Warna cat pada dinding rumah bisa menjadi salah satu simbol yang menunjukkan identitas dari sang pemilik rumah. Oleh karena itulah tak heran bahwa banyak orang mengandalkan cat rumah sebagai salah satu elemen penting dalam mempercantik rumah.

Terkait pemilihan warna cat sendiri akan lebih baik jika disesuaikan dengan model rumahnya. Misal warna cat rumah minimalis umumnya memilih warna netral.

Jika mengikuti tren warna cat rumah-rumah minimalis terdahulu akan didominasi oleh pilihan warna cat netral seperti hitam, abu-abu ataupun putih.

Warna-warna netral lebih banyak dipilih karena mudah disesuaikan dengan warna furniture rumah seperti sofa, meja, lemari dan perkakas yang lain. Oleh karenanya, pemilik rumah tak perlu repot lagi menyelaraskan warna perkakas dengan cat rumah.

Selain warna-warna netral, ternyata masih banyak opsi warna-warna lainnya yang dapat diaplikasikan untuk rumah minimalis.

Dengan melakukan kombinasi dan penerapan warna yang tepat, beragam warna cat tersebut mampu menghadirkan suasana hunian yang lebih nyaman. Misalnya saja untuk hunian minimalis kini ada pilihan warna bulu kera yang cukup populer. 

Dalam pemilihan warna cat saat melakukan renovasi rumah, Anda harus mempertimbangkan bahwa ada tiga bagian atau sisi rumah yang juga memerlukan pewarnaan.

Agar kombinasi warna yang didapatkan maksimal, Anda harus mempertimbangkan warna pada area lantai, dinding hingga plafon. Dengan menyelaraskan ketiga sisi rumah ini maka Anda akan memperoleh suasana hunian yang lebih nyaman.

Beragam Opsi Warna Cat Rumah Minimalis yang Populer

Berikut ini adalah daftar pilihan warna cek terbaik untuk cat rumah model minimalis yang banyak digunakan.

Jangan lupa pilihlah juga merk cat tembok yang bagus untuk digunakan, karena kalau sampai salah pilih merk cat malah catnya sudah bisa luntur dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Oke, mari kita lanjut ke pembahasan pilihan warna cat rumah.

1. Warna Berciri Khas Tumbuhan

Cat rumah dengan warna tumbuhan
Cat rumah dengan warna tumbuhan

Warna berciri khas tumbuhan yakni hijau lembut atau hijau muda menjadi salah satu opsi warna cat terbaik untuk rumah minimalis di tahun 2020.

Warna hijau muda ini dipilih langsung oleh perusahaan cat rumah populer dan legendaris Behr sebagi warna cat yang diprediksi akan banyak dipilih di tahun 2020. 

Warna cat hijau muda ini dipilih atas pertimbangan bahwa warna ini akan membuat suasana hunian lebih tenang. Lebih dari itu, warna hijau muda juga mampu menghadirkan nilai estetika tersendiri yang unik terhadap rumah. Penerapan warna hijau memberikan kesan kembali ke alam dengan nuansa musim semi yang kental.

2. Warna Twilight Mist

Rumah dengan tembok warna twilight mist
Rumah dengan tembok warna twilight mist

Terinspirasi dari perkembangan digitalisasi serta teknologi smart home atau teknologi pintar untuk rumah, Valspar melahirkan pilihan warna yang terbilang baru dan unik.

Warna twilight mist dihadirkan oleh Valspar yang memberikan kesan futuristik dan juga canggih terhadap rumah. Warna Twilight Mist ini meniru warna artifisial yang muncul dari teknologi digital terkini. 

Twilight mist sendiri merupakan warna yang muncul dari perpaduan abu-abu dan juga ungu tua. Agar terkesan lebih hi-tech, Anda harus menambahkan penerangan ekstra di dalam rumah untuk membuatnya lebih futuristik.

3. Warna Biru Gelap

Ruangan rumah dengan dominasi cat warna warna biru
Ruangan rumah dengan dominasi cat warna warna biru

Jika dulu banyak orang memilih warna biru langit terang, maka tren 2020 diprediksi akan didominasi oleh pilihan warna biru gelap.

Warna biru gelap ini dipilih oleh perusahaan cat ternama PPG sebagai warna yang tren di tahun 2020. Warna biru gelap ini sering disebut sebagai kombinasi porcelain cina yang diinspirasi dari anggrek biru gelap. Warna ini mampu memberikan kesan eksotis terhadap rumah.

4. Warna Biru Dongker

Dapur dengan perpaduan warna cat biru dongker
Dapur dengan perpaduan warna cat biru dongker

Warna biru dongker atau naval diprediksi oleh industri cat ternama Sherwin-Williams sebagai opsi cat rumah populer di tahu 2020.

