Pagar rumah tidak hanya berfungsi sebagai pembatas dan menjaga keamanan lingkungan rumah, tetapi juga menambah nilai estetika dari rumah tersebut. Oleh karena itu, desain pagar rumah seharusnya tidak dilakukan secara asal-asalan.

Pemilihan bahan, model, dan warna pagar sangat memengaruhi tampilan pagar tersebut. Olehnya itu, ketiga komponen ini harus dipadukan dengan tepat agar menghasilkan desain pagar yang terlihat indah, menarik, serta selaras dengan rumah Anda.

Saat ini sudah banyak sekali model dan desain pagar yang bermunculan, salah satunya adalah desain pagar rumah mewah minimalis. Jika tertarik untuk mengaplikasikannya sebagai pagar rumah Anda, di bawah ini akan disebutkan beberapa inspirasi pagar rumah elegan dan mewah minimalis.

20+ Rekomendasi Pagar Rumah Mewah

1. Pagar Besi Hitam Elegan

Pagar Besi Hitam Elegan
Pagar Besi Hitam Elegan

Salah satu inspirasi pagar rumah mewah yang bisa diaplikasikan pada rumah Anda adalah pagar besi berwarna yang dibentuk seperti bergaris-garis. Pagar model ini menjadikan fasad rumah mewah Anda terlihat elegan dan menarik. 

2. Pagar Hitam Elegan dengan Gerbang Kayu

Pagar Hitam Elegan dengan Gerbang Kayu
Pagar Hitam Elegan dengan Gerbang Kayu

Inspirasi yang satu ini sangat cocok diterapkan pada halaman rumah yang luas. Pagar berwarna hitam yang dipasang bergaris-garis menjadikannya terlihat elegan. Terlebih lagi dengan dipadukannya gerbang pagar yang menggunakan bahan kayu, menjadikan nuansa alami sangat kental.

3. Rumah Mewah Pagar Sederhana

Rumah Mewah Pagar Sederhana
Rumah Mewah Pagar Sederhana (Source : rumah123.com)

Gaya klasik sederhana belakangan sering dijadikan rujukan oleh masyarakat modern. Kesan yang diberikannya adalah simpel dan elegan. Cocok diterapkan pada rumah di daerah pedesaan maupun perkotaan.

4. Minimalis Modern

Pagar Rumah Minimalis Modern
Pagar Rumah Minimalis Modern (Source : rumah123.com)

Akibat lahan yang ada saat ini semakin sedikit, pagar minimalis modern sering dijadikan pilihannya. Ciri khasnya yaitu didominasi oleh cat warna putih atau hitam sehingga menampakkan kesan kokoh dan mewah secara bersamaan.

5. Pagar Rumah Mewah Minimalis

Pagar Rumah Mewah Minimalis
Pagar Rumah Mewah Minimalis (Source : rumah123.com)

Kabar baik untuk yang membangun rumah di lokasi terbatas, menggunakan gaya pagar rumah minimalis dapat memperindah tampilan rumah. Seringkali, para arsitek memanfaatkan material besi guna meningkatkan keawetannya.

6. Model Pagar dengan Kanopi

Model Pagar dengan Kanopi
Model Pagar dengan Kanopi (Source : olx.co.id)

Perbedaan paling terlihat dari pagar biasa dengan pagar plus kanopi adalah adanya kanopi di bagian depan. Berbicara mengenai material penyusunnya, kebanyakan memanfaatkan paduan batu alam dan besi atau kayu berkualitas unggul.

7. Pagar Besi dan Kayu


Pagar Besi dan Kayu
Pagar Besi dan Kayu (Source : solusiruma.com)

Sudah ada banyak orang memilih pagar besi dan kayu untuk menambah nilai estetik sebuah rumah. Perlu diingat, kayu dan besi yang digunakan dipilih dengan kualitas unggul. Hindari memanfaatkan bahan berkualitas buruk agar terhindar dari berbagai dampak buruknya.

8. Tembok Pagar Batu Alam

Tembok Pagar Batu Alam
Tembok Pagar Batu Alam (Source : artikel.rumah123.com)

Jawaban bagi yang masih mencari rekomendasi pagar rumah mewah dan menawan, pagar batu alam akan memenuhi kebutuhan tersebut. Jenis batu alam paling umum dimanfaatkan yakni marmer karena menampilkan guratan indah.

9. Pagar Rumah Nan Estetik

Pagar Rumah Nan Estetik
Pagar Rumah Nan Estetik (Source : arsitag.com)

Tidak hanya mewah, keestetikan sebuah pagar menjadi fokus utama supaya bangunan terlihat lebih hidup dan nyaman ditinggali. Seringkali cat yang digunakan berwarna putih atau coklat dengan tone muda sampai tua.

10.  Pagar Minimalis

Pagar Minimalis (Source : arsitag.com)
Pagar Minimalis (Source : arsitag.com)

Masyarakat modern seringkali memilih jenis pagar minimalis. Meski membuat tampilannya sederhana, hal itu tidak mengurangi sedikitpun keeleganannya. Secara spesifik, model yang diberikan ada banyak jumlahnya.

11. Pagar Rumah Mewah Klasik

Pagar Rumah Mewah Klasik (Source : pinterest.com)
Pagar Rumah Mewah Klasik (Source : pinterest.com)

Gabungan konsep mewah dan klasik menjadikan pagar rumah begitu menarik untuk dipandang. Sayangnya, untuk membuatnya diperlukan dana cukup besar apalagi jika dibuat dengan ukuran besar.

