Dapur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ibu rumah tangga. Sebab, aktivitas sehari-harinya tidak akan lepas dari memasak makanan di dapur untuk keluarga tercinta. Agar betah berada di dalamnya, dapur harus ditata sebaik dan senyaman mungkin.

Jika ruang dapur berukuran besar, tentu bukan hal yang sulit untuk menatanya senyaman mungkin. Tapi beda halnya jika dapur tersebut memiliki ukuran yang kecil. Butuh strategi penataan yang tepat agar dapur tidak terasa sempit dan terlihat berantakan.

Agar dapur kecil tidak terasa sesak, sebaiknya gunakan kitchen set minimalis dapur kecil. Dengan adanya kitchen set, ibu rumah tangga bisa menata dapur semaksimal mungkin, termasuk meletakkan alat-alat dapur dengan rapi dan teratur, sehingga mudah dikeluarkan jika diperlukan.

15 Inspirasi Model Kitchen Set Minimalis Dapur Kecil

1. Kitchen Set Letter I Nuansa Mewah

Kitchen Set Letter I Nuansa Mewah
Kitchen Set Letter I Nuansa Mewah (Source : dekoruma.com)

Anda bisa mengakali ruangan sempit dapur agar terlihat lebih luas dengan penggunaan model kitchen set minimalis untuk dapur kecil seperti yang terlihat pada gambar di atas. Ukurannya yang mini namun fungsional sangat cocok bagi keluarga kecil atau Anda yang masih tinggal seorang diri.

Pada gambar di atas, terlihat kalau kabinet tertutup di bagian atas dan bawah, serta dibekali dengan rak terbuka yang akan memudahkan untuk mengakses berbagai perlengkapan dapur. Dominasi warna hitam padanya kitchen set minimalis ini berpadu dengan dark wood yang menjadikan kesan stylish dan elegan semakin terasa.

2. Kitchen Set Tipe On Side

Kitchen Set Tipe On Side
Kitchen Set Tipe On Side

Kitchen set minimalis dapur kecil tipe one side hanya menggunakan kabinet di bagian bawah. Sementara bagian atasnya berupa ambalan atau rak-rak gantung.

Model kitchen set yang satu ini sangat cocok dipilih untuk dapur berukuran kecil, terutama jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas untuk membuat kitchen set.

Meskipun terkesan sederhana, tapi model kitchen set ini bakal menjadikan dapur sempit Anda terlihat apik.

3. Kitchen Set Berwarna Gelap

Kitchen Set Berwarna Gelap
Kitchen Set Berwarna Gelap (Source : home-designing.com)

Sudah dimaklumi bersama kalau area dapur sangat mudah sekali kotor disebabkan aktivitas memasak di dalamnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan kitchen set minimalis dapur kecil yang berwarna gelap.

Warna gelap pada kitchen set tersebut tidak hanya efektif untuk mencegah ruangan dapur mudah kotor, tetapi juga akan memberikan kesan elegan pada ruangan tersebut.

Tentu saja warna gelap untuk kitchen set tidak terbatas pada warna hitam, tetapi Anda juga bisa memilih warna-warna gelap lainnya seperti coklat, abu-abu, atau yang lainnya.

4. Kitchen Set Desain Natural

Kitchen Set Desain Natural
Kitchen Set Desain Natural

Dapur yang terlihat bersih dan segar tentu akan memberikan semangat bagi ibu rumah tangga untuk beraktivitas di dalamnya, meskipun ukuran dapur tergolong kecil. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan kitchen set minimalis dapur kecil dengan desain natural.

Lebih bagus lagi jika desain kitchen set minimalis tersebut berbentuk L seperti pada gambar di atas. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan bagian L atau sudutnya yang membengkok untuk meletakkan sink atau tempat cuci piring.

Keunggulan kitchen set berbentuk L adalah semakin barang ruang yang bisa dimanfaatkan menyimpan barang-barang dapur untuk melakukan aktivitas memasak seperti memotong-motong sayur, daging, dan lain sebagainya.

5. Kitchen Set Gantung Monokromatik

Kitchen set Gantung Monokromatik
Kitchen set Gantung Monokromatik (Source : haidarkitchen.com)

Untuk memberikan kesan luas pada dapur kecil Anda, gunakan saja kitchen set dengan kabinet atas berukuran memanjang ke bawah. Satukan berbagai peralatan dapur ke dalam kitchen set, sehingga dapur Anda terlihat lebih modern.

