Memiliki rumah dengan halaman belakang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai adalah impian semua orang, Anda mungkin salah satunya. Pemanfaatan lahan di belakang rumah dapat digunakan untuk membangun sebuah kolam renang.

Kolam renang merupakan salah satu fasilitas rumah yang memiliki banyak manfaat karena selain berfungsi untuk bersantai bersama keluarga, kolam renang juga dapat  berfungsi sebagai tempat olah raga sekaligus rekreasi yang menyenangkan.

Namun begitu, masih banyak yang beranggapan bahwa kolam renang hanya dapat dibangun dengan megah pada rumah dengan halaman yang luas. Padahal, kolam renang tidak harus besar, namun bisa juga memiliki ukuran yang kecil atau minimalis.

Kolam renang minimalis kecil memanfaatkan sedikit ruang yang ada pada hunian Anda. Sebagai pemilik rumah dengan gaya minimalis, Anda dapat membangun kolam renang kecil di belakang rumah dengan gaya yang minimalis juga.

Tapi jika Anda tidak memiliki dana untuk membuat kolam renang, Anda masih bisa memanfaatkan kolam renang umum di sekitar Anda. Untuk mencari kolam renang terdekat Anda bisa mencarinya melalui Renangloka, situs ini menyediakan data ribuan kolam renang yang ada di seluruh Indonesia beserta ulasannya.

Inilah 9 Inspirasi Desain Kolam Renang Kecil Di Belakang Rumah

Sebagai penambah pandangan serta referensi Anda sebelum merancang pembangunan kolam renang kecil di belakang rumah yang minimalis, mari simak ulasan berikut terkait beberapa ide baru serta inspirasi desain kolam renang kecil yang bersifat minimalis serta modern.

1. Kolam Renang Kecil Minimalis Bentuk Persegi Panjang

Kolam Renang Kecil Minimalis Bentuk Persegi Panjang
Kolam Renang Kecil Minimalis Bentuk Persegi Panjang (Source : onekinddesign.com)

Desain kolam renang minimalis kecil yang pertama ini cocok untuk Anda jika tidak ingin memusingkan diri dengan memikirkan bentuk kolam Anda dan dapat menekan budget yang Anda miliki.

Kolam renang persegi panjang adalah pilihan yang sesuai karena jika ditelaan dari segi bentuk dan material yang akan digunakan dalam proses pembangunannya, tidak akan memakan waktu lama.

Dalam proses pembangunannya, bentuk persegi panjang akan terkesan simple dan cocok untuk rumah minimalis Anda. Selain itu, dengan waktu pembangunan yang relatif sedikit atau sebentar, maka budget pembangunanya akan mengecil sehingga lebih hemat.

Namun, jika Anda mampu menganggarkan budget sedikit lebih banyak untuk pembangunan kolam renang, maka Anda bisa menggunakan atau memasang sprinkler pada sisi luar kolam renang Anda.

Sprinkler merupakan system penyiram air yang dapat dimanfaatkan sebagai alat pemancur air. Sehingga dengan menambahkan atau memasang sprinkler di sisi kolam renang Anda akan dapat menambah nilai estetika dengan fitur yang terlihat.

Hal tersebut dapat berupa air mancur mini sekaligus penambah kepuasan karena pemancur air ini biasanya digemari oleh anak-anak sehingga akan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak untuk berenang dan bermain di kolam renang.

2. Kolam Renang Kecil Kotak

Kolam Renang Kecil Kotak
Kolam Renang Kecil Kotak (Source : onekinddesign.com)

Kolam renang dengan bentuk kotak lagi-lagi merupakan salah satu desain kolam renang minimalis kecil yang cocok untuk Anda sebagai pemilik hunian minimalis. Desain ini merupakan kolam renang dengan gaya yang cukup klasik.

Hal itu membuat desain ini banyak diminati oleh banyak orang. Kolam renang kecil kotak ini memiliki desain yang cukup sederhana namun tetap memiliki kesan estetika bergantung dengan material yang digunakan dalam pembangunannya.

Untuk dapat menambah nilai estetika dan efisiensi bangunan kolam renang, Anda dapat menambahkan beberapa undakan di dalam kolam sehingga dapat Anda nikmati. Selain itu, pastikan material untuk lantai rumah yang awet pada bagian bangunan outdoor.

3. Kolam Renang Kecil Plunge


Kolam Renang Kecil Plunge
Kolam Renang Kecil Plunge (Source : onekinddesign.com)

Inspirasi desain keempat adalah model kolam renang plunge. Desain kolam renang semacam ini umum dan banyak digunakan di luar negeri seperti negara-negara Eropa dan Amerika.

Secara desain, ukuran kolam renang ini tidaklah besar sehingga sangat cocok untuk dibangun di belakang rumah. Namun begitu, Anda juga tetap harus memastikan untuk menyisakan beberapa bagian lahan untuk ditanami rumput.