12. Pagar Tinggi dengan Aksen Emas

Pagar Tinggi dengan Aksen Emas (Source : berita.99.co)
Pagar Tinggi dengan Aksen Emas (Source : berita.99.co)

Rumah yang paling cocok menggunakan model pagar satu ini adalah berkonsep mewah klasik. Hal tersebut menjadikannya tampak seperti kastil dengan tingkat kemewahan tinggi. Sesuai namanya, di beberapa bagian diberikan cat berwarna keemasan.

13. Pagar Artis

Disebut pagar artis karena sering dijadikan pilihan para artis dalam membuat pagar. Penampilannya begitu mewah, terlebih catnya menggunakan paduan warna hitam dan emas. Sedangkan di bagian atas pagarnya diberikan aksen seperti mahkota.

14. Bergaya Semi Industrial

Bahan yang digunakan untuk membangun pagar jenis ini yaitu bata ekspos. Desainnya menjadi tampak unik apalagi penyusunannya dibuat acak. Gaya semi industrial merupakan solusi untuk yang ingin menghemat pengeluaran.

15. Pagar Ala Konglomerat

Kemewahan dan kekuasaan merupakan kesan pertama kebanyakan orang ketika melihat model pagar ala konglomerat. Material pagar memanfaatkan besi dengan kualitas bagus yang begitu kokoh dipengaruhi tingkat ketebalannya tinggi.

16. Pagar Berbahan Besi

Sebagian besar perumahan sudah banyak menggunakan pagar berbahan besi. Hal ini karena keunggulan yang ditawarkannya, salah satu paling terlihat adalah tampak begitu kokoh. Di samping itu, meskipun berbahan besi tetapi tidak mudah berkarat karena dilapisi cat khusus.

17. Pagar Rumah Kaca Buram

Sesuai penyebutannya, pagar rumah dengan kaca buram akan menambah nilai elegan sebuah bangunan. Alasan mengapa menggunakan kaca buram karena dapat menjaga privasi pemilik rumah. Dengan begitu, orang yang berada di dalamnya tetap nyaman saat melakukan kegiatan.

18. Pagar Rumah Kayu

Solusi untuk yang ingin memiliki rumah bergaya klasik adalah menggunakan pagar kayu. Sejak lama, kayu memang sering dimanfaatkan sebagai material bangunan termasuk pagar rumah. Hanya saja disarankan menggunakan jenis kayu dengan daya tahan terhadap cuaca tinggi.

19. Pagar Rumah Aluminium

Jangan khawatir, membuat pagar tidak selamanya menghabiskan biaya besar. Pagar rumah mewah minimalis berbahan aluminium merupakan pilihan terbaiknya. Bukan hanya harganya cenderung ekonomis, daya tahannya juga tidak bisa diragukan.

20. Pagar Rumah Bambu

Konsep pagar ini sangat disarankan digunakan untuk Anda yang ingin membuat rumah tampak asri. Penggunaan bambu untuk pagar sendiri terbukti ramah lingkungan dan ekonomis. Jika sudah rusak, maka tinggal meletakkannya di sekitar rumah agar diproses oleh dekomposer.

21. Pagar Kayu dan Dinding Batu

Untuk membuat rumah terlihat klasik sekaligus modern, memadukan antara pagar kayu dan batu adalah rekomendasi terbaiknya. Sudah banyak yang menerapkan paduan ini terutama masyarakat di daerah perkotaan ataupun perumahan mewah.

22. Pagar Rumah Rustic

Kebanyakan pagar rustic diterapkan di daerah pedesaan dengan ciri khas minimalis. Mengapa termasuk dalam rekomendasi pagar mewah? jawabannya sebab terlihat modern terlebih apabila materialnya berasal dari kayu premium seperti jati atau lainnya.

23. Pagar Rumah Kayu dan Tembok Beton

Membahas mengenai kekokohan, pagar beton sering dipilih oleh orang-orang yang ingin mendapatkan pagar tahan panas dan hujan. Bagi yang ingin membuat tampilannya lebih estetik, bisa ditambahkan bahan kayu.

24. Pagar Rumah Tembok Louvre

Mengenai kekokohan dan privasi, pagar rumah tembok louvre sudah tidak bisa diragukan lagi. Desainnya memang terlihat begitu sederhana, meskipun begitu tidak membuat pagar tampak seperti rumah lama.

25. Pagar Rumah Batu Bata

Bagi yang ingin membuat rumah terkesan retro, pagar rumah batu bata menjadi opsi paling tepat. Umumnya, jenis pagar ini di bagian terluarnya tidak dilapisi dengan semen. Jadi, akan terlihat langsung susunan batu bata yang kokoh dan elegan.

26. Pagar Besi Abu-abu

Dari namanya saja tentu Anda sudah dapat menebak bagaimana model pagarnya secara umum. Tampilan yang kokoh menjadi fokus utama para arsitek dengan tujuan membuat pagar lebih menarik.

Itulah 20+ rekomendasi pagar rumah mewah yang sebaiknya masuk ke dalam daftar list Anda. Agar desain pagar yang akan dipasang di rumah Anda sesuai ekspektasi, sebaiknya gunakan jasa arsitek yang berpengalaman dalam bidangnya.