Letakkan lampu di bagian tengah kabinet untuk memudahkan penerangan di dapur, di samping semakin menampakkan kesan modern. Kesan mewah dan modern juga akan semakin kental lagi jika Anda menggunakan warna monokrom pada perlengkapan dapur, lantai, perabot, bahkan dinding dapur.

Kitchen set minimalis gantung monokromatik terkesan sederhana dan tidak memiliki banyak pola. Tapi justru itulah yang menjadikan ruangan dapur Anda tampak lapang dan luas.

Sentuhan monokrom pada dapur Anda akan semakin terlihat jika Anda menggunakan aksen batuan granit atau marmer pada dinding dan lantai.

6. Kitchen Set Warna Kontras Cerah

Kitchen set Warna Kontras Cerah
Kitchen set Warna Kontras Cerah

Mengaplikasikan kitchen set minimalis berwarna kontras cerah akan menjadikan tampilan dapur Anda lebih ceria. Menonjolkan warna-warna tertentu yang cerah pada satu sisi permukaan kitchen set seperti warna kuning pada gambar di atas akan memberikan kesan berbeda pada dapur Anda.

Perpaduan warna keramik pada dinding dan lantai dapur yang polos akan semakin menonjolkan kesan elegan dan memukau.

Ruang dengan dominasi warna netral dan cerah akan semakin meningkatkan kesan luas pada dapur minimalis Anda.

7. Kitchen Set Dapur Kecil Serba Putih

Kitchen Set Dapur Kecil Serba Putih
Kitchen Set Dapur Kecil Serba Putih

Tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan warna yang tepat pada sebuah ruangan dapat memberikan kesan luas pada ruangan tersebut. Salah satu jenis warna yang cocok untuk itu adalah warna putih.

Oleh karena itu, untuk memberikan kesan luas pada dapur kecil minimalis di rumah Anda, sebaiknya Anda menggunakan kitchen set yang didominasi oleh warna putih. Gambar dapur di atas bisa menjadi salah satu inspirasi untuk Anda.

8. Kitchen Set Dapur Kecil Sederhana

Kitchen Dapur Kecil Sederhana
Kitchen Dapur Kecil Sederhana

Sederhana bukan berarti kumuh dan semrawut. Salah satu buktinya adalah gambar kitchen set minimalis dapur kecil yang terlihat pada gambar di atas. Desainnya yang sederhana tidak bisa menutupi kesan elegan dan nyaman padanya.

Kitchen set sederhana ini lebih menekankan banyak kabinet dengan banyak ruang penyimpanan, sehingga sangat efektif untuk menyimpan semua peralatan dapur yang dibutuhkan. Dengan begitu, dapur kecil di rumah Anda akan terasa lebih lega dan lapang.

9. Kitchen Set dengan Rak Terbuka

Kitchen set dengan Rak Terbuka
Kitchen set dengan Rak Terbuka (Source : bramblefurniture)

Kitchen set lainnya yang juga bisa menjadi pilihan untuk menghiasi dapur kecil Anda adalah kitchen set dengan rak terbuka. Konsepnya sederhana, di mana kabinet yang ada hanya di bagian bawah saja, sedangkan bagian atasnya menggunakan rak terbuka.

Anda bisa meletakkan berbagai perlengkapan makan, hiasan,  maupun pajangan yang mudah dilihat dari sisi mana saja. Dengan dominasi warna putih di bagian dinding, menjadikan dapur Anda terlihat lebih modern, dinamis, dan elegan.

10. Kitchen Set Berukuran Kecil

Kitchen Set Berukuran Kecil
Kitchen Set Berukuran Kecil (Source : artikel.rumah123.com)

Dapur berukuran kecil tetap bisa disiasati agar tidak terasa sesak. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan kitchen set berukuran kecil di dalamnya. Upayakan warna dinding Anda cocok dengan warna kitchen set agar memberikan kesan yang selaras.

Penggunaan kabinet dan lemari gantung menjadikan Anda memiliki banyak ruang penyimpanan alat-alat dapur. Dengan begitu, dapur tidak akan terasa sesak dan ‘kumuh’ dengan banyaknya alat-alat dapur yang diletakkan di sana sini.

