Apa saja bagian mobil yang perlu dicek secara berkala? Ulasan kali ini akan menyebutkannya untuk Anda. Sebagai salah satu transportasi darat, mobil memiliki jenis mesin yang tentunya dapat mengalami kerusakan jika lama tidak diservis maupun diperbaiki secara berkala.

Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi kinerja mesin, yang membuat kondisi mesin tidak stabil bahkan dapat mengalami kerusakan yang signifikan. Terlebih lagi ketika ingin berkendara jarak jauh, pengecekan mobil secara seksama harus dilakukan sebelumnya.

Lantas, bagian apa saja yang perlu dicek secara berkala? Supaya mendapatkan jawaban yang lengkap, maka bacalah informasi di bawah ini sampai tuntas!

Detail Ulasan 5 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Secara Berkala

gambar komponen mobil yang perlu dicek secara berkala
Mengganti Oli Perlu DIlakukan Secara Rutin Agar Mesin Mobil Awet

Merawat mesin mobil bukanlah suatu perkara yang mudah, baik dari segi konsistensi maupun kecermatan dalam menganalisa mesin. Dibutuhkan pengalaman dalam bidang otomotif khususnya mobil. Adapun bagian-bagian yang perlu dicek secara berkala adalah sebagai berikut :

1. Air Conditioner (AC)

Menjadi salah satu bagian yang terpenting pada mobil, AC mobil harus terawat dikarenakan sangat mempengaruhi kondisi mobil, utamanya dalam perihal kenyamanan saat berkendara.  Melakukan service pada bagian AC biasanya dilakukan setiap 10.000 km bahkan 20.000 km.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa jika kondisi dan kualitas udara pada daerah tempat tinggal Anda  memiliki kualitas yang buruk, maka disarankan untuk melakukan service AC pada 3000 km. Terlalu lama jika Anda harus menunggu hingga 20.000 km.

Tujuan service AC agar kemampuan filter udara pada AC mobil berjalan normal. Sebab, udara itulah yang Anda hirup ketika berada di dalam mobil. Beberapa elemen dari AC yang perlu Anda perhatikan ialah pelumas, pembersihan, dan refrigeran.

Untuk budget yang harus dipersiapkan tentu berbeda-beda, tergantung bagaimana kerusakan AC mobil Anda. Namun, untuk relatifnya, yaitu sekitar 300-600 ribu saja. Namun biaya servis secara berkala masih dianggap murah jika dibandingkan kenyamanan yang didapatkan jika AC mobil normal.

2. Service Penggantian Oli

Oli menjadi salah satu pelumas yang amat berguna untuk memperlancar aktivitas kerja pada mesin mobil. Ketika oli mesin tidak pernah diganti, tentu akan berdampak besar kepada proses pembakaran mesin mobil.

Dampak yang akan diterima oleh mesin pada umumnya adalah mesin mudah panas. Selain itu, komponen mobil juga mudah rusak, serta kurangnya kecepatan kinerja mesin.

Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap 3000 km. Usahakan Anda konsisten mengganti oli mobil di setiap kilometer tersebut.

Sebelum mengganti oli, pastikan terlebih dahulu jenis oli yang cocok terhadap mesin mobil Anda. Hal tersebut penting untuk Anda perhatikan. Sebab, mobil yang satu dengan yang lain menggunakan jenis oli yang berbeda-beda.

Baca Juga: Berapakah Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes?

3. Busi

Bagaimana cara mengecek komponen mobil secara rutin?
Melakukan Pengecekan Komponen Mobil Secara Berkala Sangat Penting Dilakukan

Busi menjadi salah satu bagian yang cukup penting dikarenakan menjadi pemantik saat terjadinya pengapian pada mesin mobil.  Biasanya busi yang sudah layak untuk diganti memiliki ciri-ciri mesin mobil yang sulit untuk dihidupkan.

Namun bukan hanya itu saja, warna busi yang sudah hitam juga menjadi salah satu ciri yang lain. Jika Anda rutin mengganti busi, kualitas pembakaran yang terjadi pada mesin akan berjalan dengan kompatibel.

Sehingga, mobil tidak hanya hemat dalam menggunakan bahan bakar, tetapi Anda juga akan merasa nyaman mengendarai mobil tersebut.

4. Aki

Aki mobil menjadi bagian yang tidak kalah penting dari elemen lainnya. Aki mobil pada umumnya berguna dalam menunjang aktivitas kelistrikan yang terjadi pada mobil. Namun, terkadang juga mempengaruhi kinerja mesin mobil itu sendiri.

Aki yang sudah kering akan mengakibatkan mobil cepat panas. Bahkan, kelistrikan pada mobil juga akan terhambat dan berpotensi tidak bisa berjalan secara maksimal.

5. Kampas Rem

Rem menjadi salah satu bagian utama yang perlu Anda cek sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil. Kampas rem akan semakin aus jika Anda sering mengendarai mobil terlalu kencang.

Sebab semakin kencang laju mobil, maka penggunaan rem akan semakin banyak. Oleh karena itu, jangan heran jika mobil yang sering dikendarai dengan kencang akan sering mengganti kampas rem.

Perlu Anda ketahui bahwa kampas rem tidak hanya berfungsi memaksimalkan sistem pengereman, tetapi juga menjaga agar velg mobil tidak mudah terkikis. Jika pengereman kurang maksimal, tentu resiko kecelakaan akan semakin besar, khususnya ketika Anda harus melakukan pengereman mendadak.

Demikianlah ulasan mengenai 5 komponen mobil yang perlu dicek secara berkala. Jika ingin mobil lebih awet dan nyaman digunakan, pastikan Anda mengecek semua komponen yang telah disebutkan di atas sebelumnya.

Jika Anda tidak mampu melakukan pengecekan sendiri, tinggal bawa saja ke salah satu bengkel mobil langganan Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala.  

Baca Juga: Servis Berkala Mobil: Manfaat, Biaya & Keuntungan