Keberadaan aki motor sangatlah penting. Sebab, alat yang satu ini merupakan sumber daya listrik yang berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan pada motor, seperti starter elektrik, fuel pump, dan yang lainnya.

Karena besarnya fungsi alat ini, tentu Anda tidak boleh menggunakan aki berkualitas rendah. Penggunaan aki terbaik motor jauh lebih baik dalam menjaga performa kendaraan tetap maksimal.

Saat ini sudah banyak sekali jenis aki motor yang dijual di pasaran. Dari sekian banyak jenis tersebut, ada beberapa merk yang kami rekomendasikan untuk Anda. Apa sajakah merk aki tersebut? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

Detail Ulasan 8 Merk Aki Motor Terbaik

1. Motobatt

Aki Motor Motobatt
Aki Motor Motobatt (Source : shopee.co.id)

Rekomendasi merk aki motor terbaik paling pertama adalah Motobatt. Alih-alih menggunakan cairan sebagai penyimpan daya sebagaimana pada aki motor lainnya,  justru aki ini menggunakan gel untuk penyimpanan dayanya.

Apakah gel lebih unggul dalam menyimpan daya dibandingkan cairan? Tentu saja, karena aki menjadi lebih kuat dan lebih lama digunakan.

Selain itu, gel tidak bergerak bebas seperti halnya cairan. Sehingga, aki motor Motobatt terbukti lebih tahan goncangan. Menariknya, harga jual aki motor yang satu ini tergolong murah. Dengan mengeluarkan isi dompet kurang lebih sebesar Rp.260.000, Anda sudah bisa memberandol aki motor ini.

2. Bosch

Aki Motor Bosch
Aki Motor Bosch (Source : blibli.com)

Bagi penggemar otomotif, nama Bosch tentu tidak asing lagi. Perusahaan yang berkantor pusat di Gerlingan, dekat Stuttgart, Jerman ini memang dikenal sebagai penyuplai komponen otomotif besar dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan lagi.

Oleh karena itu, salah satu salah satu merk aki terbaik motor yang direkomendasikan untuk Anda adalah Bosch. Keunggulan produk-produk aki Bosch terletak pada teknologi AGM (Absorbent Glass Mat) yang disematkan padanya.

Teknologi tersebut menjadikan umur aki lebih panjang dan tenaga starternya lebih tinggi. Terlebih lagi dengan adanya bahan gel dan separator antar sel berkualitas padanya, menjadikan daya aki tidak mudah berkurang.

Saat ini aki motor BOSCh dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp.200.000 hingga Rp.400.000. Harga ini tergolong murah dan terjangkau mengingat kualitas yang dimiliki oleh aki ini.

Baca juga: Cara mudah jumper aki mobil

3. Yuasa

Aki Motor Yuasa
Aki Motor Yuasa (Source : yuasabattery.co.id)

Merk aki motor lainnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah Yuasa. Aki buatan produsen asal Jepang ini sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak produsen otomotif, baik motor maupun mobil yang merekomendasikan aki ini.

Tidak heran jika saat ini aki Yuasa sangat mudah ditemukan di pasaran. Selain memproduksi aki basah, Yuasa juga memproduksi aki kering. Oleh karena itu, jenis aki apapun yang digunakan motor Anda, merk Yuasa merupakan pilihan terbaik.

Harga jual aki motor Yuasa cukup bervariasi, tergantung jenisnya kering atau basah. Untuk memberandolnya saat ini, Anda mesti mengeluarkan isi dompet berkisar Rp.200.000 hingga Rp.400.000.

4. Zeus

Aki Motor Zeus
Aki Motor Zeus (Source : bukalapak.com)

Merk aki motor berikutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah Zeus. Kualitas aki ini tidak perlu diragukan lagi, karena bahan baku tergolong berkualitas. Setelah membelinya, aki ini langsung bisa digunakan tanpa perlu melakukan pengisian daya tambahan.

Aki Zeus cocok digunakan untuk berbagai merk dan tipe sepeda motor. Tidak perlu ragu untuk menggunakan aki Zeus, karena produk ini sudah memenuhi Standard SNI, Standard JIS dan DIN JIS (Japan Industrial Standard).

Tertarik ingin membeli aki terbaik motor yang satu ini? Jika iya, persiapkan budget Anda berkisar Rp.400.000 hingga Rp.500.000. Agak mahal memang, tetapi kualitasnya tidak akan membuat Anda kecewa.

5. GS Astra

Aki Motor GS Astra
Aki Motor GS Astra (Source : bukalapak.com)

Salah satu merk aki yang juga direkomendasikan bagi Anda adalah GS Astra. Merk ini juga sudah familiar di kalangan masyarakat indonesia. Oleh karena itu, jangan heran jika aki merk ini mudah ditemukan di mana-mana.

