Penasaran ingin mengetahui harga motor Supermoto terbaru? Anda berada di tempat yang tepat. Sebab, postingan kali ini akan membagikan harga Supermoto terbaru 2024 beserta sedikit penjelasan mengenai spesifikasi dari masing-masing motor tersebut.

Saat ini motor motor jenis off-road memang sangat disukai masyarakat, terutama yang bisa digunakan di daerah perkotaan. Nah, salah satu jenis motor tersebut adalah Supermoto. Terlebih lagi harga jualnya masih tergolong terjangkau.

Dengan menggunakan motor jenis Supermoto, Anda bisa melibas berbagai medan jalan yang ada di perkotaan, baik jalan yang beraspal maupun jalan yang berbatu. Penasaran dengan daftar harga terbarunya? Yuk simak detail ulasan di bawah ini.

Harga & Spesifikasi Motor Supermoto 2024

1. Kawasaki D-Tracker X

Kawasaki D-Tracker X
Kawasaki D-Tracker X (Source : id.motor1.com)

Saat ini motor Supermoto Kawasaki yang paling mendominasi pasaran Indonesia. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah Kawasaki D-Tracker X. Untuk harga terbarunya, motor Supermoto yang satu ini bisa dibawa pulang dengan kisaran harga Rp 63 jutaan.

Tidak perlu meragukan performa dari motor yang satu ini. Pasalnya, Kawasaki D-Tracker X dibekali dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 250cc.

Power dan torsi yang dihasilkannya lumayan besar, yaitu 18 kW untuk setiap putaran mesin 9.000 rpm. Sedangkan untuk setiap putaran mesin 7.000 rpm menghasilkan 21 Nm.

Motor ini dibekali dengan transmisi manual dengan 6 tingkat percepatan. Tidak heran jika akselerasi, balance, dan riding position motor ini tergolong sempurna.

2. Yamaha WR250X


Yamaha WR250X
Yamaha WR250X (Source : motocrosshideout.com)

Pilihan lain bagi Anda yang membutuhkan Supermoto 2 tak yang mampu digunakan untuk melibas berbagai medan jalan yang ada di perkotaan adalah Yamaha WR250X. Untuk harga terbarunya, motor Supermoto yang satu ini bisa dibawa pulang dengan kisaran harga  Rp 94 jutaan.

Harga di atas tergolong mahal memang, tapi sepadan dengan performa yang ditawarkannya. Bagaimana tidak, motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 249cc yang mampu menghasilkan power sebesar 31 PS pada putaran 10.000 rpm.

Torsi maksimum yang mampu dihasilkannya sebesar 24 Nm pada setiap putaran mesin 8.000 rpm. Dengan suspensi Upside Down yang dipasang di bagian depannya, motor ini mampu memberikan kenyamanan maksimal dalam berkendara, bahkan meskipun melintasi medan yang berbatu.

3. Honda CRF 150L

Honda CRF 150L
Honda CRF 150L (Source : aselimalang.com)

Motor Supermoto lainnya yang bisa menjadi pilihan terbaik khususnya untuk harga yang lebih terjangkau adalah Honda CRF 150L. Bayangkan saja, harga CRF 150 Supermoto ini berkisar Rp 35 jutaan.

Meskipun tergolong murah, spesifikasi yang ditawarkan oleh Honda CRF 150L ini tidak asal-asalan. Hal ini terlihat dari penyematan mesin 149.15 cc dan bertransmisi 5-Kecepatan padanya.

Posisi tempat duduknya sangat ergonomis, karena tinggi joknya berkisar 869 mm. Bobotnya juga tidak terlalu berat, berkisar 122 kg saja. Sistem pengereman sudah menggunakan Disc untuk roda bagian depan dan belakang, sehingga tingkat keamanan berkendara semakin besar.

Tidak heran jika banyak pengguna yang memberikan penilaian tinggi untuk motor ini berdasarkan kinerja mesin, fitur, jarak tempuh, dan kenyamanan tempat duduk.

4. Yamaha WR 155

Yamaha WR 155
Yamaha WR 155 (Source : iwanbanaran.com)

Supermoto yang dijual dengan harga terjangkau tidak hanya diproduksi oleh Honda, tapi juga pabrikan lainnya, semisal Yamaha. Salah satu contohnya adalah Yamaha WR 155 yang dijual dengan kisaran harga Rp 38 jutaan saat ini.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh motor ini bukan abal-abal. Bayangkan saja, motor ini dibekali dengan mesin 4 langkah berkapasitas 155cc dan Liquid cooled, dengan VVA yang tentunya bakalan memberikan pengalaman adventure yang tak terlupakan.

Motor ini menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya. Bagaimana tidak, desain joknya lebih stylish dan rata, yang memudahkan pengendara untuk mengatur posisi berkendara di segala medan.

Suspensi depannya berdiameter 41mm dengan panjang 899.1mm, yang menjadikannya tampak kokoh mampu untuk memberikan pengendalian yang lebih maksimal di setiap adventure yang kamu lakukan.

5. Yamaha WR 155

Yamaha WR 155
Yamaha WR 155 (Source : oto.com)

Supermoto yang dijual dengan harga terjangkau tidak hanya diproduksi oleh Honda, tapi juga pabrikan lainnya, semisal Yamaha. Salah satu contohnya adalah Yamaha WR 155 yang dijual dengan kisaran harga Rp 38 jutaan saat ini.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh motor ini bukan abal-abal. Bayangkan saja, motor ini dibekali dengan mesin 4 langkah berkapasitas 155cc dan Liquid cooled, dengan VVA yang tentunya bakalan memberikan pengalaman adventure yang tak terlupakan.

