Banyak yang ingin memiliki kolam renang, tetapi terkendala rumahnya berbentuk minimalis. Jangan khawatir, banyak inspirasi kolam renang minimalis belakang rumahyang tidak akan memakan banyak tempat, namun tetap bisa memuaskan penggunanya.

Selain berendam, biasanya orang-orang juga memanfaatkannya untuk menghabiskan waktu sambil menenangkan diri. Sebab, udara di sekitar kolam renang biasanya terasa lebih sejuk, apalagi ditambah dengan adanya taman mini.

Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis Belakang Rumah

Bukan hanya dilihat dari segi fungsinya, kolam renang juga perlu dibuat dengan desain menarik. Bagi yang ingin membuat kolam renang, tetapi belum menemukan desain sesuai selera, berikut rekomendasi desain yang cantik dan menarik.

1. Kolam Setengah Lingkaran

Kolam Setengah Lingkaran
Kolam Setengah Lingkaran (Source : artikel.rumah123.com)

Sesuai namanya, kolam renang ini berbentuk seperti busur 180 derajat. Mendukung dibangun di lokasi sempit karena tidak begitu lebar namun tetap terlihat menarik.

Pada bagian dalamnya tidak dibuat full lurus, ada tangga-tangga yang ditempatkan di salah satu sudut. Karena dibuat dengan ukuran yang tidak begitu luas, kolam renang setengah lingkaran biasanya akan dibuat sedikit dalam.

Paling cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati udara segar. Mengenai penempatannya, kolam renang setengah lingkaran cocok diletakkan di dalam atau luar ruangan.

2. Taman dan Kolam Renang

Taman dan Kolam Renang
Taman dan Kolam Renang (Source : artikel.rumah123.com)

Meski menempati lokasi yang tidak begitu luas, Anda bisa membuat taman sekaligus kolam renang. Poin utamanya terletak pada penataan antara kolam renang dan tanaman di sekitarnya.

Manfaatkan tanaman gantung juga untuk membuat area tersebut terlihat asri. Letakkan beberapa tanaman berukuran besar, bisa tanaman daun atau bunga.

Untuk kolam renangnya ditempatkan di area pinggir. Karena dipadukan dengan taman, akan serasi jika mengusung konsep klasik. Buat dinding kolam dengan menggunakan material batu bata atau sejenisnya yang mendukung,

3. Kolam Renang Kecil dengan Dak Kayu

Kolam Renang Kecil dengan Dak Kayu
Kolam Renang Kecil dengan Dak Kayu (Source : instagram.com/galeripropertijogja)

Konsep seperti ini memberikan kesan mewah dan begitu menarik untuk dilihat. Kolam renang kecil dengan dak kayu dibuat dengan memaksimalkan area yang ada untuk kolam renang. Maksudnya tidak dibagi dengan taman atau gazebo.

Tempat bersantainya dibuat dengan memanfaatkan area kosong di sekitar kolam renang. Meskipun hanya sempit, tetapi masih nyaman dan tentunya aman untuk ditempati.

Jangan khawatir, dengan menerapkan konsep satu ini, Anda tetap bisa menempatkan tanaman. Peletakkan di pinggir kolam renang, menyatu dengan dinding.

4. Kolam Renang Romantis

Kolam Renang Romantis
Kolam Renang Romantis (Source : instagram.com/tantiliapianawati)

Desain kolam renangnya dibuat minimalis dengan pencahayaan redup. Kolam renang belakang rumah dengan konsep romantis mendukung digunakan untuk me time bersama pasangan.

Agar tidak terasa sangat gersang, pada sisi kolam renang tambahkan tanaman hias berbunga. Tujuannya untuk membuat suasana terasa semakin romantis.

Jika area kosong masih luas, sebaiknya tambahkan tempat duduk dari kayu atau besi. Setelah selesai berenang, kursi tersebut dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar.

5. Kolam Renang Kecil dengan Gazebo

Kolam Renang Kecil dengan Gazebo
Kolam Renang Kecil dengan Gazebo (Source : kolambali.com)

Gazebo yang diletakkan di dekat kolam renang merupakan tempat ternyaman untuk bersantai ataupun mengerjakan tugas supaya otak lebih fresh dan tidak panas.

Sebenarnya, konsep kolam renang seperti ini tidak harus diterapkan pada rumah dengan lingkungan yang luas. Buat ukuran kolam renangnya minimalis dengan tingkat kedalaman sesuai dengan tujuan pembuatan.