11. Kitchen Set Untuk Dapur Bergaya Eropa

Kitchen Set Untuk Dapur Bergaya Eropa
Kitchen Set Untuk Dapur Bergaya Eropa (Source : dekoruma.blog)

Jika Anda senang dengan berbagai hal yang berbau Eropa, maka kitchen set minimalis dapur kecil dengan gaya Eropa ini sangat cocok bagi Anda. Kitchen set ini memiliki bagian, di antaranya adalah kabinet, tempat cuci, serta rak gantung bernuansa klasik.

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat kalau bagian permukaan atas kitchen set tersebut menggunakan kayu dengan warna natural, yang dipadukan dengan dinding bertekstur batu bata yang dicat putih.

Penempatan rak gantung di sudut ruangan dalam rangka memanfaatkan ruang di antara dinding dan pemisah yang agak menjorok ke depan.

12. Kitchen Set Untuk Dapur dengan Desain Tradisional

Kitchen Set Untuk Dapur dengan Desain Tradisional
Kitchen Set Untuk Dapur dengan Desain Tradisional (Source : instagram @ranadaglowinghome)

Jika ingin memiliki dapur minimalis dengan desain tradisional, maka gambar dapur dengan kitchen set minimalis tradisional pada gambar kali ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Agar kombinasi desain dapur selaras dengan kitchen set yang dipasang, upayakan dinding dapur Anda dipasangi keramik dinding bermotif antik dengan warna coklat dan putih.

Pastikan juga warna top table dan kabinet dapur senada dengan warna keramik dinding dapur Anda. Agar terasa lapang dan lega, upayakan kitchen set yang diletakkan di dapur Anda berbentuk huruf L dengan satu sisi yang bisa digunakan untuk meletakkan kompor.

13. Kitchen set Hitam Untuk Dapur Bergaya Natural

Kitchen set Hitam Untuk Dapur Bergaya Natural
Kitchen set Hitam Untuk Dapur Bergaya Natural (Source : casaindonesia.com)

Kitchen set dengan gaya natural masih sangat digandrungi masyarakat. Wajar sih, kesan segar nan elegan yang terlihat pada dapur dengan kitchen set bergaya natural menjadi alasan utama untuk hal tersebut.

Penggunaan banyak kabinet dan lemari gantung menjadikan Anda memiliki banyak tempat penyimpanan peralatan dapur.

Jangan lupa untuk menempatkan meja dan kursi yang bisa dijadikan sandaran sembari menunggu makanan siap dihidangkan.

14. Kitchen Set Bertema Scandinavian

Kitchen Set Bertema Scandinavian
Kitchen Set Bertema Scandinavian

Sampai saat ini tema scandinavian masih populer diaplikasikan pada desain interior rumah, termasuk pada model kitchen set minimalis dapur kecil.

Kitchen set minimalis bertema scandinavian ini tergolong sederhana namun elegan, disertai kabinet di bagian bawah dan rak di bagian atas.

15. Kitchen Set Modern Untuk Dapur Serba Guna

Kitchen Set Modern Untuk Dapur Serba Guna
Kitchen Set Modern Untuk Dapur Serba Guna

Kitchen set yang satu ini terlihat modern berkat desainnya yang kekinian. Dengan banyaknya kabinet di bagian bawah dan lemari gantung di bagian atas menjadikan banyaknya tempat penyimpanan peralatan dapur Anda.

Pada gambar di atas, Anda bisa melihat kalau dapur minimalis ini tergolong serba guna. Sebab, bukan hanya meja dan rak untuk makan yang ada di dalamnya, tetapi juga sofa untuk bersantai.

Penggunaan lampu gantung yang posisinya pas di atas meja makan tidak hanya memberikan manfaat dari segi pencahayaan yang memadai untuk dapur, tetapi juga semakin meningkatkan kesan modern dan elegan pada dapur Anda.

Itulah tadi 15 model kitchen set minimalis dapur kecil yang bisa dijadikan inspirasi untuk Anda. Jika Anda ingin membuat ruang dapur yang elegan dan nyaman meskipun berukuran kecil, pilih saja salah satu dari desain yang disebutkan di atas.