Salah satu bagian penting dari rumah adalah plafonnya. Meski jarang diperhatikan, keberadaan plafon nyatanya sangat mempengaruhi tampilan keseluruhan dari sebuah ruangan.

Ruangan yang cantik ditentukan dari dinding, lantai hingga plafonnya. Oleh karena itu, memilih model plafon rumah yang tepat sesuai dengan fungsinya sangat penting dalam menentukan keindahan sebuah ruangan.

Plafon yang ditempatkan di bagian atas ruangan memiliki fungsi yang sangat besar. Keberadaan plafon tidak hanya membuat tampilan ruangan lebih indah dengan menyembunyikan atap hingga tiang-tiang di atas rumah.

Plafon juga berfungsi sebagai pelindung rumah dari ancaman kebocoran saat hujan tiba. Plafon juga menutupi bentangan-bentangan pipa dan juga kabel listrik yang dipasang di baliknya.

Model plafon rumah terdiri dari berbagai macam bentuk yang tidak hanya membawa fungsi tertentu namun juga memberikan konsep tersendiri bagi sebuah ruangan.

Anda tentu menyadari bahwa model plafon untuk rumah minimalis biasanya berbeda jika dibandingkan rumah besar. Rumah dengan konsep minimalis akan menerapkan model plafon yang sederhana namun multifungsi.

Plafon tidak hanya didesain untuk menutupi bagian atas rumah namun juga membawa beragam fungsi bagi ruangan. Plafon bagi rumah minimalis dibuat agar dapat memaksimalkan fungsi pencahayaan dan juga membuat kesan ruangan yang lebih lapang. 

Selain mempertimbangkan model plafon yang paling tepat untuk ruangan rumah, pemilihan material juga sangat penting. Pemilihan material harus disesuaikan dengan fungsi atau tujuan dari pembuatan plafon tersebut.

Selain itu, material juga sangat menentukan daya tahan plafon untuk menopang fungsinya hingga beberapa waktu tertentu. Material yang umum dipakai bisa berupa gypsum, kayu, dan acian semen. 

Berbagai Inspirasi Model Plafon Rumah yang Pantas Dicoba

1. Plafon Rumah Polos

Plafon rumah dengan tampilan polos
Plafon rumah dengan tampilan polos

Rasanya kalau berbicara mengenai model plafon rumah maka model plafon polos adalah hal pertama yang terlintas di benak Anda. Pasalnya, model plafon satu ini bisa dikatakan merupakan model paling sederhana dan paling mudah dikerjakan oleh hampir setiap tukang bangunan. 

Pemilihan material untuk model plafon rumah yang polos juga tidak begitu sulit. Umumnya cukup menggunakan triplen, GRC ataupun semen acian. Karena modelnya yang polos, Anda dapat lebih mudah bereksperimen dengan plafon ini. Anda dapat mengecat plafon dengan warna putih polos ataupun memberikan sentuhan ornament seperti lampu hias dan kipas angin.

2. Plafon Dengan Tambahan Kayu

Contoh plafon dengan tambahan kayu
Contoh plafon dengan tambahan kayu

Anda dapat menambahkan unsur material kayu ke dalam plafon yang dibuat dari bahan acian semen di rumah Anda. Penambahan material kayu sebagai pemanis ruangan tidak hanya memberi kesan elegan di rumah minimalis namun juga membuat rumah terkesan lebih mewah.

Anda dapat mengecat material utama dari plafon dengan warna putih gading kemudian material kayu dengan warna cokelat mengkilap. 

Ditambahkan dengan pencahayaan berwarna kuning, membuat ruangan Anda terkesan lebih hangat. Anda dapat menerapkan model plafon rumah ini baik pada ruang tamu ataupun ruang keluarga.

3. Plafon Susun Segitiga

Contoh plafon susun segitiga simple dan elegan
Contoh plafon susun segitiga simple dan elegan

Anda ingin bentuk ruangan berbeda dari yang lainnya? Maka inspirasi model plafon susun segitiga ini dapat menjadi salah satu inspirasi terbaik untuk hunian Anda.

Model plafon satu ini didesain oleh arsitek interior ruangan yang membuat bentuk plafon berbeda dari kebanyakan. Karena bentuknya yang termasuk unik, bisa dikatakan pengerjaan plafon ini tidak mudah dan tidak dapat dikerjakan oleh sembarang tukang.

Plafon ini dibuat dari segitiga yang saling tersusun berdampingan. Bentuk plafon satu ini sangat cocok diterapkan di ruang bekerja dan ruang baca untuk memberikan inspirasi.

4. Plafon dari Susunan Material Kayu

Contoh plafon susun segitiga
Contoh plafon susun segitiga kayu

Untuk membuat tampilan plafon yang unik namun tidak begitu sulit seperti plafon susun segitiga sebelumnya, Anda bisa menerapkan model plafon dengan susunan balok kayu di bawahnya.

Model plafon ini menerapkan semen acian sebagi pondasi dari plafon. Kemudian, balok-balok kayu yang disusun memanjang dan saling berjauhan dipasang untuk memberikan konsep industrial di dalam rumah.

Selain dengan menerapkan material kayu yang disusun memanjang di bawah material semen acian, Anda juga dapat membuat plafon yang seutuhnya dibuat dari material papan kayu.

Material papan kayu ini disusun berdempet dan membuat seolah plafon rumah Anda seperti lantai kayu. Anda bisa mengecat plafon kayu ini dengan warna putih polos membuat plafon rumah Anda tampil beda. 

5. Plafon Sebagai Sumber Pencahayaan

Contoh plafon dengan tambahan pencahayaan lampu
Contoh plafon dengan tambahan pencahayaan lampu

Saat mendengar judul tersebut jangan membayangkan bahwa plafon tersebut kemudian dipasangi lampu seperti biasa.

