Menggunakan oli motor matic terbaik sangat dibutuhkan agar kondisi mesin motor Anda selalu dalam keadaan baik dan performanya selalu terjaga. Sebab, oli tersebut berfungsi sebagai pelumas piston agar bisa bergerak bebas di dalam ruang mesin saat bekerja untuk melakukan proses pembakaran.

Tanpa adanya oli sebagai pelumas atau oli yang digunakan kurang berkualitas, piston bisa bergesekan langsung dengan dinding mesin. Akibatnya, piston jadi terkancing dan dinding ruang mesin bisa mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan oli motor matic terbaik untuk motor matic kesayangan Anda. Jika Anda belum mengetahui apa sajakah jenis-jenis oli tersebut, ulasan di bawah ini akan menyebutkannya untuk Anda.

Detail Ulasan 10 Oli Motor Matic Terbaik

1. Top 1 Action Matic

Top 1 Action Matic
Top 1 Action Matic (Source : jagatotomotif.com)

Oli mesin motor matic pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah Top 1 Action Matic. Karena kadar sintetiknya tinggi, tidak heran jika performa motor yang menggunakan oli mesin ini lebih terjaga dan suara mesin tidak kasar.

Kandungan zat aditif bernama smooth riding additive yang ditambahkan pada oli mesin ini sangat efektif dalam meningkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, motor yang menggunakan oli yang satu ini memiliki akselerasi yang maksimal.  

Harga jual Top 1 Action Matic di pasaran saat ini berkisar Rp.35.000 – Rp.52.000, dengan kandungan produknya berkisar 800 ML sampai 1 liter. Viskositas adalah SAE 10W-30, 10W-40 dan 20W-40. Oleh karena itu, Anda mesti memilih jenis oli dengan viskositas yang sesuai dengan tipe motor Anda.

2. Federal Matic 30

Federal Matic 30
Federal Matic 30 (Source : lazada.co.id)

Oli motor matic lainnya yang juga dijual dengan harga murah adalah Federal Matic 30, yaitu berkisar Rp.35.000. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan oli yang satu ini disebabkan banyaknya pengguna yang sudah membuktikan kualitasnya.

Bahan baku active coly yang terdapat di dalamnya sangat efektif melindungi gesekan antar komponen mesin. Oli mesin ini menggunakan standar JASO MP yang menandakan kemampuannya dalam melumasi lebih maksimal. Jumlah dalam kemasannya sebanyak 800 ml dengan viskositas 10W-30.

3.  Suzuki Genuine Oil SGO

Suzuki Genuine Oil SGO
Suzuki Genuine Oil SGO (Source : blibli.com)

Sesuai namanya, asalnya oli motor yang satu ini memang dibuat untuk motor merek Suzuki. Harga jualnya di pasaran saat ini masih tergolong murah, yaitu berkisar Rp.45.000 untuk 0,8 liter. Viskositas adalah 10W-40 API SL.

Oli motor matic yang satu ini juga sudah sesuai dengan standar JASO MB. Artinya, kemampuan oli mesin ini dalam melumasi sangat maksimal. Tidak heran jika motor yang menggunakannya memiliki performa yang lebih bagus dan suaranya lebih halus.

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam Suzuki Genuine Oil SGO tidak hanya meningkatkan performa mesin, tetapi juga terbukti efektif dalam mencegah korosi dan oksidasi mesin. Oleh karena itu, oli mesin yang satu ini merupakan pilihan terbaik untuk pelumas mesin motor kesayangan Anda.

4. Shell Advance AX7 Matic

Shell Advance AX7 Matic
Shell Advance AX7 Matic (Source : shell.co.id)

Oli motor yang satu ini berasal dari Belanda. Soal kualitas tidak diragukan lagi, karena bahan utamanya adalah semi sintetik. Maka jangan heran jika motor yang menggunakan Shell Advance AX7 Matic sebagai pelumas memiliki akselerasi yang lebih sempurna dan suara mesin motor lebih halus.

Shell Advance AX7 Matic mendapatkan sertifikasi dari API (America Petroleum Institute) yang menandakan kalau kualitas dari oli mesin ini sudah terakui dan kualitas aditifnya lebih baik. Oleh karena itu, jangan heran jika harga oli mesin ini lumayan mahal, yaitu berkisar Rp.55.000 untuk 0,8 liter hingga 1 liter.

5. Castrol Active Matic

Castrol Active Matic
Castrol Active Matic (Source : tokopedia.com)

Rekomendasi oli motor matic terbaik berikutnya adalah Castrol Active Matic. Kualitasnya tidak diragukan lagi karena berhasil lolos standarisasi API SN. Oleh karena itu, jangan heran jika harga jualnya lumayan mahal, yaitu berkisar Rp.50.000. Produknya dalam kemasan sebanyak 1 liter dengan Viskositas SAE 10W-30 dan 20W-40.

