Suara mesin motor yang terdengar kasar saat di gas tentu kurang nyaman didengar. Hal itu menandakan kalau ada sesuatu yang salah pada motor Anda. Jika tidak segera diatasi, dikhawatirkan kerusakan yang terjadi justru semakin parah.

Motor merupakan kendaraan yang fungsinya sangat penting, karena dijadikan sebagai kendaraan pribadi dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sang pemilik seharusnya merawat kendaraan tersebut dengan baik, agar lebih awet dan tahan lama digunakan.

Jika tidak dirawat dengan baik, satu per satu masalah akan bermunculan. Salah satu contohnya adalah suara mesin motor kasar saat di gas. Lantas apa sajakah penyebabnya? Yuk dapatkan jawabannya di bawah ini.

6 Penyebab Suara Mesin Motor Kasar Saat di Gas

Secara umum ada 6 penyebab utama mengapa suara motor terdengar kasar dan berisik saat di gas atau dikendarai. Masing-masing dari penyebab tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1. Oli Mesin Berkurang   

Oli Mesin Berkurang
Oli Mesin Berkurang Bisa Menyebabkan Suara Mesin Motor Kasar (Source : bikersrights.com)

Jika suara mesin motor Anda terdengar kasar dan berbunyi “klotok klotok” atau seperti ketukan, maka besar kemungkinan masalahnya terletak pada volume oli mesin motor yang berkurang.

Sebagaimana yang diketahui bersama, keberadaan oli mesin sangat penting karena berfungsi sebagai cairan yang melapisi setiap komponen dalam mesin motor. Tujuannya adalah untuk mencegah pergesekan langsung antar komponen.

Keberadaan oli mesin juga sangat membantu dalam menjaga kestabilan kondisi suhu udara di dalam mesin. Jika volumenya berkurang, maka akan memicu gesekan cukup keras saat mesin dihidupkan.

Oleh karena itu, jika suara mesin motor Anda terdengar kasar, maka yang paling pertama kali harus dicek adalah volume oli mesinnya. Jika memang masalahnya di situ, tinggal tambahkan saja oli mesinnya.

2. Timing Chain Tidak Presisi atau Kendor

Timing Chain Tidak Presisi
Timing Chain Tidak Presisi Bisa Menyebabkan Suara Motor Berisik

Penyebab lain yang mengakibatkan suara mesin motor terdengar keras dan berisik tidak lain karena timing chain tidak presisi atau kendor. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penghubung antara poros nok dan poros engkol.

Akan terdengar bunyi kasar seperti klotok klotok atau tek-tek yang kurang nyaman didengar jika timing chain kurang presisi atau kendor.

Oleh karena itu, coba cek bagian ini jika suara mesin motor terdengar kasar. Jika memang ternyata penyebabnya di situ, cobalah menyetel timing chain agar kembali presisi. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel yang terpercaya.

Baca Juga: 8 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat di Gas

3. Kompresi Bocor

Kompresi Bocor Menyebabkan Suara Berisik
Kompresi Bocor Menyebabkan Suara Berisik dan keluar Asap Putih dari Knalpot (Source : moladin.com)

Suara mesin motor yang terdengar kasar bisa juga disebabkan oleh kebocoran di bagian kompresi motor. Selain mengakibatkan tenaga motor hilang karena pembakarannya kurang sempurna, bunyi mesin motor juga bisa terdengar kasar dan berisik.

Hanya saja, bunyi yang terdengar tidak seperti bunyi gesekan atau bunyi ketukan logam. Sebab, bunyi tersebut disebabkan oleh bunyi pembakaran namun lebih kasar dan seringkali disertai keluarnya asap putih dari knalpot.

Jika kondisi motor Anda seperti ini, sebaiknya segera bawa ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya. Pasalnya, gangguan di atas bukan hanya mengakibatkan suara kasar dan berisik, tetapi juga bisa menyebabkan komponen lainnya rusak.

4. Baut Kendor

Baut Motor Kendor Harus Dikencangkan Kembali
Baut Motor Kendor Harus Dikencangkan Kembali (Source : moladin.com)

Seringkali bunyi ribut yang terdengar ketika Anda mengendarai motor disebabkan oleh baut mesin yang kendor atau terlepas. Selain di bagian mesin, baut yang kendor atau lepas juga sering terjadi di bagian cover body dan braket.

Jika masalah bunyi kasar dan ribut tersebut karena baut yang lepas, tinggal kencangkan kembali menggunakan kunci. Jika tidak terbiasa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya.

5. Piston Bermasalah

Ilustrasi Motor Mogok Karena Piston Bermasalah
Ilustrasi Motor Mogok Karena Piston Bermasalah (Source : explore.rumbleon.com)

Ketika motor Anda mengeluarkan suara kasar dan ribut saat motor dihidupkan, besar kemungkinan komponen piston di dalam mesin motor mengalami masalah. Hal ini bisa saja dipicu oleh kondisi motor yang kurang terawat, utamanya di bagian mesin.

Saat pertama kali Anda mendengar suara mesin motor kasar ketika di gas, coba periksa 4 poin yang disebutkan di atas sebelumnya. Jika semua normal dan masalah belum selesai, berarti kemungkinan masalahnya pada komponen piston.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda tidak gegabah melakukannya sendiri. Bawalah motor Anda ke bengkel yang terpercaya agar bisa ditangani oleh ahlinya.

6 Usia Motor

Usia Motor yang Sudah Tua Menyebabkan Berkurangnya Performa Motor
Usia Motor yang Sudah Tua Menyebabkan Berkurangnya Performa Motor

Usia motor juga merupakan salah satu faktor utama yang menjadikan performa motor berkurang, termasuk mengeluarkan suara kasar dan berisik. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya komponen motor yang sudah mulai aus dan harus diganti.

Baca juga: Mengenal apa itu klep motor beserta fungsinya

Pemilik motor tentu tidak bisa mencegah usia pakai motornya. Tapi jika bisa melakukan perawatan sesuai standar pabrikan, tentu komponen motor bisa lebih awet dan gangguan suara kasar atau berisik tidak akan muncul.

Selain itu, melakukan service rutin juga sangat efektif dalam menjaga kondisi mesin motor dan komponen lainnya tetap baik. Karena jika ada yang sudah mulai aus atau rusak, bisa segera diganti dengan yang baru sebelum menimbulkan masalah.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui kalau suara mesin motor kasar saat di gas bisa dipicu oleh banyak faktor. Agar bisa melakukan penanganan yang tepat, Anda harus mengetahui apa saja pemicu dan cara mengatasinya.

Bagaimanapun, menyerahkan kepada ahlinya untuk melakukan perbaikan gangguan pada motor Anda merupakan langkah yang bijak. Dengan begitu, penanganan bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran.