Velg merupakan salah satu komponen mobil yang sering diganti ketika memodifikasi mobil. Penyebabnya karena banyak pengguna mobil beranggapan kalau merubah bagian ‘kaki’ mobil akan memberikan tampilan yang gahar dan elegan.

Anggapan tersebut tidak salah, tampilan mobil akan terlihat sangat berbeda ketika velg-nya sudah diganti. Hanya saja, velg mobil tidak bisa asal diganti begitu saja karena Anda mesti memerhatikan Pitch Circle Diameter (PCD) dan offsetnya untuk  menentukan velg yang tepat untuk mobil Anda.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali merk velg mobil yang bermunculan. Agar tidak bingung memilih, di bawah ini akan disebutkan 8 merk velg mobil terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk mobil Anda.

8 Pilihan Velg Mobil Terbaik 2024

1. HSR Wheel

  Velg Mobil Merk HSR Wheel
Velg Mobil Merk HSR Wheel (Source : tokopedia.com)

Merk velg mobil terbaik paling pertama yang bisa menjadi pilihan untuk mobil Anda adalah HSR Wheel. Brand velg asli Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah mendapatkan pengakuan kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Keberadaan merk velg mobil yang satu ini sebagai solusi bagi Anda yang membutuhkan velg berkualitas dengan harga terjangkau. Menariknya, variasi desain dan model merk HSR Wheel selalu berhasil mengikuti perkembangan zaman.

HSR Wheel juga menyediakan velg mobil dalam berbagai ukuran, mulai dari ring 14 hingga ring 20. Jika ingin mendapatkan desain yang original, pilihlah seri Myth dari HSR Wheel.

2. BBS

Velg Mobil Merk BBS
Velg Mobil Merk BBS (Source : tokopedia.com)

Merk BBS juga tidak asing lagi di kalangan pecinta mobil. Brand asal Jerman ini memiliki markas utama di Kota Schiltach, Jerman. Merk velg sport ini pertama kali dibuat oleh Heinrich Baumgartner and Klaus Brand pada tahun 1970 di Jerman.

Cikal bakal mendunianya merk velg mobil terbaik yang satu ini dimulai sejak 1972, ketika BBS memelopori pengembangan roda balap tiga bagian. Tidak diragukan kalau hal ini merupakan revolusi dalam desain motorsport. Sejak saat itulah, merek velg BBS dikenal sampai sekarang.

Di pasaran Indonesia, merk velg mobil BBS tersedia dalam berbagai ukuran ring, yaitu 15, 16, 17 dan 19 inch. Sangat cocok digunakan pada Toyota Yaris, Honda Brio dan Jazz, serta Suzuki Swift.

3. Rojam

Velg Mobil Merk Rojam
Velg Mobil Merk Rojam (Source : youtube.com/@permaisurimahakam)

Merk velg mobil terbaik yang juga terkenal di Indonesia adalah Rojam. Salah satu produk yang sangat terkenal dari brand ini adalah Rojam Slave Black Transparant.

Velg tersebut dibuat secara Casting dan bisa langsung dipasangkan ke beberapa jenis mobil, seperti Honda Civic dan Accord, Nissan X-Trail, Maxda CX5, Toyota Innova, dan yang lainnya. Bobotnya sebesar 11,2 kg/pc dengan ukuran 18×8 inci, ET 45. Tersedia dalam beberapa ukuran ring, termasuk yang 20 inci.

4. Enkei

Velg Mobil Merk Enkei
Velg Mobil Merk Enkei (Source : shopee.co.id)

Salah satu brand velg mobil yang sudah mendunia dan diakui kualitasnya adalah Enkei. Bentuk dan desainnya sangat kokoh, sehingga cocok digunakan dalam berbagai keadaan. Meskipun sudah digunakan dalam waktu lama, kualitas warnanya tetap terjaga.

Karena kualitas inilah, Velg Enkei seringkali mendapatkan kepercayaan sebagai produsen untuk velg mobil bawaan pabrik yang digunakan pada mobil-mobil ternama, salah satunya adalah Toyota.

5. Konig

Velg Mobil Merk Konig
Velg Mobil Merk Konig (Source : lazada.co.id)

Velg mobil terbaik berikutnya adalah Konig Jerman. Brand asal Jerman ini sudah populer di di pasaran Asia dan Eropa sejak tahun 1983 silam. Velg mobil ini sangat cocok digunakan oleh para pecinta aliran aliran JDM, Street Racing, dan Racing Look.

Salah satu velg mobil keluarga Konig yang paling populer adalah Konig Ampliform. Velg ini merupakan racing import terbaik dari Amerika yang diproduksi di China.

Tersedia beberapa ukuran Velg Konig Ampliform di pasaran, mulai dari ukuran ring 15 sampai ring 22. Harga jualnya pun lumayan terjangkau untuk sekelas velg import pada umumnya.

6. OZ Racing

Velg Mobil Merk OZ Racing
Velg Mobil Merk OZ Racing (Source : tokopedia.com)

Velg mobil merk OZ Racing termasuk salah satu velg yang sangat diminati di Indonesia. Alasannya, velg mobil keluaran brand tersebut tidak hanya terbuat dari bahan yang kuat dan tangguh, tapi harganya juga sangat terjangkau.

Di pasaran terdapat beberapa tipe atau model velg mobil OZ Racing yang tersedia, mulai dari Superturismo GT Limited Edition, Superturismo LM Limited Edition, termasuk OZ Racing Formula HLT.

7. Rays

Velg Mobil Merk Rays
Velg Mobil Merk Rays (Source : tokopedia.com)

Merk velg mobil yang satu ini berasal dari Jepang dan sudah dikenal sebagai produsen velg untuk kepentingan balap dengan performa tinggi.

Banyak velg mobil unggulan yang dirilis oleh brand ini, salah satunya adalah TE37 yang sangat terkenal di kalangan pecinta modifikasi. Selain itu, brand ini juga merilis beberapa seri lain yang cukup populer, di antaranya adalah Homura, Gram Light, dan G-Games.

Dari segi desain, velg mobil yang dirilis oleh brand yang bernama Rays ini tergolong simpel, karena cuma memiliki 6 palang besar. Meskipun demikian, velg ini sangat cocok dipasang pada berbagai jenis mobil dan akan menjadikan tampilannya lebih sporty.

8. RAV

RAV
Velg Mobil Merk RAV (Source : tokopedia.com)

Merk velg mobil terbaik lainnya yang juga bisa menjadi pilihan untuk mobil Anda adalah Velg RAV. Umumnya velg ini digunakan pada mobil Toyota, di antaranya adalah SUV Toyota RAV4 TRD off-Road.

Salah satu velg terkenal yang dirilis oleh RAV adalah Trinity Predator Gloss Gunmetal with Machined Face yang diproduksi secara casting. Diameternya adalah 20 inch dan cocok dipasang pada Honda CRV Turbo, Honda Civic FC Turbo, Mazda CX5, Toyota Vellfire, Toyota Innova Reborn, dan yang lainnya.

Velg RAV juga memiliki beberapa model populer yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, semisal Snowflake Storm, Predator, Midnight, dan Zirkel.

Itulah tadi 8 merk velg mobil terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Tinggal pilih saja velg mobil yang paling cocok dan sesuai untuk digunakan pada mobil kesayangan Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Semir Ban Mobil Terbaik