Rumah tipe 36 berlantai dua memang sering menjadi pilihan masyarakat disebabkan harganya yang terjangkau. Bagaimanapun, memiliki rumah sendiri meskipun minimalis dan sederhana jauh lebih baik dibandingkan mengontrak atau menyewa rumah.

Meskipun rumah tersebut bertipe 36, Anda tetap bisa memaksimalkan berbagai ornamen di dalamnya untuk meningkatkan kenyamanan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tangga minimalis.

Pastikan Anda juga menggunakan tangga yang ramping pada rumah tipe 36. Tujuannya, agar keberadaan tangga tersebut tidak terlalu memakan banyak tempat, sehingga menyebabkan ruangan justru terasa semakin sempit.

Selain bentuk yang ramping, tentu saja desain tangga minimalis rumah tipe 36 harus dibuat semenarik mungkin. Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan salah satu ide inspirasi tangga minimalis untuk rumah tipe 36 yang akan disebutkan di bawah ini.

Inilah 11 Ide Inspirasi Tangga Minimalis Rumah Tipe 36

Di bawah ini akan kami ulas beberapa ide dan inspirasi desain tangga minimalis rumah dengan tipe 36 yang bisa Anda aplikasikan pada rumah kesayangan Anda.

1. Tangga Rumah Kayu

Tangga Rumah Kayu
Tangga Rumah Kayu (Source : helloshabby.com)

Salah satu ide tangga minimalis rumah tipe 36 yang bisa menjadi pilihan Anda saat ini adalah tangga yang terbuat dari kayu. Selain harga bahan bakunya yang lebih murah, kayu juga termasuk material yang ramah lingkungan.

Banyak jenis kayu yang bisa menjadi pilihan untuk tangga rumah Anda, di antaranya adalah kayu jati, meranti, kamper, merbau, dan yang lainnya.

Desain tangga minimalis rumah tipe 36 tinggal disesuaikan dengan desain rumah tipe 36 Anda. Pada gambar di atas, desain tangga dibuat melayang, diposisikan di sebelah kanan, dan dibuat berbelok karena kondisi ruangan bawah yang sempit.

2. Tangga Putar yang Unik

Tangga Putar yang Unik
Tangga Putar yang Unik (Source : homeshabby.com)

Inspirasi tangga minimalis lainnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah tangga putar yang didesain dengan unik. Untuk materialnya, Anda bisa menggunakan bahan besi pada pondasi dan railing tangga, sedangkan anak tangga bisa menggunakan material kayu.

Pada gambar di atas, desain tangga dibuat melayang dan berputar, sedangkan posisinya agak ke tengah ruangan. Penggunaan tangga putar memang merupakan salah satu solusi terbaik untuk diaplikasikan di rumah dengan ukuran minimalis.

3. Tangga Warna-warni yang Eye Catching

Tangga Warna-warni yang Eye Catching
Tangga Warna-warni yang Eye Catching (Source : popmama.com)

Bukan hanya dinding rumah yang didesain dan diberikan warna menarik. Tangga minimalis juga bisa didesain agar tampil menarik. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan anak tangga yang memiliki warna-warni seperti pelangi. Untuk railing, disarankan tetap menggunakan warna netral.

Pada gambar di atas, tangga tersebut dibuat lurus ke atas dan diletakkan di bagian sudut rumah, dalam keadaan menempel di dinding rumah.

4. Tangga dengan Hiasan Pada Sisinya

Tangga dengan Hiasan Pada Sisinya
Tangga dengan Hiasan Pada Sisinya (Source : desainrumahpedia.com)

Desain tangga minimalis lainnya yang juga bisa menjadi pilihan Anda adalah tangga berbahan kayu. Semua materialnya terbuat dari tangga, termasuk railing dan anak tangga. Agar terlihat indah, Anda bisa menempatkan hiasan di samping tangga atau di bagian railing tangga.

Pada gambar di atas, tangga tersebut dibuat lurus ke atas dan diletakkan di bagian sudut rumah. Posisi tangga tersebut menempel di dinding pada sisi kiri rumah.

Hiasan yang disematkan padanya berupa bunga yang dimasukkan ke dalam vas dan diletakkan pada dua tempat. Satu tempat diletakkan di lantai bawah depan tangga, sedangkan yang lainnya di bagian bordes.

5. Tangga dengan Tampilan Bohemian yang Timeless

Tangga dengan Tampilan Bohemian yang Timeless
Tangga dengan Tampilan Bohemian yang Timeless (Source : homeshabby.com)

Tangga rumah dengan gaya bohemian juga bisa menjadi salah satu ide dan inspirasi tangga minimalis yang cocok diaplikasikan di hunian tipe 36 milik Anda.