Pemilihan warna biru dongker oleh Sherwin-Williams bisa dikatakan hampir senada dengan warna dari PPG yang memprediksi warna biru gelap sebagai cat terpopuler di tahun 2020. Bisa dikatakan tren warna gelap akan mendominasi di tahun 2020 ini.

Warna biru dongker dianggap sebagai pilihan warna netral baru yang cocok untuk dipilih. Warna biru gelap tidak hanya mampu memberikan kesan elegan pada rumah, namun akan membuat perkakas di sekitarnya lebih menonjol. Agar konsep rumah semakin kuat, pilihlah warna interior yang dapat mendukung warna biru dongker tersebut. 

5. Warna Cat Rosy Hue

Ruangan apartemen dengan warna cat rosy hue
Ruangan apartemen dengan warna cat rosy hue

Warna cat Rosy Hue merupakan salah satu opsi pilihan warna cat untuk rumah minimalis yang populer di tahun 2020. Meski tampak berwarna merah muda, namun cat ini didesain menghadirkan pencahayaan yang lembut untuk dinding rumah Anda.

Sehingga, bisa dikatakan warna cat satu ini merupakan warna yang bersifat netral dan dapat dipadu padankan dengan beragam pilihan warna pada sisi rumah yang lain.

Warna cat rumah Rosy Hue dipilih oleh perusahaan cat terkenal Benjamin Moore sebagai warna cat yang memiliki kemampuan untuk merefleksikan kesan rumah yang lebih optimis.

Bagi mereka yang menginginkan kesan berbeda pada rumahnya, maka cat rumah Rosy Hue sangat cocok dipilih. Warna cat ini dapat memberikan kesan yang modern dan lebih segar untuk penghuni rumah.

6. Warna Merah Muda

Kamar tidur dengan cat warna pink
Kamar tidur dengan cat warna pink

Senada dengan opsi warna cat Rosy Hue dari industri manufaktur cat terkenal Benjamin Moore, program televisi HGTV Home yang berfokus pada desain rumah memperkirakan bahwa cat dengan tone merah muda akan menjadi idaman di tahun 2020. Warna tone merah muda mampu menghadirkan konsep rumah ceria dan juga nyaman untuk penghuninya.

Anda dapat mengkombinasikan warna oranye pada lantai dengan warna merah muda pada dinding. Kombinasi keduanya mampu menghadirkan nuansa romansa yang menenangkan. Selain warna oranye, warna dengan tone merah muda ini juga dapat dipadu padankan dengan warna lainnya karena terbilang cukup netral.

7. Warna Coral

Tembok rumah warna coral
Tembok rumah warna coral

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan nama warna coral, namun warna ini merupakan salah satu warna cat rumah minimalis terbaik.

Warna coral yang ceria mampu menghadirkan nuansa cerah dan optimis di dalam rumah. Warna coral ini dapat dikombinasikan dengan warna putih serta oranye yang membuat nuansa rumah tampak lebih ceria dan segar. 

8. Warna Clay

Dapur minimalis dengan paduan warna clay dan warna putih
Dapur minimalis dengan paduan warna clay dan warna putih

Rumah minimalis juga dapat mengaplikasikan warna clay pada dinding rumah hingga plafonnya. Pemilihan warna clay mampu memberikan nuansa lebih luas di dalam ruangan. Alhasil, Anda pun akan merasakan ruangan seolah tampak lebih lapang dan membuat hati menjadi hangat. 

Warna clay sendiri hadir dari beragam variasi gradasi. Gradasi dari beragam warna seperti karamel, cengkeh, beige, terakota, cokelat muda, dan juga oranye tua menghadirkan warna dengan tone earth. Anda dapat mengaplikasikan warna ini di berbagai bagian rumah dari mulai dinding, plafon, lantai hingga furniture interior ruangan.

Baca juga: Kombinasi warna cream dan cokelat untuk cat rumah

9. Warna Mustard

Ruang tamu dengan cat warna mustard
Ruang tamu dengan cat warna mustard

Warna mustard dengan dominasi kuning membuat tampilan rumah lebih terasa dinamis dan nyaman.

Warna mustard yang merupakan kombinasi dari kuning kecoklatan dan juga gelap merupakan salah satu warna netral yang dapat dipadu padankan dengan pilihan warna lainnya. Warna mustard lebih banyak diaplikasikan sebagai bagian bawah dinding atau hanya satu bidang dinding saja.

10. Warna Hazelnut

Tembok ruang tamu dengan paduan warna hazelnut yang lembut
Tembok ruang tamu dengan paduan warna hazelnut yang lembut

Warna hazelnut merupakan warna klasik yang menghadirkan kesan menenangkan dan hangat. Warna ini sangat cocok dipilih sebagai salah satu opsi warna untuk rumah minimalis.