Apabila kolamnya untuk anak-anak, silakan buat tingkat ketinggiannya sebatas lutut orang dewasa atau sesuaikan dengan standar keamanan yang berlaku.

6. Kolam Renang Mini Tema Industrial

Kolam Renang Tema Industrial
Kolam Renang Tema Industrial (Source : rumah123.com)

Baik rumah, coffee shop, atau restoran, sekarang ini banyak yang menerapkan desain industrial. Bukan hanya tiga bangunan tersebut, kolam renang juga sangat cocok dengan konsep industrial.

Desainnya yang simpel membuat area yang dibutuhkan untuk membangun kolam renang tidak begitu luas.

Ada satu trik khusus untuk membuat tampilan kolam renang terlihat lebih menarik yaitu menambahkan ornamen-ornamen pendukung. Mengenai tempat duduknya, cukup gunakan salah satu sisi kolam renang untuk dibuat dudukan dari semen.

7. Kolam Renang Minimalis dengan Air Mancur

Kolam Renang Minimalis dengan Air Mancur
Kolam Renang Minimalis dengan Air Mancur (Source : instagram.com/rumahjulie)

Kabar baik bagi yang ingin membuat kolam renang minimali tetapi terlihat mewah, ada salah satu konsep yang akan menjawab kebutuhan tersebut, yaitu kolam renang minimalis dengan air mancur.

Tidak harus yang berukuran besar, cukup gunakan air mancur minimalis. Letakkan di sisi samping kolam atau dekat gazebo.

Pada dinding-dinding kolam renang, berikan lampu tempel yang diletakkan di wadah transparan tertutup. Manfaatnya yakni ketika ada hujan, lampu kolam renang tidak mudah mengalami korsleting.

8. Kolam Renang Mini Tempat Bersantai di Pinggir Kolam

Kolam Renang Mini Tempat Bersantai di Pinggir Kolam
Kolam Renang Mini Tempat Bersantai di Pinggir Kolam (Source : rumah123.com)

Kolam renang di belakang rumah lebih cocok dijadikan sebagai tempat bersantai, baik sendiri atau bersama pasangan. Ukurannya dibuat kecil dengan tingkat kedalaman yang tidak begitu dalam.

Hal yang membuatnya spesial adalah duduknya diletakkan tepat di salah satu sisi kolam renang, Saat duduk di atasnya, Anda bisa bersantai dengan memasukkan kaki ke kolam renang.

Biasanya konsep tersebut sering digunakan di hotel-hotel yang mengusung tema alam karena tanpa atap. Jadi pemilik kolam renang bisa langsung menatap indahnya langit saat bersantai di sana.

9. Kolam Renang Memanjang di Belakang Rumah

Kolam Renang Memanjang di Belakang Rumah
Kolam Renang Memanjang di Belakang Rumah (Source : instagram.com/blekdarmawan)

Berenang merupakan kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Khusus para orang tua yang ingin memperkenalkan anak-anaknya dengan kegiatan berenang, pilih desain kolam renang ini.

Letakkan di area tertutup untuk menjaga keamanan sekaligus kenyamanan anak-anak selama berenang.

Akan lebih nyaman lagi jika menambahkan sumber air hangat. Ketika berenang di waktu hujan, anak-anak anak tidak akan merasakan kedinginan. Tidak perlu terlalu lebar, buat kolam renang dengan lebar 0,5 – 1 meter.

10. Kolam Renang Mini

Kolam Renang Mini di Belakang Rumah
Kolam Renang Mini di Belakang Rumah (Source : parboaboa)

Meski kurang mendukung digunakan berenang, tetapi kolam renang mini recomended digunakan berendam dan bersantai.

Ukurannya yang mini membuatnya aman digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jika ingin menggunakan untuk bersantai dan merilekskan pikiran, buat kolamnya di dalam ruangan tertutup.

Jangan lupa untuk menyisakan space di sekitar kolam agar dapat digunakan duduk santai sambil menikmati minuman atau camilan.

11. Kolam ala Jacuzzi untuk Lahan Terbatas

Kolam ala Jacuzzi untuk Lahan Terbatas
Kolam ala Jacuzzi untuk Lahan Terbatas (Source : instagram.com/blekdarmawan)

Ingin membuat kolam belakang rumah dengan konsep jacuzzi tetapi hanya memiliki area minimalis? Tenang, desain jacuzzi juga cocok diterapkan di area berukuran minimalis.

