Bermain adalah dunia anak-anak. Selain menimbulkan rasa senang, bermain juga membantu melatih motorik anak, yang tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Tapi orang tua perlu melakukan pengawasan dan memastikan anak tidak melakukan hal berbahaya ketika bermain.

Agar anak tidak mengganggu kondisi di dalam rumah ketika bermain, sebaiknya dibuatkan ruang bermain anak secara khusus. Dengan begitu, anak bisa bermain apapun yang diinginkan di dalam ruangan khusus tersebut dengan bebas dan aman.

Sesuai namanya, ruang bermain anak dikhususkan sebagai tempat anak bermain-main. Tentu saja desainnya tidak boleh asal-asalan agar anak betah bermain di dalamnya.

Jika Anda tertarik untuk membuat ruang khusus tempat bermain anak, maka contoh-contoh ruang bermain khusus anak yang akan dibagikan kali ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Detail Ulasan 10 Inspirasi Ruang Bermain Anak

1. Ruang Bermain Anak Sederhana

Ruang Bermain Anak Sederhana
Ruang Bermain Anak Sederhana

Pilihan pertama adalah ruang bermain anak sederhana. Konsepnya tidak menggunakan banyak dekorasi dan perabot, yang penting ruangan tersebut lapang, bersih, dan nyaman. Isinya juga tidak banyak, hanya beberapa jenis mainan yang paling disukai anak.

Desain yang satu ini tentunya tidak membutuhkan banyak biaya. Anda hanya perlu menentukan ruangan khusus di dalam rumah yang ingin dijadikan sebagai tempat bermain anak secara khusus. Dengan sedikit pembenahan dan penataan, jadilah ruang bermain anak sederhana yang lapang, bersih, dan nyaman.

2. Ruang Bermain Anak Perempuan

Ruang Bermain Anak Perempuan
Ruang Bermain Anak Perempuan

Untuk anak perempuan, ruang bermainnya lebih sering menggunakan warna-warna feminim, seperti pink, merah muda, ungu muda, dan yang lainnya. Tentu saja tidak menutup kemungkinan adanya warna lain, tergantung selera dari masing-masing anak perempuan.

Jenis mainan yang umumnya berada di dalam ruang belajar anak perempuan adalah boneka atau mainan lainnya yang identik untuk anak perempuan, termasuk boneka aneka satwa lucu.

3. Ruang Bermain Anak di Basement

Ruang Bermain Anak di Basement
Ruang Bermain Anak di Basement (Source : eisnerdesign.com)

Desain yang satu ini hanya cocok diaplikasikan jika rumah Anda memiliki basement. Ruang bawah tanah rumah Anda yang suram dibenahi dan dijadikan ruang bermain yang nyaman bagi anak.

Pada gambar di atas terlihat adanya rak penyimpanan warna-warni yang dipenuhi mainan dan permainan papan yang letaknya di sebelah kanan ruangan.

Agar anak Anda merasa nyaman dan betah, pasangkan karpet berbahan lembut dan mudah untuk dicuci. Selain itu, tambahkan set meja dan kursi kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk buah hati Anda.

4. Ruang Bermain Anak Warna-warni

Ruang Bermain Anak Warna-warni
Ruang Bermain Anak Warna-warni (Source : lamudi.co.id)

Setiap anak kecil senang melihat warna-warni yang terang dan ceria. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan konsep ini pada ruangan bermain anak Anda. Penggunaan warna-warni tersebut tidak hanya pada dinding, tetapi juga pada karpet pengalas lantai dan berbagai mainan anak.

Konsep desain ini cocok diaplikasikan pada ruang bermain anak laki-laki dan perempuan. Untuk anak laki-laki, Anda bisa melengkapinya dengan berbagai mainan khas anak laki-laki, seperti bola dan yang lainnya, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

5. Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga

Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga
Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga (Source : Suburban Renewal)

Jika Anda memiliki space kosong di bawah tangga, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat ruangan bermain anak. Dijamin anak Anda bakal senang, karena terkesan memiliki clubhouse rahasia.