Motor ini menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya. Bagaimana tidak, desain joknya lebih stylish dan rata, yang memudahkan pengendara untuk mengatur posisi berkendara di segala medan.

Suspensi depannya berdiameter 41mm dengan panjang 899.1mm, yang menjadikannya tampak kokoh mampu untuk memberikan pengendalian yang lebih maksimal di setiap adventure yang kamu lakukan.

6. Kawasaki KLX 150 SM

Kawasaki KLX 150
Kawasaki KLX 150 (Source : trenoto.katadata.co.id)

Selain D-Tracker X dan D-Tracker SE, Kawasaki juga merilis Kawasaki KLX 150 untuk Supermoto dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini harga KLX 150 Supermoto berkisar Rp 32 jutaan. Tentu saja tergolong murah dan terjangkau berdasarkan spesifikasi motor ini.

Motor ini dibekali dengan mesin 144 cc bertransmisi 5-Kecepatan. Roda bagian depan dan belakang menggunakan Disc, sehingga daya cengkram rem motor ini sangat kuat, termasuk ketika melakukan pengereman mendadak.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan apabila Kawasaki KLX 150 mendapatkan pujian dari banyak pengguna, di mana penilaian mereka berdasarkan kinerja mesin, fitur, jarak tempuh, dan kenyamanan tempat duduk.

7. Suzuki DRZ400SM

Suzuki DRZ400SM
Suzuki DRZ400SM (Source : (suzukicycles.com)

Pilihan lain untuk motor Supermoto terbaik adalah Suzuki DRZ400SM. Harga motor Supermoto ini tergolong sangat tinggi, berkisar Rp 108 jutaan. Harga jual mahal untuk motor ini sepadan dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkannya.

Performanya tentu saja sangat handal. Sebab, motor yang dirilis oleh Suzuki ini mengusung mesin 4 tak berkapasitas 398 cc yang sudah dibekali dengan sistem pendingin berupa cariran.

Berkendara menggunakan Suzuki DRZ400SM ini dijamin nyaman. Sebab, motor ini dibekali dengan suspensi tipe Upside Down buatan Sowa dengan diameter 49mm. Kamu tidak akan kesulitan dan kehilangan rasa nyaman ketika mengendarai motor ini untuk melintasi medan jalan yang berbatu dan menanjak.

8. Honda CRF250M

Honda CRF250M
Honda CRF250M (Source : autonetmagz.com)

Motor Honda lainnya yang juga dijual dengan harga murah adalah Honda CRF250M. Harga terbarunya saat ini berkisar Rp 63 jutaan. Tentu harga segitu tidak tergolong murah dan tidak tergolong mahal.

Tentu saja harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas dari motor Supermoto yang satu ini. Bagaimana tidak, motor ini mengusung mesin bertipe DOHC dan bersilinder tunggal berkapasitas 250cc.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan power sebesar 23 HP untuk setiap putaran 8.500 rpm dan torsi sebesar 22 Nm untuk setiap putaran 7.000 rpm. Sistem pembakarannya berupa Fuel Injection (PGM-FI) yang menjadikannya sangat irit dalam konsumsi bahan bakar.

9. KTM 450 SMR

KTM 450 SMR
KTM 450 SMR (Source : gridoto.com)

KTM 450 SMR termasuk legenda Supermoto yang dihidupkan kembali oleh pabrikan otomotif roda dua asal Austria. Harga Supermoto KTM terbaru ini berkisar Rp 160 jutaan. Lumayan mahal memang, tetapi sepadan dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya.

Mesin yang disematkan pada motor ini berupa satu silinder 4-tak, berkapasitas 449,9 cc, dan bertransmisi 5-percepatan. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 63 dk. Bobot maksimal motor ini mencapai 27,3 kg.

Supermoto ini dibekali upside down WP Xact untuk roda bagian depan dan monoshock WP Xact untuk roda bagian belakang.

Adapun sistem pengeremannya menggunakan cakram di bagian depan, sedangkan di bagian belakang belakang menggunakan kaliper Brembo dengan teknologi ABS.

10. Yamaha RD350 Custom Supermoto

Yamaha RD350 Custom Supermoto
Yamaha RD350 Custom Supermoto (Source : motorplus-online.com)

Supermoto 2 tak yang satu ini bakal membuat kamu geleng-geleng kepala. Sebab, rangkanya yang berpostur kekar milik motocross Yamaha seri YZ lansiran tahun 2000, sedangkan mesinnya milik Yamaha RD350 lansiran tahun 1974.

Motor yang mengusung mesin 2-tak dua silinder ini merupakan hasil karya dari Spoken Moto asal Oregon, Amerika Serikat.

Agar mampu menggendong mesin dua silinder dengan kapasitas 350 cc, tentu rangkanya harus dimodifikasi. Bodi motor ini juga merupakan hasil custom yang menggunakan plat aluminium.

Sebagai motor custom, Yamaha RD350 Custom Supermoto menggunakan hasil buatan tangan untuk spakbor depan, tangki, panel samping, dan beberapa bagian lainnya. Tampilannya memang agak kaku, namun memberikan kesan garang.

Itulah tadi penjelasan mengenai harga dan spesifikasi motor Supermoto untuk berbagai merk. Masing-masing dari merk yang ada menawarkan harga dan spesifikasi tertentu. Tinggal pilih saja manakah di antara jenis motor tersebut yang paling sesuai kebutuhan Anda.