Banyak orang lebih senang membeli Toyota Avanza bukan semata-mata karena harga jualnya yang murah, tetapi juga karena konsumsi BBM Avanza tergolong irit. Apakah memang demikian? Ulasan kali ini akan menjawabnya.

Perlu diketahui bahwa saat ini Avanza hadir dalam dua kategori mesin, yaitu berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Tentunya masing-masing dari mesin tersebut mengonsumsi BBM dalam jumlah yang berbeda-beda.

Perbedaan konsumsi BBM Avanza juga turut dipengaruhi oleh jenis transmisi yang digunakannya. Konsumsi BBM untuk mobil seperti Toyota Avanza yang menggunakan transmisi manual tentu berbeda dengan yang menggunakan transmisi matic.

Konsumsi BBM Avanza 1.300 CC

Avanza 1.300 CC
Avanza 1.300 CC (Source : auto2000.co.id)

Hasil pengujian yang dilakukan sebagian pengguna untuk mengetahui berapa banyak konsumsi BBM Avanza tipe 1.3 liter G manual, menunjukkan kalau mobil ini memang irit. Pasalnya, konsumsi BBM ketika ini hanya mencapai 14,6 km/liter. Uji coba ini dilakukan di jalur perkotaan.

Tapi ketika mobil Avanza dikendarai melewati jalur bebas hambatan, konsumsi BBM Avanza jauh lebih irit lagi, yaitu mencapai 18,4 km/liter. Saat proses pengujian, kecepatan mobil konstan 80 kpj, dengan jarak sejauh 100 kilometer.

Hasil pengujian sedikit berbeda ketika dilakukan menggunakan mobil Avanza tipe 1.3 liter transmisi matic. Ketika mobil tersebut dikendarai di jalan perkotaan, terlihat kalau hasil konsumsi BBM sebanyak 12,4 km/liter.

Demikian pula ketika mobil tersebut dikendarai di jalur bebas hambatan, hasil pengujian menunjukkan kalau konsumsi BBM mencapai 14,8 km/liter. Masih tergolong irit bukan?

Hasil pengujian di atas menggunakan bahan bakar RON 92 atau Pertamax. Bisa saja hasil yang didapatkan berbeda jika pengujian dilakukan menggunakan bahan bakar yang lainnya.

Hasil Konsumsi BBM Avanza 1.500 CC

Avanza 1.500 CC
Avanza 1.500 CC (Source : olx.co.id)

Setelah mengetahui hasil pengujian Avanza tipe 1.3 liter, pengujian berikutnya berkaitan dengan berapa besar konsumsi BBM Avanza 1.5 liter?

Pengujian pernah dilakukan sejumlah pengguna Toyota Avanza yang berada dalam naungan komunitas Avanza Xenia Solution (AXS). Waktu itu pengujian dilakukan di dua jalur berbeda, yaitu perkotaan dan bebas hambatan.

Hasil pengujian terhadap Avanza 1.5 liter tipe G manual pada waktu itu menunjukkan kalau konsumsi bahan bakar mobil tersebut mencapai 11,6 km/liter. Ini untuk pengujian di jalur perkotaan Jakarta yang cukup padat. Sedangkan pengujian yang dilakukan di jalur bebas hambatan dengan kecepatan konstan di 100 kpj, menunjukkan kalau konsumsi BBM mencapai 15,6 km/liter.

Sedangkan hasil pengujian yang dilakukan menggunakan mobil transmisi matic tipe mesin 1.5 liter yaitu Toyota Avanza Veloz, diketahui bahwa konsumsi bahan bakar yang untuk jalur perkotaan mencapai 10,5 km/liter. Di sisi lain, hasil pengujian yang dilakukan di jalan bebas hambatan menunjukkan konsumsi BBM mobil tersebut mencapai 14,8 km/liter.

