberadaan partisi tersebut semakin menambah kesan modern untuk ruang tamu Anda.

Kombinasi dua material tersebut tidak hanya menambah estetika ruang tamu atau ruang lainnya yang dipasangi partisi penyekat ruangan minimalis modern tersebut, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pajangan.

4. Partisi Kayu Gaya Artistik

Partisi Kayu Gaya Artistik
Partisi Kayu Gaya Artistik (Source : temonggo.com)

Pilihan partisi lainnya yang cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu Anda adalah partisi gayu dengan gaya artistik. Model yang terlihat original memberikan kesegaran saat dipandang. Dengan kombinasi kotak dan garis di sisi kanan, kesan artistik di dalam ruangan tersebut semakin kental.

Perhatikan gambar di atas, terlihat jelas kalau partisi penyekat ruang tamu tersebut memiliki rak-rak mini di sebelah kiri. Nah, Anda bisa meletakkan berbagai hiasan mini yang sesuai di tempat tersebut. Kombinasi partisi dan hiasan mini yang tepat akan memberikan kesan stylish dan elegan di ruang tamu Anda

5. Partisi Sekaligus Lemari Hias


Partisi Sekaligus Lemari Hias
Partisi Sekaligus Lemari Hias (Source : pinterest.com)

Pilihan partisi penyekat ruang minimalis modern lainnya yang juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu Anda adalah penyekat yang difungsikan sekaligus sebagai lemari hias, sebagaimana pada gambar di atas.

Partisi ini menggunakan material besi atau kayu yang dipasangi kaca agar kesan modern dan elegan semakin kental.

Selain sebagai pembatas ruangan, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lemari hias dengan menempatkan beberapa tanaman di bagian depannya. Selain terlihat modern, ruang tamu Anda juga akan terasa lebih segar.

6. Partisi Minimalis dari Bahan Kayu

Partisi Minimalis dari Bahan Kayu
Partisi Minimalis dari Bahan Kayu (Source : pinterest.com)

Pembatas ruang tamu lainnya yang juga bisa menjadi pilihan Anda adalah partisi minimalis dari bahan kayu. Desainnya sederhana karena berupa kayu yang ditegakkan dan disusun bergaris-garis, yang di tengahnya dibuat kotak untuk penyimpanan televisi.

Di bagian depan bawah dibuat seperti rak yang dijadikan dudukan untuk meletakkan pajangan ruang tamu Anda. Pilihlah pajangan yang tepat dan selaras dengan desain partisi penyekat ruang minimalis modern yang satu ini.

7. Partisi Marmer yang Mewah

Partisi Marmer yang Mewah
Partisi Marmer yang Mewah (Source : mustikaland.co.id)

Jika Anda ingin menampakkan kesan yang sangat elegan dan mewah, namun tetap minimalis pada penyekat ruang tamu Anda, maka partisi mewah dari marmer bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Terlihat pada gambar di atas, partisi tersebut tetap menonjolkan sisi minimalis, tapi tidak kehilangan kelihatan sisi mewah dan elegannya.

Di sebelah kiri terdapat beberapa rak yang bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan perabot yang sesuai dengan desain ruang tamu Anda. Sedangkan di bagian kanan bisa digunakan untuk menyimpan buku, pajangan bunga, dan beberapa barang lainnya yang cocok dipasang di ruang tamu.

8. Partisi Ruangan di Kamar Tidur


Partisi Ruangan di Kamar Tidur
Partisi Ruangan di Kamar Tidur (Source : pinterest.com)

Penyekat ruangan tentu tidak hanya bisa diaplikasikan di ruang tamu. Anda juga bisa mengaplikasikannya di dalam kamar tidur. Untuk memisahkan antara ruang kasur dan ruang bersantai atau membaca di dalam kamar, Anda bisa memasang partisi yang terbuat dari kayu.

Desain partisinya disesuaikan dengan desain kamar. Hanya saja, bahan-bahan kayu tersebut disusun berdiri sehingga terlihat seperti garis-garis tegak lurus. Sederhana dan minimalis, tapi kesan elegan tetap terlihat pada partisi penyekat ruangan tersebut.

9. Partisi Kayu yang Keren


Partisi Kayu yang Keren
Partisi Kayu yang Keren (Source : pinterest.com)

Pilihan partisi penyekat ruang minimalis modern lainnya adalah partisi keren yang terbuat dari bahan kayu seperti pada gambar di atas. Terlihat jelas kalau partisi tersebut digunakan untuk memisahkan antara ruang keluarga dengan ruang makan.

Bahan utama partisi ini adalah kayu, yang dibuat bersusun vertikal hingga mencapai plafon. Agar terlihat lebih menarik dan tidak berantakan, pastikan warna partisi tersebut selaras dengan warna lantai dan anak tangga.

10. Partisi Kayu yang Keren Secara Horizontal

  Partisi Kayu yang Keren Secara Horizontal
Partisi Kayu yang Keren Secara Horizontal (Source : pinterest.com)

Untuk kebutuhan penyekat ruangan antara dapur dan ruang keluarga, Anda juga bisa menggunakan penyekat dari bahan kayu. Partisi tersebut dipasang bersusun secara horizontal  dan berjarak, sehingga terlihat sangat apik dan rapi.

Agar terlihat selaras dengan ruangan Anda, pastikan warna partisi tersebut selaras dengan warna dominan pada ruangan yang disekat.