Plafon sebagai sumber pencahayaan yang dimaksud di sini adalah peletakan plafon diberikan cahaya tersembunyi atau hidden lightning. Fungsi dari pencahayaan tersembunyi adalah agar ruangan memperoleh penyinaran yang lembut dan menenangkan.

Plafon rumah satu ini dicat dengan warna netral terang yakni putih. Kemudian di seluruh pinggiran plafon yang berbentuk persegi panjang ini akan memancarkan cahaya yang didesain dengan teknologi hidden lightning. Konsep cahaya tersembunyi Ini sangat tepat diterapkan pada ruangan bersantai bersama keluarga.

6. Plafon yang Dibuat Bertingkat

Contoh ruangan dengan plafon bertingkat
Contoh ruangan dengan plafon bertingkat

Untuk memberikan kesan puzzling ke dalam ruangan Anda, mengapa tidak menerapkan model plafon bertingkat seperti di atas? Model plafon satu ini dapat memberikan kesan yang unik ke dalam rumah. Dengan penataan plafon yang cerdas, Anda dapat membuat ruangan tampak lebih modern dan futuristik. 

Tidak hanya ditata bertingkat, plafon ini memiliki keunikan berupa penataan lampu secara berjajar di tingkat teratas plafon. Lampu utama diletakkan di tengah ruangan dan lampu-lampu kecil mengitari lampu utama. Dengan penataan cahaya yang tepat, seluruh ruangan di dalam rumah Anda dapat tersinari cahaya yang sama intensitasnya meski hingga ke sudut ruangan.

7. Plafon dengan Bentuk Kerucut

Rumah dengan plafon kerucut
Rumah dengan plafon kerucut

Anda juga bisa menerapkan plafon yang tidak hanya datar seperti umumnya namun dibentuk dengan model geometri tertentu. Salah satu model geometri yang tergolong mudah dibuat dan menghasilkan hasil yang bagus adalah model kerucut. 

Plafon ini dibangun dari material papan kayu yang disusun bertingkat ke atas. Dengan konsep plafon satu ini, Anda dapat merasakan suasana klasik di dalam ruangan. Model plafon ini banyak ditiru oleh hotel atau penginapan dengan konsep tradisional.

8. Plafon Futuristik dengan Kurva

Anda dapat menerapkan plafon yang memiliki bentuk unik berupa kurva miring di tengah ruangan. Tidak hanya dibuat menyamping, salah satu bagian plafon juga memiliki ketinggian berbeda dari plafon lainnya. Model plafon satu ini membuat kamar Anda terlihat berbeda dan unik. 

Sebuah lampu berbentuk kotak cukup lebar ditempatkan di bagian plafon yang lebih rendah untuk memberikan pencahayaan maksimal ke seluruh ruangan. Desain plafon ini memberikan kesan futuristik yang sangat cocok diterapkan di ruang kamar tidur di kecil. 

9. Plafon dengan Konsep Modern

Anda dapat mendesain plafon dengan bentuk asimetris yang justru memunculkan kesan modern. Plafon satu ini dibuat bertingkat dengan beberapa area dibuat menjorok ke dalam dengan bentuk tertentu.

Bagian yang menjorok ke bagian dalam ini biasanya dibentuk persegi empat baik memanjang ataupun kotak biasa. Bagian yang menjorok ke bagian dalam ini disusun tidak beraturan dan tersebar di seluruh bagian ruangan.

Model plafon satu ini sangat tepat diterapkan pada ruangan yang luas karena bagian yang tidak beraturan akan lebih tampak tersebar ke seluruh bagian ruangan.

Di sisi tengah bagian yang menjorok ke dalam ini dipasangi lampu berbentuk kotak. Sementara bagian yang mengelilingi kotak atau di tepiannya dipasangi cahaya tersembunyi atau hidden lightning. 

10. Plafon dengan Warna Abu Scandinavian

Anda ingin mendatangkan nuansa Scandinavian yang kental ke dalam ruangan maka dapat menerapkan konsep plafon satu ini. Plafon ini menerapkan gaya interior secara totalitas ke dalam ruangan yang didominasi warna abu-abu. Ruangan ini didesain dengan jendela berukuran cukup besar di sisi ruangan dan ditambahkan gorden memanjang hingga ke lantai ruangan. 

Untuk plafonnya sendiri dibuat dengan tekstur garis-garis yang kental. Karena menggunakan warna sedikit gelap untuk plafon, ruangan ini membutuhkan pencahayaan yang diletakkan di sudut yang tepat. 

11. Plafon dengan Motif

Anda dapat memasang wallpaper dengan motif tertentu di area plafon di dalam kamar. Berbagai motif tersedia yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan Anda.

Misalnya saja Anda dapat menerapkan plafon dengan motif lukisan tertentu yang cocok dengan kepribadian Anda. Untuk kamar tidur anak-anak, plafon dengan motif awan ataupun polkadot dapat diterapkan.

12. Plafon Bentuk Miring

Punya plafon datar tentu sudah biasa. Lantas, bagaimana jika plafon di rumah Anda dibuat miring tentu sangat seru dan unik. Anda bisa membuat plafon berbentuk miring seperti setengah segitiga yang disesuaikan dengan bentuk atap rumah Anda. Plafon ini juga dilengkapi jendela menghadap ke atas untuk pencahayaan.

Dari berbagai macam bentuk dan inspirasi plafon di atas, Anda dapat menerapkan bentuk yang paling sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Untuk model sederhana seperti plafon rumah polos tentu membutuhkan budget yang lebih sedikit dibandingkan model lainnya.