Saat ini ada beberapa jenis air radiator mobil Avanza yang bisa digunakan untuk pendinginan. Hal ini sangat penting untuk diketahui, agar nantinya Anda tidak kesulitan mencari air yang cocok digunakan pada radiator mobil Avanza Anda.

Sebagai pengguna Avanza, tentu Anda tahu kalau mesin mobil yang diproduksi oleh Toyota ini mudah panas, terlebih lagi jika digunakan dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, sistem pendinginannya harus dipastikan bekerja dengan baik.

Jenis-jenis Air Radiator Mobil Avanza yang Bisa Digunakan

Ada 4 Jenis Air Radiator Mobil yang Bisa Digunakan
Ada 4 Jenis Air Radiator Mobil yang Bisa Digunakan (Source : moladin.com)

Ada 4 jenis air radiator mobil Avanza yang bisa digunakan untuk pendinginan mobil kesayangan Anda. Masing-masing dari air radiator tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasan detailnya :

1. Air Biasa

Air biasa bisa dijadikan sebagai solusi air radiator untuk mobil Avanza kesayangan Anda. Maksud dari air biasa di sini adalah air mineral dan air keran rumah Anda.

Dari segi biaya, menggunakan air biasa sebagai air radiator tentu lebih hemat dan mudah didapatkan. Hanya saja, tingkat penguapan air biasa tergolong tinggi dan memiliki titik didih rendah (100 Celcius).

Menggunakan air biasa sebagai air radiator dapat mengakibatkan mesin mudah panas dan komponennya cepat berkarat. Oleh karena itu, Anda mesti mempertimbangkan dengan bijak sebelum menggunakan air biasa sebagai air radiator.

2. Air Coolant Radiator

Air coolant juga termasuk salah satu air radiator. Air ini merupakan air radiator khusus yang terbukti mampu mendinginkan mesin dan mencegah terjadinya korosi pada komponen mobil.

Air coolant mengandung propylene glycol, yaitu zat yang berfungsi sebagai anti karat. Keunggulan air radiator yang satu ini adalah lebih cepat dalam mendinginkan suhu mesin dibandingkan air biasa.

Sayangnya, harga jual air coolant radiator lumayan mahal. Selain itu, tidak semua jenis mobil dapat menggunakannya sebagai air radiator.

3. Radiator Super Coolant

Jika mobil Avanza Anda terasa cepat panas, cobalah mengganti air radiator yang digunakan selama ini dengan radiator super coolant. Tapi ingat, Anda harus mencampurkan air radiator tersebut dengan air biasa sebelum dimasukkan ke dalam radiator.

Campuran air biasa tersebut sebaiknya mencapai 50% dari total air yang terdapat di dalam tangki radiator. Bisa berbahaya jika Anda mengisi radiator dengan radiator super coolant saja.

Salah satu keunggulan dari air radiator yang satu ini adalah titik didihnya yang mencapai 130 celcius. Tidak heran jika air radiator ini mampu mendinginkan mesin mobil dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan air coolant radiator.

4. Antifreeze Coolant Protector

Air radiator mobil Avanza lainnya adalah Antifreeze Coolant Protector. Sebenarnya fungsi dan kegunaan air radiator yang satu ini tidak jauh berbeda dari radiator super coolant. Sebab, Anda perlu mencampurkannya dengan air biasa sebanyak 50% dari kapasitas total tangki radiator.

Keunggulan antifreeze coolant protector ini terletak pada kecepatannya dalam mendinginkan radiator. Sebab, kemampuannya dalam mendinginkan mencapai 30% lebih cepat dibandingkan air biasa dan air coolant radiator.

Cara Mengisi Air Radiator Secara Mandiri

Cara Mengisi Air Radiator Secara Mandiri
Cara Mengisi Air Radiator Secara Mandiri (Source : mobilmo.com)

Mengisi air radiator mobil Avanza bisa menggunakan bantuan bengkel. Hanya saja, cara ini mengharuskan Anda mempersiapkan budget khusus untuk itu.

Jika ingin hemat, Anda bisa mengisi air radiator secara mandiri. Cara melakukannya juga tidak sulit. Jika masih bingung caranya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Matikan dan Periksa Suhu Mobil

Langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin mobil Avanza dan memastikan suhunya sudah dingin. Jika mesin mobil masih panas, jangan memaksakan diri untuk membuka katup radiator. Sebab, hal itu akan menyebabkan air di dalam radiator akan menyembur.

Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai mesin mobil Avanza Anda dingin, barulah membuka katup radiator.

2. Buang Sisa Air Radiator

Sebelum mengisi kembali radiator mobil Anda dengan air radiator yang baru, pastikan isi radiator betul-betul kosong. Jika masih ada air radiator yang tersisa, tinggal buka radiator tersebut dan buanglah sisa airnya.

3. Menuangkan Air Radiator

Setelah memastikan tangki radiator benar-benar dalam keadaan kosong, selanjutnya Anda tinggal melakukan pengisian air radiator yang baru. Tinggal tuangkan air radiator yang ingin Anda gunakan. Berhati-hatilah saat menuangkannya agar tidak ada air radiator yang terbuang percuma.

Selain itu, pastikan air radiator yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Avanza Anda. Isilah hingga mencapai 90% dari total tangki radiator.

4. Tutup Katup Radiator

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, berarti proses pengisian air radiator yang baru berhasil dilakukan. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menutup kembali katup radiator agar airnya tidak tumpah ke mana-mana.

Itulah tadi 4 air radiator mobil Avanza yang direkomendasikan dan cara melakukan pengisian ulang secara mandiri. Dengan mengetahui caranya, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu meminta bantuan bengkel untuk melakukannya.

Baca Juga: Estimasi Biaya Kuras Radiator Mobil