Satu hal yang perlu dilakukan saat akan memilih konsep kamar anak perempuan minimalis adalah mencari inspirasi paling sesuai. Sekarang ini tersedia banyak sekali pilihannya mulai dari yang serba pink, karakter kartun lucu, dan sebagainya.

Tidak sama dengan laki-laki, kamar untuk perempuan didesain lebih feminim. Untuk menonjolkan kesan tersebut, perlu didukung beberapa hal termasuk ornamen pendukung, cat, dan penataan ruangan.

8 Ide Kamar Anak Perempuan Bertema Minimalis

Banyak yang mengaku kesulitan dalam mendesain kamar anak perempuan dengan tema minimalis. Namun di era modern, Anda dapat memilih model kamar minimalis berbagai tema. Penasaran? berikut pembahasan lengkapnya:

1. Kamar Tidur Minimalis Modern

Kamar Tidur Minimalis Modern
Kamar Tidur Minimalis Modern (Source : Dekorrumah.net)

Kunci utama dari konsep satu ini adalah penggunaan furniture multifungsi mulai dari meja belajar, lemari, dan ranjang. Dengan begitu meskipun kamarnya tidak luas tetapi masih muat untuk menempatkan banyak barang.

Mengenai pemilihan warnanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Khusus anak perempuan, umumnya menyukai warna soft atau girly seperti halnya biru langit, pink, coklat muda, dan putih.

Trik khusus supaya ruangan lebih menarik yaitu dengan menempatkan ornamen karakter. Misalnya saja bagian sandaran ranjang dibuat dengan bentuk kelinci, Hello Kitty, atau karakter kesukaannya.

2. Kamar Tidur dengan Cat Dua Warna

Kamar Tidur dengan Cat Dua Warna
Kamar Tidur dengan Cat Dua Warna (Source : Instagram.com/noushaputriy)

Sesuai dengan penamaannya, kamar tidur dengan konsep cat ini adalah hasil kombinasi dua warna. Pencampuran warnanya tidak dipadukan saat cat masih basah tetapi langsung diterapkan di tembok.

Takut terkesan monoton? tidak perlu khawatir, silakan menggunakan pola ketika menerapkan cat. Pilih pola yang menarik dan sesuai dengan tema kamar, contohnya yaitu zig zag, menyerong, atau dibagi sama rata.

Paduan dua warna akan membuat ruangan tampak begitu full color dan lebih ceria. Tentu sangat cocok untuk kamar anak perempuan baik yang suka desain feminim maupun sederhana. 

3. Kamar Tidur Monokromatik

Kamar Tidur Monokromatik
Kamar Tidur Monokromatik (Source : Pinterest.com/Natasya Kayla)

Gaya monokromatik sering dirujuk oleh para penyuka ruangan simpel dengan kesan sedikit misterius. Memang tidak mencerminkan keimutan, akan tetapi mampu menciptakan kenymanan.

Kunci utama dalam pemilihan desain kamar untuk anak-anak bukan hanya dari nilai keindahannya saja tetapi juga kenyamanan. Ada cara khusus jika ingin tetap menampilkan kesna imut dan lucu yakni dengan menambahkan boneka atau ornamen pendukung.

Monokromatik memiliki ciri khusus yang mudah dikenali, salah satunya adalah dari pemilihan warnanya. Warna paling sering digunakan mulai dari abu-abu, putih, hitam.

4. Kamar Tidur Bergaya Skandinavia

Kamar Tidur Bergaya Skandinavia
Kamar Tidur Bergaya Skandinavia (Source : Josianebacarin.arquitetura)

Desain kamar tidur anak perempuan selanjutnya yang juga direkomendasikan adalah gaya skandinavia. Ciri khasnya yang ditampilkannya yaitu simpel serta cenderung klasik, apalagi didukung dengan perabotan-perabotannya.

Bukan warna menyala, skandinavia ditandai dengan penggunaan warna alami. Salah satu manfaat pentingnya adalah untuk membuat udara di sekitar terasa dingin serta memberikan kenyamanan sehingga saat tidur lebih lelap.

