Jika Anda berniat memiliki rumah dan sudah siap secara keuangan maka Anda sebaiknya segera merealisasikannya. Hal ini karena harga rumah terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatannya pun tidak main-main, harga rumah bisa meningkat hingga 20% per tahun.

Terlebih jika Anda ingin memiliki rumah di perkotaan, karena selain harganya yang terus meningkat, jumlah lahan yang tersedia pun semakin sempit dan terbatas.

Alih-alih bermimpi mempunyai rumah mewah yang luas, mempunyai rumah dengan luas bangunan yang sempit pun rasanya sudah cukup.

Tapi, Apakah rumah sempit tidak bisa tampak mewah? Jangan salah, saat ini sudah banyak berkembang desain rumah mewah modern yang dibangun dilahan sempit. Simak 7 ide desain rumah mewah modern di lahan sempit berikut:

1. Perabot Multifungsi

Contoh sofa multifungsi yang bisa digunakan juga sebagai tempat tidur.
Contoh sofa multifungsi yang bisa digunakan juga sebagai tempat tidur.

Memberikan kesan mewah pada rumah dengan lahan sempit adalah sebuah tantangan. Terlebih pada penataan interior, jika terlalu banyak perabot maka kesan sempit dan tidak nyaman akan semakin terasa. Oleh karena itu, pemilihan perabot adalah sebuah kunci.

Pilih perabot yang dibutuhkan saja. Jika dimungkinkan, pilih perabot yang multifungsi. Contoh perabot multifungsi seperti sofa bed, ottoman storage, wall hidden storage dll. Pilih yang desainnya unik dan menarik sehingga cocok untuk hunianmu.

2. Penerangan Mewah

Pertama, pilih penerangan berlapis. Apa itu penerangan berlapis? Penerangan berlapis adalah penerangan dengan sumber dan tujuan berbeda beda pada satu ruang.

Contoh pada ruang tamu menggunakan lampu utama di bagian atas dan lampu sorot untuk pajangan dinding. Jika telah selesai pada penerangan buatan, jangan lupa memperhatikan penerangan alami. Untuk memberikan kesan luas dan mewah, Anda dapat memperbesar jendela kaca.

3. Pintu Mewah

Pintu rumah adalah bagian penting, pada fasad rumah pintu seringkali menjadi fokus perhatian tamu. Memilih pintu dengan bahan terbaik adalah kuncinya. Anda dapat bereksperimen disini. Contohnya seperti memilih bintu logam dengan aksen kaca dan gagang pintu smart lock.

Contoh lain, Anda dapat memilih pintu dengan bahan kayu jati dengan sedikit saja ukiran atau gagang pintu etnik sehingga Anda bisa mewujudkan pintu rumah mewah modern milik Anda sendiri.

4. Palet Warna Netral

Pilih warna-warna pastel untuk tembok dan juga furnitur di dalam ruangan rumah.
Pilih warna-warna pastel untuk tembok dan juga furnitur di dalam ruangan rumah.

Agar menimbulkan kesan luas pada ruang sempit, Anda dapat memilih palet warna netral. Pilih warna-warna pastel seperti krem, abu-abu terang, dan putih untuk cat tembok rumah maupun warna furnitur

Warna tersebut akan membuat ruangan tampak cerah dan luas. Tidak hanya diimplementasikan pada tembok dan plafon, pilihlah warna serupa untuk perabot Anda.

Anda juga dapat memilih perabot dengan tekstur kayu dengan warna coklat terang untuk menambah kesan alami. Selain itu, tampilkan juga warna emas pada perabot dengan bahan logam seperti pada lampu ruang tamu, pajangan meja atau frame kaca.

5. Dua Lantai

Agar dapat memaksimalkan lahan sempit dengan ruang yang cukup banyak, Anda dapat memikirkan opsi rumah 2 lantai. Melalui rumah 2 lantai, Anda bisa lebih leluasa menambahkan ruang terbuka pada lantai pertama dan ruang yang lebih private lantai 2.

Sebenarnya opsi 2 lantai tidak harus diimplementasikan pada seluruh bagian rumah, dalam desain rumah kita mengenal istilah rumah loft dimana lantai 2 hanya ada pada satu ruang saja. Contoh rumah loft adalah memberikan lantai 2 di atas kamar tidur untuk balkon.

6. Plafon Tinggi

Plafon yang tinggi akan membuat rumah Anda tampak luas dan mewah. Plafon tinggi juga dapat menjadi sarana membuat dekorasi plafon sehingga menambah kesan mewah pada rumah.

Tidak hanya itu, plafon yang tinggi juga dapat dijadikan saran pemasangan pencahayaan yang lebih baik.

7. Tangga Mewah

Ilustrasi tangga mewah modern.
Ilustrasi tangga mewah modern.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan konsep 2 lantai atau rumah loft, maka Anda perlu memilih tangga yang tepat. Memilih tangga yang tepat dan mempercantik rumah Anda. Dalam memilih desain tangga rumah mewah modern yang cocok untuk lahan sempit, Anda perlu memperhatikan material dan bentuk yang cocok.

Untuk material Anda dapat memilih material kaca, kayu, maupun logam, harap hindari material beton. Sedangkan untuk bentuknya, Anda bisa memilih tangga spiral, tangga melayang atau tangga rak.

Demikian tips yang untuk kamu yang ingin mememiliki desain rumah mewah modern di lahan sempit. Lahan yang sempit tidak menghalangi untuk mempunyai hunian mewah impian Anda.

Sekarang banyak sekali referensi rumah mewah minimalis baik di Instagram, Pinterest dan lainnya yang bisa Anda ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dapatkan berbagai tips seputar rumah hanya di Blog LacakHarga.