Salah satu perawatan penting yang perlu Anda lakukan adalah mengganti oli secara berkala. Pastikan menyesuaikan dengan usia motor untuk memaksimalkan kinerjanya. Jika masih bingung, simak rekomendasi oli untuk motor di atas 5 tahun.

Dalam pemilihan oli terutama untuk motor yang sudah cukup tua sangat diperlukan ketelitian agar tidak sampai mengakibatkan efek buruk. Pastikan untuk menyesuaikan jenis mesin baik matic ataupun koplingan.

6 Rekomendasi Oli untuk Motor di Atas 5 Tahun

Jenis oli motor semakin banyak karena menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang beragam. Bagi pemilik motor di atas 5 tahun, bisa mencoba beberapa jenis oli yang akan dijelaskan pada poin berikut:

1. Yamalube

Yamalube
Yamalube (Source : yamaha-motor.co.id)

Anda pengguna motor Yamaha Lawas? Yamalube mungkin bisa dijadikan solusi terbaiknya. Tidak perlu khawatir, produk ini dibuat dengan beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Oli pabrikan Garpu Tala ini juga sudah tersedia khusus untuk motor matic keluaran lama. Mengenai harganya dibedakan berdasarkan tipenya. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Misalnya saja untuk jenis Yamalube RS4GP dibanderol mulai Rp 172.000, sedangkan untuk mesin motor 2-tak bisa mendapatkan harga di kisaran Rp 39.000.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Untuk Motor Matic Kesayangan Anda

2. AHM Oil

AHM Oil
AHM Oil (Source : astra-honda.com)

Banyak brand motor yang sudah mengeluarkan oli khusus motornya sendiri termasuk AHM Oil yang didesain khusus untuk produk Honda. Produknya sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu SPX dan MPX.

Masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri sehingga saat memilih perlu mempertimbangkan poin-poin pentingnya. Sekedar informasi, AHM Oil SPX memiliki karakteristik material fully synthetic, sedangkan MPX menerapkan oli mineral.

Bagi pemilik motor dengan usia lima tahunan atau yang lebih tua, bisa memilih jenis AHM Oil MPX yang memiliki 3 varian. Produk ini memang didesain khusus untuk motor Honda keluaran lama yang membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan tinggi.

Jika berbicara mengenai harga, AHM Oil MPX tidak terlalu mahal yaitu berada di kisaran Rp 40.000-an saja.

3. Evalube 4T Runner

Evalube 4T Runner
Evalube 4T Runner (Source : automotive.evalube.com)

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Evalube 4T Runner adalah menggunakan bahan dasar mineral berkualitas. Selain itu juga mengandung viscosity improver tinggi sehingga membuat mesin bekerja lebih stabil.

Dengan bahan berkualitas, membuat Evalube 4T Runner disebut-sebut dapat digunakan untuk menempuh jarak jauh di atas 2.000 km.

Berdasarkan serangkaian pengujian yang dilakukan, oli mesin ini telah memenuhi standar JASO MA2 API SF. Oleh karenanya bisa dimanfaatkan untuk mesin berkapasitas 4-tak. Tingkat kekentalannya mencapai 20W-40W diklaim cocok untuk motor 100 cc sampai 250 cc.

4. Federal Oil

Federal Oil
Federal Oil (Source : federaloil.co.id)

Tentu Anda sudah tidak asing dengan produk satu ini karena memang sudah dikenal oleh para pengguna kendaraan bermotor. Menariknya, Federal Oil dikeluarkan dengan berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Jenis oli yang cocok untuk motor tua berjenis Federal Oil Supreme XX30. Hal ini karena tingkat kekentalannya cukup tinggi serta telah dilengkapi dengan teknologi baru yang diklaim sesuai dengan karakteristik mesin motor berusia 5 tahun.

Bahan-bahan penyusun Federal Oil didesain untuk mengoptimalkan kinerja mesin dan memaksimalkan performa motor sehingga lebih optimal.

5. Castrol GO 4T 20 W-40

Castrol GO 4T 20 W-40
Castrol GO 4T 20 W-40 (Source : castrol.com)

Daya tarik dari produk ini adalah memiliki formula perlindungan endapan yang akan meminimalisir penumpukan endapan. Dengan begitu, saat mesin dihidupkan menjadi lebih responsif, cepat, dan handal.

Castrol GO 4T 20W-40 cocok untuk jenis motor 4 tak serta memiliki teknologi Trizone Technology yang dinilai dapat melindungi mesin dari keausan.

Berkat teknologi tersebut juga bisa menjaga agar suhu mesin tetap stabil sehingga tidak mudah mengalami kerusakan fatal.

Meski ada berbagai keunggulan yang ditawarkan, namun Oli Castrol Go dibanderol dengan harga Rp 27.000 sampai Rp 38.000 dengan kapasitas 1 liter.

6. Federal Ultra Tec 20W-50

Castrol GO 4T 20 W-40
Castrol GO 4T 20 W-40 (Source : castrol.com)

Jenis motor yang bisa menggunakan Federal Ultra Tec 20W-50 yaitu motor bebek dan sport. Disebutkan jika produk tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi gesekan mesin yang membuat suhunya menjadi stabil serta tidak sampai terlalu panas meski digunakan dalam perjalanan jauh.

Harga yang ditawarkan untuk kapasitas oli 800 ml dibanderol Ro 27.000. Sedangkan untuk kapasitas 1 liter juga tidak mahal yaitu Rp 31.000-an. Anda bisa mendapatkannya di penyedia terpercaya baik secara online ataupun offline.

Saat akan memutuskan memilih Federal Ultra Tec 20W-50, silahkan memeriksa kesesuaiannya dengan mesin motor Anda. Mengapa harus demikian? Alasan utamanya adalah agar sesuai dengan kebutuhan mesin yang disematkan pada setiap tipenya. Sebab masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri.

Rekomendasi oli untuk motor di atas 5 tahun yang telah dijelaskan bisa Anda jadikan sebagai referensi apabila ingin membuat mesin tetap dalam kondisi optimal. Lebih aman lagi jika sebelum melakukan pembelian berkonsultasi kepada ahli dalam bidangnya supaya mendapatkan saran terbaiknya. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik