Sekarang ini, membangun rumah tidak sempurna jika tidak membuat kanopinya sekalian. Kanopi memang bisa memberikan manfaat, dan termasuk bagian rumah yang penting. Apalagi di Indonesia, ketika cuaca ekstrem seperti hujan deras dan kemarau panjang sering terjadi.

Ya, kanopi bisa melindungi dari terpaan sinar matahari dan derasnya hujan. Dengan kanopi, teras rumah akan terasa sejuk, nyaman dan aman, sehingga cocok dibuat spot untuk bersantai bersama keluarga. Makanya, memiliki kanopi sangat penting, bahkan untuk rumah yang minimalis.

Ketika ingin membuat model kanopi teras untuk rumah yang minimalis, sudah ada beragam model yang tersedia. Silakan pilih model kanopi yang sesuai selera, tentu ukurannya harus sesuai dengan rumah. Nah, di bawah ini model kanopi untuk rumah minimalis yang banyak digunakan.

Ide Model Kanopi Teras Depan Rumah Minimalis

Seiring berjalannya waktu, model kanopi mengalami perkembangan. Model kanopi semakin beragam, terbuat dari berbagai bahan dengan keunggulannya masing-masing.

Di bawah ini akan dijelaskan beragam model kanopi untuk rumah minimalis yang bisa dijadikan inspirasi:

1. Kanopi Kayu

Kanopi depan kayu
Kanopi depan kayu (Source: dekoruma.com)

Pertama ada kanopi teras yang terbuat dari kayu, yang cukup banyak digunakan akhir-akhir ini. Jangan salah sangka terlebih dahulu, meskipun terbuat dari kayu, kanopi ini tetap akan terlihat mewah dan menarik jika dipadukan dengan benar.

Biasanya, penggunaan kanopi berbahan kayu dikombinasikan dengan pilar baja ringan. Kombinasi ini bisa membuat desain depan rumah terlihat rindang, namun tetap memberi kesan modern dan futuristik. 

Bagi yang tinggal di perumahan/perkotaan (terutama dengan cuaca ekstrem), kanopi kayu sangat disarankan.

Pasalnya, kanopi kayu bisa memberikan rasa teduh dan sejuk di halaman rumah. Pasti akan terasa dampaknya ketika musim kemarau tiba. Jadi, meski cuaca sedang panas-panasnya, penghuni rumah tetap bisa bersantai di teras dengan nyaman.

Baca juga: Inspirasi roster untuk teras rumah Anda

2. Kanopi Kaca

Kanopi kaca anti panas
Kanopi kaca anti panas (Source: kanopitangerang.co.id)

Berikutnya ada kanopi yang terbuat dari kaca, yang juga banyak digunakan oleh masyarakat. Alasannya, kanopi model ini bisa memberikan tampilan yang elegan, cocok untuk rumah minimalis yang modern dan mewah.

Agar lebih pas, kanopi kaca bisa disandingkan dengan pilar yang terbuat dari baja ringan atau besi. Gunanya, agar teras rumah bisa memberikan penampilan yang menarik dan enak dipandang. Intinya, selain fungsinya, kanopi kaca juga menawarkan unsur estetika di dalamnya.

3. Kanopi Baja Ringan

Kanopi dengan baja ringan
Kanopi dengan baja ringan (Source: bajaeinganvivo.co.id)

Model kanopi teras yang cocok untuk rumah minimalis berikutnya adalah kanopi baja ringan. Ya, jenis kanopi ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Alasan utamanya tentu karena harganya yang relatif terjangkau.

Selain harganya, keunggulan dari kanopi baja ringan adalah kekuatannya serta fleksibilitasnya. Maksudnya, kanopi jenis ini dikenal kokoh dan bisa dibentuk dalam berbagai desain sesuai kebutuhan. Cocok untuk rumah yang mengusung desain modern dan minimalis.

4. Kanopi Galvalum

Kanopi atap galvanum
Kanopi atap galvanum (Source: ruangarsitek.id)

Buat yang memiliki rumah minimalis, bisa mempertimbangkan untuk membuat kanopi yang terbuat dari material galvalum. Galvalum digadang-gadang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki bahan lainnya, misalnya saja ketahanannya yang diklaim bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Jadi, jika ingin kanopi teras rumah yang kokoh dan tahan lama, maka pilihan utamanya adalah galvalum. Sebenarnya, galvalum tidak hanya cocok untuk kanopi teras rumah saja karena material ini juga sering diaplikasikan sebagai atap utama sebuah rumah/bangunan.

Kekurangan dari galvalum mungkin sifatnya yang berisik, misalnya saat hujan atau dijatuhi sesuatu. Hal ini bisa dimengerti, mengingat bahan galvalum yang ringan dan tipis. Galvalum juga mudah panas, tidak cocok diaplikasikan untuk perumahan atau perkotaan.

5. Kanopi Material Spandek

Kanopi atap spandek
Kanopi atap spandek (Source: olx.co.id)

Model kanopi yang bisa jadi referensi selanjutnya adalah kanopi yang terbuat dari material spandek. Sama seperti galvalum, material ini awet dan tahan lama, bisa bertahan hingga bertahun-tahun, terutama terhadap cuaca ekstrem.

Model kanopi ini paling pas dipasang di teras rumah dengan desain yang minimalis dan modern. Selain fungsinya dan estetikanya, harga model kanopi ini juga tidak bikin kantong kering. Jadi bisa membeli bahannya sesuai kebutuhan dengan lebih leluasa tanpa terlalu mempertimbangkan harga.

6. Kanopi Besi (Pilar Berbentuk V)

Kanopi besi Y
Kanopi besi Y (Source: tokopedia.com)

Rekomendasi model kanopi untuk rumah minimalis berikutnya adalah yang terbuat dari besi dengan pilar berbentuk V. Pastinya, kanopi besi dengan pilar berbentuk V ini bisa memberikan kesan yang elegan dan mewah terhadap teras rumah plus rumahnya.

Jangan lupa, padukan kanopi ini dengan interior rumah, agar serasi dan tidak kontras. Disarankan untuk mengkombinasikan dengan konsep modern hitam dan putih yang bisa menguatkan penampilan yang elegan dan estetik.

7. Kanopi dengan Pilar Batu

Kanopi dengan rangka bangunan
Kanopi dengan rangka bangunan (Source: pinhome.id)

Jika ingin membuat kanopi dengan pilar yang kokoh, maka bisa menggunakan pilar yang terbuat dari batu. Pilar yang terbuat dari batu memang terkenal akan kekuatannya dan ketahanannya, pastinya akan lebih awet dibandingkan dengan bahan lainnya.

Usahakan untuk menggunakan batu besar sebagai penopang agar kekuatannya bisa terjamin. Selain fungsinya tersebut, kanopi dengan pilar batu alam ini juga bisa memberikan kesan yang sejuk, teduh, dan alami. Jadi, teras rumah akan terasa nyaman dan enak dipandang mata.

8. Kanopi Kain Awning

Kanopi gaya eropa
Kanopi gaya eropa (Source: dekoruma.com)

Jika ingin membuat kanopi yang unik dan berbeda dengan lainnya, bisa menggunakan kanopi yang terbuat dari kain awning. Kain ini memiliki motif yang unik, desainnya cenderung bermotif, sehingga berbeda dengan kanopi biasanya.

Biasanya, kain awning ini sering ditemukan di bagian depan pintu/jendela, namun ternyata juga cocok dibuat sebagai atap kanopi, khususnya untuk rumah minimalis. Pastinya, kain awning ini cukup bisa berperan sebagai pelindung dari terpaan sinar matahari ekstrem dan hujan deras.

9. Kanopi dengan Tanaman Rambat

Kanopi tanaman rambat
Kanopi tanaman rambat (Source: rumahlia.com)

Jika sebuah rumah minimalis mengusung tema natural nan asri, maka menggunakan kanopi dengan tanaman rambat sangat cocok. Padu padan antara rumah minimalis yang asri dan kanopi dengan tanaman rambat akan menciptakan suatu harmoni yang luar biasa.

Agar lebih maksimal, usahakan untuk menggunakan bahan kanopi yang senada, bisa dari batu alam, kayu hingga baja ringan. Sedangkan tanaman rambat yang bisa digunakan adalah:

  • Alamanda
  • Air mata pengantin
  • Mandevilla
  • Dll.

Dijamin, selain natural dan asri, rumah minimalis tersebut akan tampak cantik dan menawan.

10. Kanopi Tanpa Tiang

Kanopi minimalis tanpa tiang
Kanopi minimalis tanpa tiang (Source: kanopitop.com)

Ingin membuat kanopi yang simpel dan minimalis? Bisa mencoba untuk menggunakan kanopi tanpa tiang. Ya, sudah banyak masyarakat yang memilih kanopi jenis ini karena dinilai lebih praktis dan tidak terlalu memakan tempat.

Ya, keberadaan tiang kanopi memang bisa memakan tempat, apalagi jika ukurannya besar. Jadi, jika ingin kanopi yang simpel nan luwes, buat kanopi yang tidak membutuhkan tiang. Bisa mencoba menggunakan baja ringan yang terbukti awet dan bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Penjelasan tentang model kanopi untuk teras minimalis di atas bisa dijadikan referensi yang berguna. Membuat kanopi memang tidak boleh asal, karena harus disesuaikan dengan tema rumah agar terlihat serasi dan estetik.