Rumah tipe 36 memang menjadi hunian KPR pilihan masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau. Meskipun memiliki ukuran yang terbilang kecil, ada beberapa inspirasi desain rumah tipe 36 yang bisa membuat ruangan terkesan lebih luas dan lega.

Rumah tipe ini menjadi favorit pasangan muda atau kalangan menengah karena tidak menghabiskan banyak biaya untuk merenovasinya. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui inspirasi desain rumah tipe 36 agar terlihat lebih menarik dan modern.

Rumah tipe 36 merupakan tipe rumah minimalis berukuran 6×6 meter atau 9×4 meter dengan total luas bangunan 36 meter persegi. Rumah yang menjadi tipe ideal bagi kalangan menengah maupun pasangan muda ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Jenis/Ukuran Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 ini juga tersedia dalam 2 pilihan yaitu tipe 36/72 dan tipe 36/60. Berikut ini penjelasan mengenai pilihan rumah tipe 36.

1. Ukuran Rumah Tipe 36/72

Rumah ukuran 36/70 (Source: griyahasan.com)

Salah satu pilihan tipe 36 yaitu rumah tipe 36/72. Untuk rumah tipe ini memiliki luas bangunan rumah 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi. Rumah tipe ini pada umumnya memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, 1 kamar mandi, dan 1 dapur.

Beberapa pengembang atau developer juga membuatkan teras dan garasi mini untuk rumah tipe ini. Dengan luas tanah 72 meter, penghuni masih memungkinkan untuk memiliki taman atau pekarangan yang cukup luas untuk menambah kesan asri.

2. Ukuran Rumah Tipe 36/60

Rumah tipe 36/60 (Source: Hipwee.com)

Rumah tipe 36/60 ini memiliki luas bangunan 36 meter dengan luas tanah 60 meter persegi. Harga yang dibanderol untuk rumah tipe ini juga relatif lebih murah dibandingkan rumah tipe 36/72 karena luas lahannya yang lebih sempit.

Meskipun terlihat sederhana, namun dengan penataan konsep eksterior dan interior yang tepat, rumah dengan tipe 36/60 ini tetap bisa terlihat lega dan luas. Mulai dari pemilihan warna cat, motif hiasan, hingga furniture harus dilakukan dengan tepat agar menciptakan nuansa lapang.

Karena memiliki luas bangunan yang sama seperti rumah tipe 36/72, rumah tipe ini biasanya dirancang dengan 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, 1 dapur, dan 1 kamar mandi. Hanya saja, ukuran untuk pekarangan atau taman lebih sempit daripada tipe 36/72.

Inspirasi Desain Rumah Tipe 36 Agar Terkesan Luas dan Lega

Dengan ukuran yang minimalis, rumah tipe 36 ini tetap fungsional jika disusun dengan konsep yang tepat. Berikut ini inspirasi desain rumah tipe 36 yang bisa memberikan kesan luas dan lapang, serta fungsional.

1. Gunakan Konsep Rumah Terbuka

Ruang keluarga dan ruang tamu konsep terbuka (Source: 99.co)

Salah satu inspirasi desain rumah tipe 36 yang akan memberikan kesan luas dan lapang yaitu menggunakan konsep rumah terbuka. Desain rumah tanpa sekat akan membuat hunian menjadi terlihat lebih luas dan lapang.

Untuk membatasi setiap ruangan, Anda bisa menggunakan partisi seperti tirai atau rak kayu. Hindari menggunakan sekat dinding karena justru akan membuat ruangan terkesan sempit dan penuh.

2. Menggabungkan Beberapa Ruangan Sekaligus

Ruang makan dan dapur fungsional (Source: cloudfront.net)

Inspirasi desain rumah dengan tipe 36 agar terkesan luas dan lega yaitu menyatukan beberapa ruangan sekaligus. Anda bisa menggabungkan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur sekaligus sehingga ruangan lebih fungsional dan terkesan lebih lapang karena tidak banyak sekat.

3. Manfaatkan Teras Sebagai Ruang Tamu

Teras jadi ruang tamu (Source: cloudfront.net)

Rumah minimalis tipe 36 biasanya dilengkapi dengan teras di bagian depannya. Teras ini bisa Anda ubah menjadi ruang tamu agar lebih fungsional dan ruangan di dalam rumah menjadi lebih luas. Anda bisa menggunakan kursi kayu atau rotan agar terlihat lebih estetik.

Selain itu, untuk memberikan kesan lebih asri dan sejuk, Anda bisa menambahkan beberapa pot tanaman hias dan taman kecil di depan atau sekeliling rumah.