Buat lebarnya berukuran 1 meter, sedangkan panjangnya sesuaikan saja dengan ketersediaan lahan. Supaya lebih terlihat cantik, pada bagian dasar kolam, gunakan porselen bermotif timbul. Tujuan lainnya untuk menghindari lantai licin karena lumut atau kotoran.

Jangan lupa, taruh tanaman hidup di sekitar kolam. Sebaiknya memilih tanaman hias daun agar lebih segar dan nyaman untuk ditempati.

12. Atap Rumah Untuk Kolam Renang

Atap Rumah Untuk Kolam Renang
Atap Rumah Untuk Kolam Renang (Source : lamudi.co.id)

Memiliki rumah berukuran kecil bukanlah halangan untuk membangun kolam renang. Inspirasi kolam renang paling cocok diterapkan adalah kolam renang atap.

Sesuai penamaannya, pembangunannya diletakkan di balkon. Tidak perlu terlalu lebar, buat kolam renang berukuran sedang yang kira-kira nyaman untuk bersantai. Untuk atapnya, Anda dapat memilih untuk membiarkannya tanpa atap atau menggunakan atap transparan.

Rumah minimalis dengan kolam renang atap dengan atap transparan jauh lebih direkomendasikan. Alasannya karena dapat digunakan kapanpun, misalnya saat hujan atau malam hari.

13. Kolam Renang Minimalis di Halaman Belakang Rumah

Kolam Renang Minimalis di Halaman Belakang Rumah
Kolam Renang Minimalis di Halaman Belakang Rumah (Source : apartmenttherapy.com)

Menempatkan kolam renang di belakang rumah akan semakin menambah nilai privasinya. Memaksimalkan area yang ada sepenuhnya untuk kolam renang supaya dapat berenang dengan bebas.

Pada konsep kolam saat ini, baik yang minimalis atau normal, kebanyakan menempatkan tanaman di sekitarnya. Cukup gunakan tanaman berukuran kecil untuk menghemat ruang.

Buat salah satu sisi kolam renang memiliki tangga yang berguna untuk bersantai sambil berenang. Di sisi lain, tambahkan juga pegangan untuk memudahkan saat keluar dari kolam.

14. Vertikal Garden Dekat Kolam Renang

Vertikal Garden Dekat Kolam Renang
Vertikal Garden Dekat Kolam Renang (Source : parboaboa)

Konsep vertikal garden belakangan semakin banyak diminati karena menghemat ruangan. Cocok dipadukan dengan rumah minimalis dengan kolam renang kecil yang diletakkan di belakang atau samping rumah.

Di area yang longgar, tambahkan kursi rotan dan satu meja kecil untuk bersantai setelah berenang ataupun sambil membaca buku. Disarankan untuk menggunakan pencahayaan alami yaitu dari matahari supaya tanamannya tetap dapat berfotosintesis.

Untuk menambah nilai keindahannya, gunakan lantai dari kayu atau porselen yang memiliki motif layaknya kayu berwarna coklat.

15. Kolam Renang Semi Outdoor di Halaman Belakang

Kolam Renang Semi Outdoor di Halaman Belakang
Kolam Renang Semi Outdoor di Halaman Belakang (Source : parboaboa)

Penyuka konsep rumah modern sangat direkomendasikan untuk memilih kolam renang semi outdoor. Penempatan kolam renangnya memanfaatkan area bawah tangga luar yang berdampingan dengan ruang tidur.

Bentuknya dibuat kecil memanjang yang tetap nyaman digunakan untuk berenang dan bermain-main air. Karena peletakannya di area yang minim cahaya, bagian atapnya dibuat semi terbuka. Artinya, ada sebagian yang menggunakan atap dan ada sebagian yang tanpa atap.

Selain pencahayaan alami, juga diberi pencahayaan dari lampu. Bukan lampu yang nyalanya terang, justru lampunya menggunakan volate kecil. Kolam renang menjadi terkesan romantis dan hawanya cenderung dingin menenangkan.

Itulah pilihan kolam renang minimalis belakang rumahdengan berbagai konsep. Meski tidak memiliki tanah yang luas, tetapi dengan menerapkan konsep-konsep di atas, Anda tetap akan mendapatkan kolam renang nyaman dan mendukung untuk digunakan bersantai.