Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya motor Harley Davidson bukan? Moge premium yang berasal dari Amerika Serikat ini memang sudah mendunia saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri, penampakan Harley Davidson di jalan raya bukan hal yang asing lagi.

Wajar jika Harley Davidson memiliki banyak penggemar. Sebab, bukan hanya bentuknya saja yang terlihat kekar dan gagah, tetapi deru mesinnya juga terdengar gahar. Ketika Anda menungganginya di jalan raya, serasa menjadi penguasa jalanan.

Sayangnya, kebanyakan orang hanya bisa berangan-angan untuk memiliki moge yang satu ini. Bagaimana tidak, harga jual motor ini luar biasa mahal, sehingga orang-orang tertentu saja yang mampu memilikinya.

Inilah Daftar Motor Harley Davidson Termahal di Dunia

Meskipun motor Harley Davidson identik dengan harga yang mahal, tapi ternyata ada beberapa motor Harley Davidson termahal di dunia dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala. Penasaran? Yuk simak daftar motornya di bawah ini.

1. Cosmic Starship, US$3 juta (Rp45,8 Miliar)  

Bucherer Blue Edition, Harga US$1,9 juta/Rp29 Miliar
Bucherer Blue Edition, Harga US$1,9 juta/Rp29 Miliar (Source : theauto.eu)

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang isitimewa dari Cosmic Starship yang  diperkenalkan di Bartels, Marina Del Rey pada Oktober 2010 lalu. Performa mesin dan dapur pacunya juga biasa-biasa saja.

Hanya saja, keunikan motor inilah yang menjadikan harga jualnya sangat mahal. Bagaimana tidak, motor ini dilukis oleh seniman dunia yang bernama Jack Amstrong menggunakan medium kanvas yang paling mewah.

Tidak heran jika Cosmic Starship saat dilelang berhasil terjual dengan harga fantastis dan bikin geleng-geleng kepala, yakni US$ 3 juta pada 2017, atau setara Rp45,8 miliar dengan nilai kurs dolar Rp15.278.

2. Bucherer Blue Edition, US$1,9 juta (Rp29 Miliar)

Cosmic Starship, Harga US$3 juta/Rp45,8 Miliar
Cosmic Starship, Harga US$3 juta/Rp45,8 Miliar (Source : ultimatemotorcycling.com)

Motor Harley Davidson termahal di dunia lainnya adalah Bucherer Blue Edition.  Disematkannya 360 berlian di beberapa bagian motor tersebut, termasuk pada pinggiran tuas gas dan lubang tangkinya menjadi penyebab harganya yang mahal.

Bahkan, sekrup pada tangki bahan bakarnya juga disematkan berlian, dengan menggunakan penyangga berbentuk cincin.

Moge ini dikustomisasi oleh Bündnerbike, spesialis motor dari Swiss yang bekerjasama dengan merek perhiasan Bucherer. Dari hasil kerjasama itulah, motor kustom ini dikemudian hari diberi nama Harley Davidson Bucherer Blue Edition.

Motor ini dibangun dengan menggunakan Softail Slim S di bagian dasarnya. Untuk merampungkan kustomisasi motor ini, Bündnerbike membutuhkan waktu sekitar 2.500 jam atau sekitar 3 bulan. Kebanyakan waktu dihabiskan untuk meletakan ratusan berlian tersebut.

Nah, tingginya harga jual motor ini yang mencapai Rp29 miliar, disebabkan oleh penggunaan berlian dan tingginya tingkat ketelitian dalam meletakkan berlian-berlian tersebut.

Menariknya, rona biru intens dan berwarna-warni yang dipancarkan oleh Harley-Davidson Bucherer Blue ini didapatkan dari penggunaan metode pelapisan rahasia. Begitu pula setiap elemen logam pada mesin motor ini murni merupakan hasil polesan dan pengelasan dengan tangan.

3. Easy Rider Captain America, US$1,35 juta (Rp20,6 Miliar)

Easy Rider Captain America, Harga US$1,35 juta/Rp20,6 miliar
Easy Rider Captain America, Harga US$1,35 juta/Rp20,6 miliar (Source : vtwinstov8s.com)

Motor Easy Rider dari Harley Davidson seringkali ditampilkan pada film-film klasik, salah satunya adalah film yang berjudul Easy Rider yang dibintangi oleh Peter Fonda dan Dennis Hopper pada 1960-an. Film ini banyak diminati orang Amerika ketika itu.

Karena seringnya muncul dalam film-film klasik, motor tersebut seringkali disangka sebagai motor klasik. Selain itu, kemunculan motor ini juga masih kontroversial. Banyak yang menyebutkan bahwa hal tersebut terjadi saat prajurit Perang Dunia II kembali dari perang, lalu melepas spakbor hingga suku cadang motor Harley Davidson mereka agar terlihat lebih ramping.