Berbeda dengan warna terang, biasanya akan memunculkan rasa kurang nyaman terkhusus bagi para penyuka konsep sederhana yang cenderung misterius. Anak dengan tipe ini sebaiknya menggunakan kamar berkonsep skandinavia.

5. Kamar Tidur Sesuai dengan Karakter Favorit

Kamar Tidur Sesuai dengan Karakter Favorit
Kamar Tidur Sesuai dengan Karakter Favorit (Source : Homeshabby.com)

Bagi yang masih bingung memilih kamar untuk buah hatinya, coba perhatikan karakter kesukaannya. Di usia kanan-kanak, seringkali mereka menyukai karakter kartun tertentu seperti halnya Winnie The Pooh, Masha and the Bear, atau Frozen.

Membuat kamar dengan karakter kesukaan anak merupakan pilihan paling tepat. Lengkapi juga kamar dengan berbagai pernak-perniknya mulai dari gorden, sprei, meja belajar, dan hiasan dinding.

Tambahkan wallpaper dinding sesuai tema jika ingin membuat ruangan terasa seperti berada di dunia kartun aslinya. Tersedia beragam pilihan wallpaper dinding di marketplace atau toko penyedia terdekat.

6. Kamar Tidur dengan Desain Alam

Kamar Tidur dengan Desain Alam
Kamar Tidur dengan Desain Alam (Source : Instagram.com/inesprei23)

Khusus untuk anak-anak yang tertarik dengan alam, konsep kamar tidur desain alam merupakan pilihan paling disarankan. Modal dalam pembuatannya tergantung dari luas kamar dan ornamen yang digunakan.

Berikan tanaman-tanaman dalam ruangan supaya kesan alaminya lebih terasa. Tanaman yang sebaiknya diaplikasikan adalah jenis merambat dan tanaman hias daun, seperti halnya janda bolong atau sejenisnya.

Sebenarnya tidak perlu terlalu banyak menempatkan tanaman, berikan secukupnya saja. Perlu diketahui, penempatan tanaman dalam ruangan bukan hanya bertujuan memperindah kamar, tetapi juga membuat udara sekitar semakin segar.

7. Kamar Tidur dengan Dekorasi Serba Pink

Kamar Tidur dengan Dekorasi Serba Pink
Kamar Tidur dengan Dekorasi Serba Pink (Source : Homeshabby.com)

Memang tidak semua anak perempuan menyukai warna pink, namun warna ini identik dengan kesan feminim. Konsep ini bisa dipadukan dengan karakter kartun lucu termasuk Hello Kitty dan Unicorn.

Anak-anak umumnya menyukai karakter tersebut, bahkan mereka sering meminta kepada orang tuanya untuk dibuatkan kamar serba pink yang dilengkapi perabotan berbau unicorn. Warna pink soft sangat disarankan digunakan karena tidak membuat cepat bosan.

Apabila buah hati kurang menyukai warna pink, cobalah untuk memadukan warna pendukung. Ada beberapa yang disarankan, mulai dari biru, kuning, orange, hitam, dan putih.

8. Kamar Berkonsep Industrial

Kamar Berkonsep Industrial
Kamar Berkonsep Industrial (Source : onekindesign.com)

Pada dasarnya konsep industrial memberikan kesan dewasa, oleh sebab itu sebaiknya diaplikasikan pada kamar anak perempuan remaja. Keuntungan yang sering dirasakan oleh penggunanya yaitu konsep industrial tidak mudah membuat bosan.

Warna cat yang sering digunakan untuk mendukung konsep ini sebagian besar adalah gelap. Hanya saja gelap yang dimaksud tidak terbatas pada warna hitam saja melainkan juga warna lainnya, contohnya grey, navy, hijau botol, dan sebagainya.

Itulah rekomendasi Ide kamar anak perempuan minimalisyang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar list. Sebaiknya melibatkan anak dalam pemilihan modelnya agar tidak menyebabkan mereka kesal atau marah akibat desainnya kurang sesuai keinginan.