Berkat bahan bakunya berupa semi sintetik yang lumayan kental, menjadikan performa mesinnya lebih maksimal dan suara mesin yang terdengar lebih halus. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika oli mesin yang satu ini sangat dianjurkan untuk digunakan pada motor matic kesayangan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Oli untuk Motor di Atas 5 Tahun

6. AHM SPX2

AHM SPX2
AHM SPX2 (Source : wahanahonda.com)

Bagi para pengguna motor Honda, oli mesin yang bernama AHM SPX2 ini sudah tidak asing lagi. Rata-rata mereka menggunakan oli mesin ini. Bahkan, banyak dealer resmi Honda yang menggunakan dan merekomendasikan AHM SPX2. Terlebih lagi harga jualnya sangat terjangkau, yaitu berkisar Rp 44.000.

Setiap kemasan produknya berisi 800 ml dan berhasil mengantongi standarisasi JASO MP dan API SL. Sedangkan tingkat viskositas adalah 10W-30. Tidak heran jika oli mesin motor matic ini terbukti sangat maksimal dalam fungsinya sebagai pelumas.

Baca Juga: 7 Daftar Pelumas Rantai Motor Terbaik

7. Motul Scooter LE 10W 30

Motul Scooter LE 10W 30
Motul Scooter LE 10W 30 (Source : blibli.com)

Jika Anda ingin menggunakan oli matic terbaik yang sangat populer di kalangan pembalap, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, maka oli mesin yang bernama Motul Scooter LE 10W-30 ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

Berdasarkan keterangan di atas, kualitas oli mesin yang satu ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran jika harga jualnya lebih mahal dibandingkan oli mesin motor matic lainnya yang telah disebutkan di atas. Bayangkan saja, harga jualnya berkisar Rp.90.000 hingga Rp.100.000 untuk 0,8 liter.

8. Repsol Moto 4T 10W 30 Matic

Repsol-Moto-4T-10W-30-Matic
Repsol Moto 4T 10W 30 Matic

Oli motor matic terbaik lainnya yang juga direkomendasikan bagi Anda adalah Repsol Moto 4T 10W 30 Matic. Oli mesin ini bisa digunakan pada motor Honda, Yamaha, serta Suzuki. Kualitas yang dimilikinya menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk motor matic kesayangan Anda.

Harga jualnya lumayan murah, karena diberandol dengan kisaran harga Rp.35.000 hingga Rp.40.000 saja. Padahal, oli tersebut sudah lolos standarisasi API SJ dan JASO MB. Tingkat viskositas 10W-30, sehingga kinerjanya semakin bagus dalam melumasi mesin.

9. BM1 PC 1500 Matic

BM1 PC 1500 Matic
BM1 PC 1500 Matic (Source : shopee.co.id)

Rekomendasi oli matic lainnya adalah BM1 PC 1500 Matic. Oli mesin ini sudah lolos standarisasi JASO MB dan memiliki viskositas 10W-30. Tidak heran jika kemampuannya dalam melumasi mesin semakin maksimal. Maka dari itu, jangan heran jika performa mesin semakin maksimal dan suara mesin motor yang terdengar lebih halus.

Harga jual oli mesin ini tergolong mahal, yaitu berkisar Rp.95.000. Meskipun mahal, kualitas yang dimilikinya tentu saja sebanding dengan harga jualnya. Oleh karena itu, BM1 PC 1500 Matic bisa menjadi salah satu oli motor matic terbaik untuk motor matic kesayangan Anda.

Baca Juga: 50 Rekomendasi Minyak Rem Motor Terbaik

10. X-TEN

X-TEN
X-TEN (Source : planetban.com)

Oli motor matic paling terakhir yang kami rekomendasikan di sini adalah X-TEN. Kualitas oli mesin ini sangat bagus berkat bahan baku Ester yang terdapat di dalamnya. Sebab, bahan baku tersebut tidak hanya bersifat sebagai pelumas, tetapi juga sebagai pelindung. Oleh karena itu, oli mesin ini bisa lebih lama digunakan.

Saking bagusnya kualitas oli mesin yang satu ini, menjadikannya tetap layak digunakan dalam waktu 2-3 bulan atau menempuh jarak sekitar 5.000KM. Meskipun sudah menempuh jarak tersebut, kondisi olinya masih kental dan tidak berbau.

Karena kualitasnya yang tinggi, tidak heran jika harga jualnya termasuk yang paling mahal dari daftar yang kami sebutkan di sini, yaitu berkisar Rp.125.000. Oleh karena itu, tidak salah jika Anda menjadikannya sebagai pelumas motor matic kesayangan Anda.

Sebagai pengguna motor, tentu Anda memahami besarnya fungsi oli mesin motor dalam menjaga performa mesin dan menjaga kondisi mesin agar tetap awet. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan salah satu dari oli motor matic terbaik yang kami rekomendasikan di atas.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Oli Untuk Vario 150