Untuk mengetahui luas bangunan rumah ternyata sangat mudah, Anda bisa menghitungnya sendiri secara manual. Tentu ada rumus tertentu yang dapat digunakan. Selain dengan manual, cara menghitung luas bangunan rumah yang benar juga bisa melalui software.

Jika Anda berniat untuk menjual rumah, mengetahui luas bangunan dan tanah adalah hal yang penting. Dengan ini, harga yang sesuai pun bisa ditentukan tanpa takut merugi. Ukuran bangunan juga sangat penting ketika ingin membuat desain interior rumah.

Tampaknya sangat sulit menghitung luas bangunan rumah dengan rumus, nyatanya Anda tak harus juara satu dalam pelajaran matematika untuk bisa melakukannya. Ada juga beberapa cara lain yang memudahkan perhitungan.

Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Yuk, mari simak untuk informasi bagaimana caranya menghitung luas dari bangunan rumah Anda dengan mudah.

1. Cara Mudah Menghitung Luas Rumah Menggunakan Rumus Matematika

Menghitung luas bangunan rumah (Source: businessinsider.com)

Agar perhitungan luas rumah menjadi lebih mudah, Anda wajib tahu terlebih dahulu bagaimana denah dari rumahnya. Rumah memiliki berbagai macam bentuk denah mulai dari segitiga, trapesium, persegi panjang dan sebagainya.

Masing-masing bentuk rumah punya rumus cara hitung bangunan yang berbeda. Setelah Anda tahu bentuk denahnya, akan lebih mudah disesuaikan dengan rumusnya. Berikut penjabaran rumus lebih detailnya:

a. Denah Rumah Berbentuk Segitiga

Apabila rumah Anda memiliki layout berbentuk segitiga, maka ada rumus tersendiri untuk menghitungnya. Di bawah ini penjabaran rumusnya:

Rumus:

S = (X+Y+Z) : 2

L = S x (S - Z) x (S - X) x (S - Y)

Perlu Anda ketahui juga tentang simbol yang digunakan pada tersebut, yaitu:

S = merupakan simbol perhitungan dari keliling segitiga.

X = merupakan panjang dari sisi 1

Y = merupakan panjang dari sisi 2

Z = merupakan panjang dari sisi 3

L = merupakan luas segitiga secara keseluruhan

Tetapi, perlu diperhatikan juga apabila luas rumah Anda memiliki bentuk segitiga siku-siku, ada rumus berbeda lainnya yang dapat digunakan, yaitu:

Rumus:

Alas x (T) dibagi 2.

Dengan penjelasan simbol:

T = merupakan tinggi dari segitiga siku-siku.

Apabila bentuk layout rumah Anda memiliki bentuk segitiga sama sisi, tentunya kedua rumus di atas tidak berlaku karena bentuk ini memiliki rumus khusus yang berbeda pula. Jangan sampai tertukar ya!

b. Denah Rumah Berbentuk Persegi Panjang

Berbeda dengan segitiga, layout rumah yang memiliki bentuk persegi panjang justru memiliki rumus perhitungan luas bangunan rumah yang lebih sederhana dan mudah. Anda dapat menghitung dengan manual tanpa kesulitan. Berikut penjabaran rumusnya di bawah ini:

Rumus:

Luas = P x L

Perlu Anda ketahui juga tentang simbol yang digunakan pada tersebut, yaitu:

L = lebar bangunan rumah.

P = panjang bangunan rumah.

Luas = luas rumah secara keseluruhan.

Berikut diberikan contoh cara hitung bentuk rumah ini:

Misalkan Ibu Ani memiliki rumah dengan ukuran panjang 10 meter sedangkan lebarnya yaitu 6 meter. Untuk menghitungnya adalah dengan rumus kali P x L Jadi 10 dikalikan dengan 6 yaitu 10 x 6 = 60 Meter persegi. Maka dapat disimpulkan bangunan rumah Ibu Ani seluas 60 meter persegi.

c. Denah Rumah Berbentuk Trapesium

Tak hanya berbentuk persegi panjang dan segitiga, terkadang denah rumahnya memiliki bentuk yang tidak teratur. Salah satunya yaitu denah berbentuk trapesium. Namun, Anda tetap bisa menghitung luas bangunan rumah dengan mudah menggunakan rumus yang disesuaikan.

Awalnya memang terlihat rumit, tapi nyatanya tak serumit itu ketika dijalankan. Berikut akan dibagikan detail rumus bangunan berbentuk trapesium.

Rumus:

½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi. 

Dengan penjabaran misalkan suatu rumah punya besaran dua sisi panjang bagian yang sama, tetapi 2 sisi rumah lainnya lagi punya ukuran panjang yang berbeda. 

2. Cara Mudah Menghitung Besaran Bangunan Menggunakan Excel

Menghitung ukuran rumah dengan Excel (Source: pexels.com)

Rumus matematika sangat mudah dan membantu proses penghitungan luas bangunan rumah, namun ada pilihan lain yaitu menggunakan Microsoft Excel. Di sini Anda akan diberikan rumus khusu untuk Excel, jangan khawatir karena rumusnya juga sangat mudah.

Salah satu rumus Microsoft Excel yang sering dipakai untuk mengetahui luas akar. Berikut penjabaran lebih detailnya:

Rumus:

SQRT (angka)

Apabila Anda ingin mendapatkan jumlah keseluruhan, berikut rumusnya:

Rumus:

SUM (rentang data). 

Untuk mendapatkan hasil perhitungan yang valid dan benar, ada baiknya untuk mempelajari semua rumus khusus yang tersedia di Excel.

3. Cara Mudah Menghitung Besaran Bangunan Menggunakan AutoCAD

Menghitung luas dengan AutoCAD (Source: pinterest.com)

Selain penggunaan Excel dan rumus matematika, tersedia juga opsi software AutoCAD untuk memudahkan cara hitung luas bangunan rumah. Jika belum paham, AutoCAD merupakan sebuah aplikasi untuk desain dengan format 2D dan 3D.

Anda akan menemui berbagai aplikasi AutoCAD yang akan membantu. Salah satu yang paling terkenal yaitu software DraftSight. Software ini memiliki lisensi serial gratis, tak heran orang banyak yang menggunakannya.

Untuk menggunakan ini, Anda bisa mengikuti 4 langkah mudah berikut ini:

  • Buatlah atau gambarlah denah rumah menggunakan garis polyline sehingga semua garis menyatu.
  • Ubahlah garis lurus menjadi garis putus-putus dengan cara klik garis tersebut sehingga semua terblok.
  • Kemudian ketiklah kata ¨li¨ pada bagian command dan klik enter. Nantinya, akan muncul laman baru yang memberikan informasi luas dari tanah atau rumah yang digambar.
  • Kekurangannya adalah untuk mendapatkan perhitungan yang akurat, Anda harus memiliki skill gambar yang baik. Jika gambar salah dan kurang sesuai, maka perhitungan pun akan salah.

Untuk menghitung suatu luas bangunan rumah tidaklah sulit. Dengan berbagai pilihan mulai dari rumus matematika, AutoCAD hingga Microsoft Excel sangatlah membantu untuk digunakan. Jadi, tidak usah pusing memikirkan cara menghitung luas lagi karena memang sangat mudah sekali.