Saat ini dekorasi rumah minimalis modern banyak dilirik oleh masyarakat. Alasannya tentu saja karena desain tersebut terlihat mewah dan elegan serta selaras dengan gaya hidup modern. Di samping itu, biaya yang dibutuhkan untuk dekorasi tersebut tidak terlalu besar.

Tidak bisa dipungkiri kalau mendesain rumah merupakan hal yang penting. Sebab bagaimanapun, rumah merupakan tempat bernaung bagi seseorang selama hidupnya. Oleh karena itu butuh untuk didekorasi dengan baik agar bisa betah berada di dalamnya.

Penasaran ingin mengetahui bentuk-bentuk dekorasi yang perlu dilakukan? Simak saja tips dekorasi rumah minimalis modern di bawah ini.

Inspirasi 8 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Modern

1. Furniture Multifungsi

Furniture Multifungsi untuk Dekorasi Rumah Modern
Furniture Multifungsi untuk Dekorasi Rumah Modern

Salah satu kesan paling menonjol pada rumah minimalis modern adalah sederhana dan minim barang-barang. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan furniture yang bentuknya simpel dan multifungsi.

Furniture multifungsi sifatnya menggabungkan beberapa fungsi dalam satu perabot. Salah satu contohnya bisa dilihat pada gambar tempat tidur di atas. Tempat tidur tersebut memiliki beberapa laci penyimpanan sekaligus.

Hanya saja pada gambar di atas, masih terdapat lemari untuk menyimpan pakaian secara khusus. Oleh karena itu, laci di bagian bawah tempat tidur bisa digunakan untuk menyimpan dokumen dan barang-barang lain yang dianggap tidak perlu untuk dimasukkan ke dalam lemari pakaian.

Sebagian dekorasi modern bahkan tidak memerlukan lemari pakaian secara khusus karena mencukupkan dengan laci-laci penyimpanan yang terdapat di bawah tempat tidur untuk menyimpan pakaian. Hanya saja tempat tidurnya berukuran besar, sehingga ukuran laci-laci di bagian bawahnya semakin besar dan jumlahnya semakin banyak.

Contoh perabot multifungsi yang sering digunakan juga adalah meja dengan rak buka, sofa dengan rak buku, dan yang lainnya.

2. Rak Terbuka Vertikal

Rak Terbuka Vertikal
Rak Terbuka Vertikal (Source : rumah123.com)

Jika Anda membutuhkan penyimpanan buku-buku di rumah, Anda bisa membuat rak buku terbuka vertikal dan tinggi. Model rak-rak seperti ini terkesan sederhana namun elegan, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis modern.

Selain itu, rak-rak buku seperti ini akan memberikan kesan lapang di dalam ruangan tersebut karena ukurannya tidak melebar ke samping.

Selain itu, rak-rak dengan model seperti ini lebih memudahkan Anda untuk meletakkan buku dalam berbagai kategori atau pengaturan khusus, sehingga Anda bisa menemukan buku yang diinginkan dengan mudah sewaktu-waktu Anda menginginkannya.

3. Karpet Bermotif Modern

Karpet Bermotif Modern
Karpet Bermotif Modern (Source : nytimes)

Dekorasi rumah minimalis modern juga dilakukan dengan cara menempatkan karpet modern di ruang tamu, seperti karpet bermotif kotak besar atau bermotif abstrak, sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas.

Pilihan motif abstrak dan kotak tentunya tidak asal-asalan, melainkan karena kesan minimalis pada ruang tamu minimalis akan semakin kental.

Selain menentukan motif yang tepat, pastikan Anda juga memilih karpet berbahan lembut dan nyaman di kaki, sehingga tamu Anda merasa lebih nyaman saat bertamu ke rumah Anda.

4. Tanaman Hijau dan Bunga

Tanaman Hijau dan Bunga
Tanaman Hijau dan Bunga (Source : dekoruma.com)

Salah satu pelengkap desain rumah modern yang tidak bisa diabaikan adalah tanaman hijau dan bunga. Keberadaannya tidak sekedar sebagai penghias, tetapi juga memberikan kesan segar bagi hunian modern Anda.

Saat ini banyak sekali jenis tanaman hijau dan bunga yang bisa menjadi pilihan Anda. Tinggal pilih saja jenis yang dirasa paling sesuai dengan selera Anda.

Di antara jenis tanaman bunga yang sering dijadikan hiasan di rumah adalah bunga krisan, peace lily, anggrek, kaktus, dan beberapa jenis lainnya.

5. Hiasan Dinding

Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding
Ruang Tamu dengan Hiasan Dinding

Salah satu tips dekorasi rumah minimalis modern yang juga perlu untuk diperhatikan adalah pemasangan hiasan dinding. Dengan adanya hiasan dinding, ruangan tersebut terlihat lebih fresh dan hidup.

Untuk memaksimalkan dekorasi, Anda juga bisa menambahkan bunga dan rak untuk penyimpanan buku atau barang-barang penting lainnya.

6. Gunakan Warna Cerah

Dekorasi Rumah dengan Warna Cerah
Dekorasi Rumah dengan Warna Cerah (Source : rumah.com)

Tema ruangan tidak selamanya harus berwarna putih minimalis dan abu-abu hangat. Warna yang juga sangat cocok diaplikasikan pada desain rumah minimalis modern adalah warna yang lebih cerah untuk dekorasi rumah sederhana.

Sebagai contoh ruang tamu, Anda bisa memfokuskan penggunaan warna hijau di pada beberapa komponen di ruang tamu, seperti pada gorden, sofa, dinding, karpet, maupun detail tanaman yang terletak di bagian sudut ruangannya.

Penggunaan warna-warna cerah di dalam ruang tamu Anda akan memberikan kesan rileks di dalam rumah dan suasananya juga lebih segar.

7. Pencahayaan yang Mencukupi

Rumah dengan Pencahayaan yang Mencukupi
Rumah dengan Pencahayaan yang Mencukupi

Agar kesan minimalis modern semakin kental pada rumah Anda, pastikan pencahayaan rumah tersebut tercukupi. Untuk mewujudkannya, Anda bisa membuat jendela besar di bagian samping ruang tamu atau ruangan lainnya, sehingga matahari bisa masuk ke dalam ruangan tersebut.

Jangan lupa untuk memasang lampu yang tepat sebagai penerangan di malam hari. Selain itu, sebaiknya Anda mengaplikasikan warna-warna terang dan cerah di berbagai perabot dan elemen di ruang tamu untuk memaksimalkan pencahayaan, khususnya ketika di malam hari.

8. Bentuk Garis Horizontal pada Rumah

Bentuk Garis Horizontal pada Rumah
Bentuk Garis Horizontal pada Rumah (Source : rumah.com)

Garis horizontal tidak hanya memberikan kesan minimalis modern, tetapi juga memberikan efek ilusi pada mata sehingga ruangan tersebut terlihat lebih tinggi dan luas. Untuk jenis warna, Anda bisa menggunakan warna putih dan hitam pada garis-garisnya.

Warna-warna lain juga bisa, Anda tinggal menyesuaikannya dengan desain ruangan tersebut. Upayakan untuk menggunakan furniture atau elemen yang selaras untuk semakin menambah keindahan ruangan tersebut.

Itulah tadi 8 tips dekorasi rumah minimalis modern yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Selain tips-tips yang disebutkan di atas, tentu saja masih banyak lagi tips lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Semoga bermanfaat.