Soal kualitas, aki merk GS Astra tidak kalah dari merk-merk lainnya. Tidak hanya memproduksi aki basah, GS juga memproduksi jenis aki kering. Khusus untuk mobil, aki GS Astra dibekali dengan teknologi hybrd yang memadukan teknologi aki basah dan aki kering.

Saat ini Aki GS Astra dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp.100.000 hingga Rp.200.000. Harga ini tentu ramah bagi kantong Anda, bersamaan dengan kualitasnya yang tidak bakalan mengecewakan.

6. Federal

Aki Motor Federal
Aki Motor Federal (Source : bukalapak.com)

Rekomendasi merk aki motor terbaik lainnya adalah Federal. Sebagai salah satu merk yang sudah dikenal lama di Indonesia, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, jika Anda lagi mencari aki dengan merk berkualitas yang dijual dengan harga murah, maka  merk Federal merupakan pilihan yang tepat.

Tertarik untuk membeli aki motor merk Federal? Tidak perlu khawatir, harganya terjangkau kok. Sebab, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berkisar Rp.100.000 hingga Rp.200.000 untuk memberandolnya.

7. Aspira

Aki Motor Aspira
Aki Motor Aspira (Source : bukalapak.com)

Rekomendasi berikutnya bagi Anda yang ingin membeli aki motor terbaik adalah Aspira. Sebagai salah satu produk yang masih satu grup perusahaan Astra, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dari segi harga jual juga tergolong murah dan ramah di kantong.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mengganti aki mobil dengan merk lain, sebaiknya gunakan merk Aspira. Harga jualnya berkisar Rp.150.000 di pasaran saat ini. Dengan harga semurah ini, Anda sudah bisa mendapatkan aki motor berkualitas dan terbaik.

8. Furukawa Battery

Aki Motor Furukawa Battery
Aki Motor Furukawa Battery (Source : moladin.com)

Rekomendasi paling terakhir untuk aki motor terbaik pada postingan kali ini adalah Furukawa Battery. Produsen aki motor ini juga berasal dari Jepang dan sudah dikenal di Indonesia lebih dari satu abad.

Pemasaran aki merk ini di Indonesia ditangani oleh PT Furukawa Indomobil Battery Sales selama ini. Sampai saat ini sudah dipercaya oleh ratusan produsen kendaraan bermotor di seluruh dunia. Ini menunjukkan kalau kualitas akinya tidak perlu diragukan lagi.

Banyak keunggulan yang dimiliki aki yang diproduksi oleh Furukawa Battery. Salah satunya terletak pada kualitas bahan baku yang digunakannya, yaitu berupa timah murni.

Berkat teknologi anti explode yang disematkan pada aki merk ini, ledakan yang bisa terjadi akibat korsleting dan percikan api dapat dicegah.

Keunggulan lain yang juga dimiliki oleh aki merk ini terletak pada separator tipis dan berpori yang terdapat padanya. Dengan adanya separator ini, performa battery semakin meningkat. Selain itu, aki jadi lebih stabil dan dapat difungsikan dengan mudah ketika Anda menekan starter kendaraan.

Perlukah Menggunakan Aki yang Sesuai Spesifikasi Motor?

Pentingnya Menggunakan Aki Sesuai Spesifikasi
Pentingnya Menggunakan Aki Sesuai Spesifikasi (Source : tribunnews.com)

Kita semua tentu paham kalau setiap jenis motor memiliki spesifikasi yang berbeda. Oleh karena itu, komponen yang digunakan harus disesuaikan dengan spesifikasinya. Termasuk dalam hal ini aki motor yang akan digunakan.

Sebagai contoh, spesifikasi aki motor yang digunakan pada motor bebek tentu berbeda dengan spesifikasi aki pada motor sport.

Umumnya jenis motor bebek menggunakan aki motor dengan spesifikasi 12 V/5 Ah. Spesifikasi ini menunjukan kalau komponen listrik yang terdapat pada jenis motor ini membutuhkan daya listrik sebesar 60 watt.

Sementara jenis motor sport menggunakan aki motor dengan spesifikasi 12 V/10 Ah. Spesifikasi ini menunjukan kalau komponen listrik yang terdapat pada jenis motor ini membutuhkan daya listrik sebesar 120 watt.

Dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Jika tidak sesuai, dikhawatirkan akan mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen listrik yang terdapat di dalamnya.

Kerusakan yang terjadi akibat ketidaksesuaian aki dengan spesifikasi motor bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen CDI, rectifier regulator (kiprok), spul pengisian. Selain itu, aki motor juga bisa cepat rusak.

Demikianlah informasi mengenai merk aki terbaik motor yang direkomendasikan untuk Anda  dan pentingnya menggunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor.

Jika Anda ingin membeli aki motor, tinggal pilih saja salah satu aki yang direkomendasikan di atas yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 50 Rekomendasi Minyak Rem Motor Terbaik