Selanjutnya, tren tersebut mendapatkan momentum yang cukup signifikan pada awal tahun 1970-an akibat adanya film Easy Rider. Efeknya, mulailah bermunculan berbagai kustom chopper di kalangan penggemar.

Contoh yang paling terkenal adalah Legends Motorcycle Collection 1960 HD Sportster Chopper dan Custom Long Fork Harley-Davidson Chopper 2019.

Di sisi lain, motor Harley Captain America memiliki sejarah yang membingungkan. Selain itu, masih belum jelas manakah yang merupakan sepeda motor asli dan mana yang merupakan purwarupa pertama dalam film.

Puncaknya, pada tahun tahun 2014, salah satu motor ini laku terjual dengan harga US$1,35 juta yang setara Rp20,6 miliar. Sejak saat itulah motor ini termasuk salah satu motor Harley Davidson termahal di dunia.

4. Strap Tank, US$953.000 (Rp14,2 Miliar)

Strap Tank, Harga US$953.000/Rp14,2 miliar
Strap Tank, Harga US$953.000/Rp14,2 miliar (Source : mecum.com)

Sepeda motor Harley-Davidson yang bernama Strap Tank ini termasuk super langka, karena dirilis pada tahun 1908. Diyakini kalau jumlah unitnya hanya 12 di dunia ini, salah satunya yang pernah dilelang pada Januari 2023.

Sepeda motor ini dinamakan Strap Tank karena tangki oli dan bahan bakarnya dipasang langsung ke rangka dengan tali nikel.

Tidak salah jika sepeda motor ini dimasukkan ke dalam motor Harley Davidson termahal di dunia. Pasalnya, sepeda ini pernah dijual di vintagent.com dengan kisaran harga US$935.000 atau Rp14 miliar.

5. Pope Francis FXD Dyna Super Glide, US$331.000 (Rp5 Miliar)

Pope Francis FXD Dyna Super Glide, Harga US$331.000/Rp5 miliar
Pope Francis FXD Dyna Super Glide, Harga US$331.000/Rp5 miliar (Source : nytimes.com)

Penyebab sepeda motor yang bernama Pope Francis FXD Dyna Super Glide dan dijuluki Holy Davidson ini memiliki harga jual selangit karena diberikan tanda tangan oleh Paus Fransiskus pada tangkinya.

Awalnya, motor bermesin 1.585 cc ini diberikan oleh Willie Davidson kepada Paus Fransiskus pada 2013. Willie Davidson sendiri merupakan seorang mantan perancang di perusahaan sepeda motor di Harley Davidson.

Karena sesuatu dan lain hal, moge ini dilelang setelah terlebih dahulu diberikan tanda tangan oleh Paus Fransiskus pada tangkinya.

Pelelangan tersebut diselenggarakan oleh rumah lelang Bonhams di Paris pada 2014. Alhasil, moge tersebut berhasil terjual seharga US$331.000 atau sekitar Rp5 miliar untuk kurs dolar Rp15.278. Oleh karena itu, moge ini juga termasuk salah satu motor Harley Davidson termahal di dunia.

6. Harley Davidson 7D Twin (Rp87 Miliar)

Harley Davidson 7D Twin, Harga Rp87 Miliar
Harley Davidson 7D Twin, Harga Rp87 Miliar (Source : mecum.com)

Sepeda motor Harley Davidson 7D Twin ini menempati urutan pertama dari daftar motor Harley Davidson termahal di dunia. Bagaimana tidak, motor yang dirilis pada tahun 1991 ini terjual dengan Rp87 miliar saat dilelang oleh Mecum Auctions di Las Vegas pada 9-11 Januari 2014 lalu.

Motor yang memiliki kode pemasaran #1910A dan dijuluki ‘The Silent Gray Fellow’ ini dibekali dengan mesin berkapasitas 800 cc dan mampu melontarkan tenaga sebesar 6,5 bhp. Motor ini hanya mampu berlari pada kecepatan maksimal 97 km/jam.

Motor Harley-Davidson 7D Twin ini memiliki ukuran panjang yang mencapai 1.440 mm, dengan bobot berkisar 134 kg. Ketika dilelang, motor ini masih dalam kondisi asli tanpa modifikasi apapun, sehingga nilai estetikanya masih sempurna. Kondisi motor tersebut juga masih sangat bagus.

Itulah tadi daftar motor Harley Davidson termahal dengan harga selangit yang bakal membuat Anda geleng-geleng kepala. Bagi masyarakat secara umum, harga motor tersebut tentu tidak sepadan dengan fungsi dan manfaatnya. Hanya saja, bagi kolektor dan pecinta motor Harley Davidson dari kalangan orang-orang kaya, harga tersebut masih tergolong wajar.

Baca Juga: 5 Motor Sport Termahal di Dunia, Ada yang Seharga 2 Jet Pribadi