Berdasarkan hasil pengujian di atas, terbukti kalau Toyota Avanza memang irit BBM, baik yang bertipe mesin 1.5 liter atau 1.3 liter. Tapi tentu saja yang menggunakan tipe mesin 1.3 liter jelas lebih hemat dibandingkan yang menggunakan tipe mesin 1.5 liter. 

Konsumsi BBM yang irit menjadi salah satu sebab mengapa Toyota Avanza sangat digemari masyarakat Indonesia. Sampai-sampai mobil tersebut mendapatkan julukan ‘mobil sejuta ummat’. Tentunya, di samping harga jualnya yang memang lebih murah dibandingkan merk lain untuk mobil yang sekelas.

Terlebih lagi untuk Avanza keluaran terbaru saat ini, di mana fitur-fitur yang disematkan padanya semakin canggih dan moderen. Belum lagi biaya perawatan yang lebih terjangkau dan suku cadang yang mudah ditemukan di mana-mana.

Bagaimana Cara Menguji Konsumsi BBM Avanza?

Cara Menguji Konsumsi BBM Avanza
Cara Menguji Konsumsi BBM Avanza

Jika ingin mengetahui irit tidaknya konsumsi BBM mobil Avanza Anda, sebaiknya Anda melakukan pengujian sendiri. Caranya sangat mudah dan harus dilakukan secara manual. Sebab, mobil ini tidak dibekali dengan multi information display (MID) yang menggunakan indikator konsumsi BBM rata-rata.

Sebelum memulai pengujian, isilah tangki BBM sampai penuh terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencatat jarak tempuh terakhir yang tertera di odometer mobil. Setelah itu, mulailah berkendara seperti biasa.

Agar jumlah konsumsi BBM Avanza bisa diketahui secara pasti, lakukan pengujian secara normal. Jangan menggunakan bahan bakar yang berbeda atau mematikan AC selama melakukan pengujian. Dengan begitu, hasil pengujian lebih nyata dan akurat.

Setelah Anda menempuh jarak lebih dari 100 KM, segera kembali ke pom bensin. Isi ulang tangki BBM Avanza Anda sampai penuh. Nah, cek berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengisi sampai penuh. Selanjutnya, bagi jumlah bahan bakar tersebut dengan jarak tempuhnya.

Tips Menghemat Konsumsi BBM Mobil Avanza

Tips Menghemat Konsumsi BBM Mobil Avanza
Tips Menghemat Konsumsi BBM Mobil Avanza (Source : otodriver.com)

Meskipun sudah terbukti berdasarkan hasil pengujian di atas kalau konsumsi bahan bakar mobil Avanza memang irit, sebaiknya Anda tetap menerapkan tips menghemat bahan bakar. Dengan begitu, konsumsi BBM Avanza Anda jauh lebih hemat lagi.

Cara paling pertama yang perlu diperhatikan adalah mengendarai mobil dengan cara yang wajar. Arti wajar di sini adalah Anda tidak sering menginjak pedal dalam-dalam atau melakukan pengereman mendadak.

Jika Anda mengendarai Toyota Avanza dengan transmisi manual, upayakan proses perpindahan gigi dilakukan dengan cepat dan tepat. Dalam hal ini, lakukan penggantian gigi sebelum mesin menggerung secara kasar. Setelah itu, lakukan perpindahan secepat mungkin.

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga memengaruhi hemat tidaknya konsumsi bahan bakar Toyota Avanza. Sangat dianjurkan untuk menggunakan minimal RON 92 karena cocok dengan mesin Toyota Avanza. Ketika menggunakan bahan bakar RON 92, proses pembakaran lebih optimal. Otomatis konsumsi bahan bakar juga semakin irit..

Demikianlah ulasan seputar konsumsi BBM Avanza dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan itu. Berdasarkan hasil pengujuan yang disebutkan di atas, terbukti kalau Toyota Avanza memang hemat bahan bakar.

Baca Juga: Berapakah Konsumsi BBM Daihatsu Sigra dan Toyota Calya?