4. Ruang Tamu yang Efisien

Ruang tamu rumah tipe 36 (Source: 99.co)

Bagi Anda yang ingin posisi ruang tamu tetap berada di dalam rumah, Anda bisa menggunakan konsep ruang tamu yang efisien. Posisikan sofa, meja, dan furniture lainnya secara tepat dan selaras agar tidak memberikan kesan penuh ada ruangan.

Untuk memberikan efek luas di dalam ruang tamu, Anda bisa menaruh cermin ukuran lumayan besar atau bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Tambahkan ornamen menarik yang senada dengan furniture ruang tamu agar tampak makin estetik dan cantik.

5. Aplikasikan Warna Putih

Nuansa putih (Source: imgix.net)

Untuk membuat tampilan rumah tipe 36 terkesan lebih luas dan lapang, mengaplikasikan warna putih pada hunian adalah pilihan yang tepat. Dominasi cat warna putih akan memberikan efek luas, bersih, dan elegan.

Agar tidak terkesan monoton, Anda bisa mengombinasikan warna putih dengan warna netral lainnya seperti warna abu-abu, krem, atau hitam. Warna-warna ini bisa diaplikasikan pada dinding luar rumah maupun dalam rumah.

6. Manfaatkan Area Bawah Tangga

Area bawah tangga yang fungsional (Source: cloudfront.net)

Untuk menyiasati desain rumah tipe 36 agar lebih fungsional, Anda bisa memanfaatkan space kosong yang ada di dalam ruangan rumah, salah satunya area bawah tangga. Anda bisa menggunakan area bawah tangga untuk menyimpan barang-barang sehingga lebih efisien dan hemat tempat.

Agar tidak terlihat berantakan dan terkesan lebih rapi, Anda bisa menggunakan tirai dengan warna yang senada dengan warna dinding ruangan.

7. Ruang Keluarga Gaya Lesehan

Ruang bercengkrama dengan keluarga lesehan (Source: 99.co)

Inspirasi

Untuk menyiasati desain rumah tipe 36 agar lebih fungsional, Anda bisa memanfaatkan space kosong yang ada di dalam ruangan rumah, salah satunya area bawah tangga. Anda bisa menggunakan area bawah tangga untuk menyimpan barang-barang sehingga lebih efisien dan hemat tempat.

rumah tipe 36 agar terkesan lebih luas dan fungsional yaitu dengan mengusung konsep ruang tamu gaya lesehan. Dengan gaya seperti ini, ruang keluarga akan tampak lebih lapang dan lega karena tidak perlu menggunakan sofa yang memberikan kesan penuh pada ruangan.

8. Kamar Tidur Lesehan

Kasur lesehan rumah minimalis (Source: pinterest.com)

Selain ruang keluarga gaya lesehan, kamar tidur juga bisa dibuat lesehan agar lebih lega dan luas. Pastikan kamar tidur tidak memiliki banyak barang dan gunakan lemari ukuran sedang agar tidak memenuhi ruangan.

Untuk memberikan sentuhan estetik pada kamar tidur, Anda bisa menambahkan dekorasi unik seperti pigura foto atau hiasan dinding.  

9. Tempat Penyimpanan dan Ruang Servis

Laundry room fungsional (Source: 99.co)

Bagi Anda yang memiliki rumah tipe 36, Anda bisa menyediakan ruang penyimpanan barang berupa rak kayu. Sediakan juga ruang servis untuk tempat mencuci dan menjemur pakaian. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias dan batuan agar ruangan ini tampak lebih estetik dan asri.

10. Ruangan Terbuka di Bagian Belakang

Ruang mushalla di belakang rumah( Source: pinterest.com)

Rumah tipe 36/72 atau 36/60 biasanya memiliki halaman belakang yang cukup luas. Untuk memaksimalkan fungsinya, Anda bisa membuat ruangan terbuka di bagian belakang untuk dijadikan mushola, ruang keluarga, atau taman.  

Meskipun memiliki luas lahan yang terbatas, rumah tipe 36 tetap memungkinkan bagi Anda untuk membuat taman belakang. Anda bisa menggunakan rumput sintetis dan beberapa tanaman hias lainnya untuk memberikan kesan alami dan asri.  

Padukan juga dengan kursi model minimalis atau beanbag agar lebih nyaman saat digunakan berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Dari ulasan di atas, Anda pastinya sudah mendapatkan ide dan inspirasi

Untuk menyiasati desain rumah tipe 36 agar lebih fungsional, Anda bisa memanfaatkan space kosong yang ada di dalam ruangan rumah, salah satunya area bawah tangga. Anda bisa menggunakan area bawah tangga untuk menyimpan barang-barang sehingga lebih efisien dan hemat tempat.

rumah tipe 36 yang memberikan kesan luas dan lega, bukan? Dengan luas bangunan dan luas lahan yang terbatas, Anda tetap bisa memaksimalkan setiap ruangan melalui penataan eksterior dan interior yang tepat.