Mobil sedan masih menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan sebagai mobil pribadi, seperti salah satunya sedan Nissan Almera yang sangat laris di pasaran. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa Nissan Almera membawa banyak sekali keunggulan. Sedan yang dikenal sebagai mobil bekas taksi ini memang memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi desain, mesin, ataupun soal kenyamanannya. 

Bisa dibilang mobil ini menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Jadi, tidak heran jika masih banyak yang memburunya di pasaran.

Alasan Mengapa Mobil Bekas Taksi Sangat Diminati

Alasan lain mengapa Nissan Almera banyak dicari ialah karena ia bekas taksi, seperti yang diketahui bahwa mobil bekas taksi selalu memiliki mesin yang bagus. Hal ini karena ia mempunyai perawatan yang rutin setiap bulannya.

Sehingga meskipun dikatakan sebagai mobil bekas, namun mobil ini masih sangat recomended untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari mobil pribadi, mobil keluarga, sebagai koleksi mobil sedan, ataupun untuk mobil modifikasi sekalipun.

Terlepas dari kegunaannya yang sangat beragam, mobil ini memiliki kontroversi yang cukup tinggi. Mengingat mobil keluaran Nissan ini merupakan salah satu jenis mobil yang sering digunakan untuk transportasi umum, sehingga banyak orang yang memandang rendah mobil tersebut.

Namun untuk kamu yang tidak terlalu peduli akan hal itu, maka mobil yang satu ini patut kamu pertimbangkan bila ingin memiliki mobil sedan bekas yang bagus dan berkualitas.

Tips Memilih Mobil Nissan Almera Bekas

Nissan Almera cukup banyak digunakan armada taksi, salah satunya adalah taksi Bluebird
Nissan Almera cukup banyak digunakan armada taksi, salah satunya adalah taksi Bluebird (Gambar: viva.co.id)

Bagi kamu yang tertarik dan hendak membeli mobil yang satu ini, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu tips memilih mobil Nissan Almera bekas yang bagus. Mengingat tetap saja ia merupakan mobil bekas yang mempunyai banyak kelemahan, sehingga kamu harus mengecek beberapa hal ini:

1. Periksa Kondisi Mesin

Memeriksa kondisi mesin menjadi kewajiban saat kamu membeli mobil bekas, apalagi mobil seperti Nissan Almera yang pastinya sudah memiliki jarak tempuh yang tinggi. Mengingat ia banyak digunakan sebagai mobil transportasi taksi.

Cara untuk mengecek kondisi mesin cukuplah simpel, dimana kamu bisa memeriksa starter, suara mesin, halus tidaknya saat berkendara, dan lain sebagainya. Cara seperti ini akan membuat kamu tahu secara garis besar kondisi mesin tersebut.

Namun, bila kamu ingin mengetahui secara lebih detail, maka kamu bisa langsung mengunjungi bengkel mobil yang kamu percayai. Di sini mesin mobil akan dicek secara lebih detail lagi, apakah masih layak untuk digunakan ataupun tidak.

2. Cek Kelengkapan Surat Beserta Keaslian Nomor Rangka Mobil

Jangan lupa juga untuk mengecek semua surat dari mobil tersebut, mulai dari BPKB, surat garansi, surat service, ataupun surat-surat lainnya. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini wajib kamu lakukan agar tidak mudah tertipu.

Bahkan bila menuntut kemungkinan periksalah keaslian dari suratnya, dimana kamu bisa mencocokkan nomor surat dengan nomor di rangka mesin mobil. Sehingga kamu tahu keaslian dari surat ataupun mesin yang digunakan masih original.

Apalagi di zaman sekarang sedang marak-maraknya penipuan berkedok jual beli mobil bekas taksi. Mulai dari memalsukan surat, mengganti mesin mobil, menggunakan rangka berbeda, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Lihatlah Kondisi Sparepart Mobil

Terkadang saat akan dijual, pemilik akan merombak banyak bagian mobil agar terlihat dalam kondisi bagus. Baik dari body mobil yang dihaluskan, mengganti oli mesin agar terasa halus, ataupun menutupi beberapa bagian yang cacat.

Untuk mengatasi hal tersebut supaya kamu tidak tertipu kondisi fisik mobil, maka kamu bisa coba mengecek sparepart mobil tersebut. Bagian inilah yang akan mencerminkan kondisi mobil sebenarnya, karena sulit atau mahal untuk diganti oleh pemilik aslinya.

Sparepart tersebut bisa berupa kondisi shock mobil, velg mobil, rangka mesin, sistem kelistrikan, bagian cakram mobil, dan lain sebagainya. Apabila kondisi masih bagus, maka dipastikan kondisi mobil tersebut memang dalam keadaan yang benar-benar baik.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Bekas Harga di Bawah 100 Juta di 2023

4. Ketahui Harga Pasar Mobil Berdasarkan Tahunnya

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui harga Nissan Almera bekas di pasaran, dimana ia seringkali dibanderol dengan harga yang beragam tergantung kondisi mobil dan tahun mobil. Namun, secara garis besar mobil ini memiliki harga kisaran 50 hingga 70 jutaan.

Apabila kamu menemukan mobil Nissan Almera yang memiliki harga sangat miring, maka kamu patut curiga dengan mobil tersebut. Karena mobil ini sendiri banyak dicari oleh orang, sehingga harganya tidak mungkin turun jauh dari harga pasarannya.

Sedangkan kamu juga tidak boleh asal membeli dengan harga mahal pasti kondisinya masih bagus. Hal tersebut harus kamu hilangkan dari pemikiran, mengingat di masa kini banyak orang yang bisa saja menaikkan harga mobil agar lebih diminati.

Kelebihan Nissan Almera memang sangatlah banyak, mulai dari harga yang terjangkau, body modern, mesin yang bagus, dan masih banyak lainnya. Namun, tetap saja bila kamu akan membeli mobil bekas, maka harus melalui banyak pengecekan agar nanti kamu tak menyesal membelinya.