Dengan demikian, daerah di sekitar kolam renang pun menjadi tidak licin. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tanaman lainnya untuk diletakkan  di sekitar kolam untuk mempercantik pemandangan dan menambah kesan sejuk di bagian belakang rumah Anda.

4. Kolam Renang Kecil di Atas Permukaan

Kolam Renang Kecil Di Atas Permukaan
Kolam Renang Kecil Di Atas Permukaan (Source : pembantu.com)

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup banyak ruang atau lahan yang kosong di belakang rumah, kolam renang di atas permukaan ini dapat dijadikan sebagai salah satu opsi jika Anda ingin membangun kolam renang minimalis modern yang sesuai.

Model atau gaya kolam renang ini berbeda dengan kolam renang pada umumnya karena dilihat dari bangunannya yang berada di atas permukaan tanah. Namun model kolam renang minimalis satu ini tidak akan memakan banyak lahan.

Di samping itu, kolam di atas permukaan juga dapat ditutup apabila sedang tidak digunakan dan dapat menjadi pilihan tempat berkumpul bersama keluarga dan saudara di belakang rumah minimalis Anda.

Fasilitas seperti ini dapat Anda gunakan untuk bersantai maupun melakukan kegiatan bersama keluarga.

5. Kolam Renang Kecil Natural


Kolam Renang Kecil Natural
Kolam Renang Kecil Natural (Source : onekinddesign.com)

Apabila Anda adalah penggemar sesuatu yang bergaya alami ataupun natural, desain kolam renang kecil dibelakang rumah minimalis bergaya natural bisa menjadi solusinya. Dengan desain natural ini, kolam renang tidak harus berukuran besar.

Agar dapat membuat kesan tampak lebih indah dan alami Anda dapat menambahkan beberapa batuan besar di pinggir kolam sebagai penunjang kesan alami dan menambah nilai estetika.

Anda dapat memilih jenis batu yang tidak licin Ketika terkena air untuk meminimalisir terjadinya insiden yang tidak dinginkan. Selain itu, untuk menambah kesan alami, Anda dapat menambahkan beberapa pohon dan tanaman.

6. Kolam Renang Kecil Semi Outdoor

Kolam Renang Kecil Semi Outdoor
Kolam Renang Kecil Semi Outdoor (Source : galleryparquet.com)

Sebagai penduduk negara tropis seperti Indonesia, pembangunan kolam renang menjadi tantangan tersendiri karena matahari yang cenderung lebih terik. Sehingga, dengan hal semacam ini menjadi kendala, maka solusinya adalah dengan membangun kolam renang semi outdoor.

Desain kolam renang minimalis kecil satu ini akan menampakkan kolam renang yang berada di belakang rumah dan memiliki atap agar Anda terhindar dari terik matahari dan hujan. Selain itu, Anda dapat menambahkan tanaman hijau di pinggir-pinggir kolam untuk menambah kesan sejuk.

7. Kolam Renang Kecil Infinity Pool

  Kolam Renang Kecil Infinity Pool
Kolam Renang Kecil Infinity Pool (Source : arafuru.com)

Jika Anda memiliki rumah yang berada pada lereng pegunungan, Anda bisa memanfaatkannya dengan menciptakan ilusi di kolam renang dengan memanfaatkan desain kolam renang infinity pool.

Desain ini menampakkan kesan kolam renang seolah tidak memiliki batas dan disajikan dengan pemandangan yang indah.

8. Kolam Renang Kecil 2 Kolam

Kolam Renang Kecil 2 Kolam
Kolam Renang Kecil 2 Kolam (Source : apartmenttherapy.com)

Dengan desain ini, Anda dapat memiliki 2 kolam renang dengan lahan terbatas. Kolam renang dijadikan bertingkat atau disusun sehingga Anda bisa menyimpan lebih banyak lahan.

Dengan desain ini, anda juga akan mendapatkan ‘air terjun’ sendiri yang ditimbulkan dari cucuran air di susunan atas sehingga memberikan penampakan dan pengalaman yang berbeda.

9. Kolam Renang Kecil Lingkaran

Kolam Renang Kecil Lingkaran
Kolam Renang Kecil Lingkaran (Source : nikkisplate.com)

Desain kolam renang berbentuk lingkaran ini akan menambah nilai estetika halaman belakang rumah Anda. Selain itu, dengan bentuk lingkaran, kolam renang akan tampak lebih luas.

Model ini cocok untuk ide kolam renang di belakang rumah minimalis Anda. Selain itu, dengan desain ini, berenang dan bersantai di kolam renang akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Demikian itu tadi ulasan terkait 9 inspirasi desain kolam renang di dalam rumah yang dapat Anda manfaatkan sebagai gambaran kolam renang impian Anda bersama keluarga.

Pastikan juga untuk memikirkan perpaduan yang pas antara model kolam renang dengan konsep hunian Anda sehingga menciptakan kesan estetika, meskipun di area lahan kecil ataupun minimalis.