Dengan desain yang tepat, Anda bisa membuat ruangan bermain yang terasa nyaman bagi anak. Cocok diaplikasikan sebagai tempat bermain bagi anak laki-laki dan perempuan. Tinggal buatkan desain yang sesuai, di samping penempatan beberapa jenis mainan yang menarik minat anak-anak.

6. Ruang Bermain Anak di Loteng

Ruang Bermain Anak di Loteng
Ruang Bermain Anak di Loteng (Source : chango.com)

Jika Anda memiliki loteng yang menganggur, sebaiknya Anda memanfaatkannya untuk membuat ruang bermain anak. Dengan konsep desain yang tepat, Anda bisa menciptakan tempat bermain yang menyenangkan bagi mereka.

Pada gambar di atas, ruangan bermain anak tersebut dicat dengan warna-warni ceriar, serta dilengkapi dengan beberapa perabot pendukung seperti bantal lantai, karpet berkaret, dan yang lainnya.

Untuk jenis mainan, tinggal tempatkan beberapa jenis mainan yang disenangi oleh anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

7. Ruang Bermain Ala Rumah Pohon

Ruang Bermain Ala Rumah Pohon
Ruang Bermain Ala Rumah Pohon (Source : Thinkterior)

Jika anak Anda senang dengan segala sesuatu yang bernuansa natural, maka desain ruangan untuk bermain anak yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ruang bermain ala rumah pohon memiliki area panggung dengan rak penyimpanan lantai built-in.  Untuk semakin menambah kesan alami, Anda bisa menempatkan beberapa pohon buatan. Anda juga bisa meletakkan beberapa jenis mainan yang disukai oleh anak.

8. Ruang Bermain Anak Minimalis Warna Putih

Ruang Bermain Anak Minimalis Warna Putih
Ruang Bermain Anak Minimalis Warna Putih (Source : eisnerdesign.com)

Jika rumah Anda jenis minimalis yang terdiri dari 2 lantai, maka desain ruangan bermain anak yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Dominasi warna putih menjadikan ruangan tampak luas dan bersih, sehingga anak-anak bisa betah berada di dalamnya.  

Untuk tempat penyimpanan mainan anak, Anda bisa menempatkan rak built-in lengkap dengan kursi yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk membaca, sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas.

Konsep di atas memadukan ruang bermain anak dengan ruang tengah atau ruang bersantai keluarga, sehingga Anda lebih mudah dalam mengawasi anak-anak ketika sedang bermain.

9. Ruang Bermain Anak Bertema Kapal Laut

Ruang Bermain Anak Bertema Kapal Laut
Ruang Bermain Anak Bertema Kapal Laut (Source : rumah.com)

Ruang bermain anak yang satu ini mengusung desain yang unik, yaitu kapal laut kecil berwarna-warni. Kapal tersebut dilengkapi dengan aksesoris berupa jangkar dan pelampung ban dan jangkar, sehingga anak merasa seperti seorang nakhoda.

Agar nuansa laut semakin kental, dinding ruangan dibekali stiker gambar dengan nuansa kota pelabuhan yang kental. Tinggal tambahkan beberapa jenis mainan semisal balok, perosotan, meja, kursi, dan yang lainnya agar anak-anak tidak merasa jenuh ketika bermain.

10. Ruang Bermain Anak Bertema Tempat Umum

Ruang Bermain Anak Bertema Tempat Umum
Ruang Bermain Anak Bertema Tempat Umum (Source : rumah.com)

Karena dunia anak adalah bermain, seharusnya Anda menciptakan ruang bermain anak yang bisa membangkitkan imajinasi dan kreatifitasnya ketika bermain. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat ruang bermain anak bertema tempat umum.

Pada gambar di atas, terlihat suasana lalu lintas yang dipenuhi dengan berbagai jenis kendaraan, seperti mobil pribadi dan ambulans, termasuk marka jalan. Dengan bermain di dalam ruang yang mengusung konsep seperti ini, tentu anak Anda akan merasa seperti membawa kendaraan sendiri di jalan raya.

Itulah tadi 10 desain ruang bermain anak yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin membuat ruangan khusus tempat bermain anak. Tinggal pilih saja dari beberapa model desain di atas yang dianggap paling cocok dengan selera.

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kolam Renang Kecil Di Belakang Rumah