Saat ini gaya bohemian memang sangat populer disebabkan konsepnya yang khas dan nyentrik. Ciri khas paling utama pada konsep ini adalah ornamen jadul dan hiasan dengan motif tertentu.

Agar tangga tersebut tetap tampil minimalis, gunakan warna coklat pada anak tangga. Untuk railingnya, Anda bisa menggunakan warna netral. Jangan lupa menambahkan pot bunga di bagian anak tangga dan bordesnya seperti pada gambar di atas.

6. Tangga dengan Warna Serba Putih

Tangga dengan Warna Serba Putih
Tangga dengan Warna Serba Putih (Source : brillio.net)

Kesan sederhana dengan desain yang tepat bisa memberikan tampilan yang elegan. Sebagai contoh, inspirasi tangga dengan warna serba putih sebagaimana gambar di atas. Material utamanya adalah kayu, baik di bagian railing maupun anak tangga.

Agar tampilannya lebih sempurna, warna putih tidak hanya diaplikasikan pada tangga, tetapi juga pada lantai dan dinding rumah. Perpaduan ini menghasilkan tampilan yang elegan stylish.

7. Tangga dengan Tema Industrial

Tangga dengan Tema Industrial
Tangga dengan Tema Industrial (Source : helloshabby.com)

Ingin memiliki tangga minimalis yang menampilkan kesan kekinian? Gunakan saja desain tangga dengan tema industrial.  Ciri khas tangga ini adalah penggunaan railing expanda. Adapun warna yang cocok digunakan padanya adalah warna-warna gelap atau monokrom, semisal hitam, coklat, dan abu-abu.

Pada gambar di atas, tangga tersebut dibuat lurus ke atas dan diletakkan di bagian sudut rumah. Posisinya juga dibuat menempel di dinding rumah.

Railing tangga berupa expanda yang berwarna gelap, dengan pegangan tangga yang terbuat dari kayu dan berwarna coklat.  Anak tangga juga menggunakan material kayu dan berwarna coklat.

8. Tangga dengan Nuansa Monokrom

Tangga dengan Nuansa Monokrom
Tangga dengan Nuansa Monokrom (Source : homeshabby.com)

Penggunaan tangga dengan warna monokrom juga bisa menjadi salah satu ide tangga minimalis untuk rumah tipe 36 milik Anda. Untuk warna, gunakan saja perpaduan warna hitam dan putih seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Perpaduan warna hitam dan putih sangat efektif dalam memberikan tampilan elegan pada tangga.

9. Tangga dengan Ornamen Cute

Tangga dengan Ornamen Cute
Tangga dengan Ornamen Cute (Source : helloshabby.com)

Jika Anda mengkhawatirkan sisi keamanan tangga, maka inspirasi desain tangga dengan ornamen cute pada gambar di atas bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Sebab, desain tangga tersebut memiliki konstruksi pijakan yang ideal. Bahkan, railing tangga juga terlihat kuat dan kokoh.

Agar terlihat cute, Anda bisa mengecat anak tangga dengan warna ungu. Lebih bagus lagi jika bisa ditambahkan karpet tangga dengan pola khusus, seperti pola zebra.

10. Tangga dengan Desain Melayang

Tangga dengan Desain Melayang
Tangga dengan Desain Melayang (Source : helloshabby.com)

Jika ingin memiliki tangga yang terlihat sangat estetik, Anda bisa menggunakan ide tangga dengan desain melayang seperti pada gambar di atas.

Pondasi tangga menggunakan rangka plat baja kuat dengan permukaan kayu solid. Penambahan elemen kayu justru semakin menambah kesan cozy di area ini. Terlebih lagi setelah ditambahkannya pencahayaan LED di beberapa titik yang menjadikan tampilan tangga semakin elegan.

11. Tangga Perforated Metal

Tangga Perforated Metal
Tangga Perforated Metal (SOurce : instagram/casa_kalandra)

Ide tangga minimalis yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada rumah tipe 36 milik Anda. Tidak harus dibangun dengan menggunakan material semen yang tentunya akan memakan waktu dan biaya.

Oleh karena itu, gunakan konstruksi tangga dari material perforated metal seperti pada gambar di atas. Tangga perforated metal juga bisa memberikan kesan industrial.

Itulah tadi 11 ide dan inspirasi desain tanggal minimalis rumah tipe 36 yang bisa Anda aplikasikan. Tinggal pilih saja salah satu desain di atas yang dianggap paling cocok untuk diterapkan pada rumah minimalis.