Offroad merupakan kegiatan ekstrim yang hanya bisa dilakukan oleh orang terlatih. Tidak menggunakan mobil sembarangan, kegiatan offroad harus didukung dengan mobil offroad terbaik.

Mengingat peminat offroad cukup banyak hingga sekarang, produsen otomotif mengeluarkan tipe mobil dengan spesifikasi mumpuni untuk offroad. Desainnya dibuat gahar terutama di bagian komponen rangka dan mesin mobilnya.

Rekomendasi Mobil Offroad Terbaik di 2024

Berbekal mobil offroad, penggunanya bisa melalui jalan dengan medan berlumpur atau berbatu. Cocok digunakan bagi orang-orang yang bertempat tinggal pegunungan atau daerah-daerah dengan jalan kurang layak.

Ingin membeli mobil offroad tetapi belum menemukan tipe yang cocok? coba simak beberapa rekomendasinya pada ulasan berikut:

1.  Lamborghini Urus

Lamborghini Urus
Lamborghini Urus (Source : lamborghini.com)

Hanya orang-orang yang memiliki budget tinggi dapat memilikinya. Disebut-sebut Lamborghini Urus dibanderol hingga Rp 14 miliar. Ada beberapa alasan mengapa unitnya dibanderol sangat mahal.

Salah satunya yaitu karena mesinnya berjenis twin turbo V8 dengan kapasitas bahan bakar hingga 4.0 liter. Dengan kapasitas mesin tersebut, Lamborghini Urus mampu mengeluarkan tenaga maksimal sampai 650 Horsepower.

Saat digunakan, kecepatan mesinnya mampu berlari 0-60 mph hanya dalam 3.5 detik saja. Unggulnya lagi, interior sekaligus eksteriornya dibuat begitu elegan.

2. Ford Super Duty

Ford Super Duty
Ford Super Duty (Source : caranddriver.com)

Bagian belakang Ford Super Duty berupa bak terbuka yang muat untuk menaruh benda-benda berukuran sedang. Cocok digunakan sebagai kendaraan camping di dataran tinggi atau area hutan.

Mesinnya mengusung kapasitas besar yaitu 6.25 liter V8 yang disebut-sebut bisa menghasilkan torsi besar. Ford Super Duty semakin direkomendasikan karena desainnya gahar dan terlihat manly.

Sayangnya, berdasarkan informasi yang didapat, mobil satu ini belum beredar di tanah air. Jika ingin mendatangkannya dari negara produsennya langsung, perlu proses panjang.

3. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport
Mitsubishi Pajero Sport (Source : kompas.com)

Beberapa waktu terakhir, Pajero Sport banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Tampilannya yang gahar menjadi salah satu alasannya.

Dilihat dari tampilannya, Pajero Sport terlihat begitu mahal. Di pasaran, satu unit barunya bisa didapatkan dengan mempersiapkan dana hingga ratusan juta. Disebutkan harga unit termurahnya dibanderol Rp 450 juta.

Sedangkan varian termahalnya dibanderol hingga Rp 663 juta. Meskipun harus mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkannya, tetapi Anda tidak akan kecewa setelah memilikinya terlebih mesinnya gahar.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Pajero Sport 2021

4. Toyota Fortuner


Toyota Fortuner
Toyota Fortuner (Source : cartoq.com)

Salah satu produsen mobil ternama yang digemari masyarakat Indonesia adalah Toyota. Untuk jenis mobil offroad, perusahaan tersebut mengeluarkan varian Toyota Fortuner yang didesain sederhana tanpa meninggalkan kesan gagah.

Pada dasarnya, Toyota memang menawarkan kemewahan pada mobil SUV-nya ini. Tidak hanya berfokus pada tampilan luar, Toyota fortuner juga didesain dengan kabin luas dan nyaman.

Di dalamnya tersedia 3 baris kursi yang muat hingga 7 orang tanpa berdesakan. Sedikit saran, bagi penyuka offroad sebaiknya memilih varian 4×4 sebab lebih bertenaga.

5. Ford F-150 Raptor

Ford F-150 Raptor
Ford F-150 Raptor (Source : id.motor1.com)

Khusus untuk yang sering melakukan perjalanan di area perbukitan dengan tujuan jalan-jalan atau membawa hasil pertanian, Ford F-150 Raptor merupakan mobil offroad paling disarankan.

Kabinnya dibuat dengan dua spasi berbeda, sape depan dibuat tertutup yang berfungsi sebagai tempat pengemudi, sedangkan bagian belakangnya dibuat terbuka. Fungsinya sendiri dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Selain unggul dari segi desain, mesinnya juga tidak kalah bagusnya. Ford F-150 Raptor dibekali dengan mesin twin turbo intercooler 3.5L V6 EcoBoost.

6. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser
Toyota Land Cruiser (Source : toyotamurah.id)

Produk Toyota yang beredar di pasaran tanah air sudah beragam tipenya. Selain Toyota Fortuner, ada juga Toyota Land Cruiser yang sama-sama jenis mobil offroad tetapi berbeda varian.

Toyota Land Cruiser merupakan mobil varian FTV yang gagah dan kuat digunakan melalui medan terjal baik berlumpur ataupun berbatu.

Kapasitas mesinnya sebesar 4.461cc yang menghasilkan tenaga 235 PS pada 3.200 rpm. Beralih ke torsinya, berbekal mesin tersebut mobil ini menghasilkan torsi 62.8 kgm pada perputaran mesin 1.80-0 rpm sampai 2.200 rpm.

Baca Juga: Mobil SUV Terbaik dan Ternyaman untuk Keluarga

7. Toyota 4Runner TRD Pro


Toyota 4Runner TRD Pro
Toyota 4Runner TRD Pro (Source : autotrader.ca)

Suka berpetualang tetapi belum menemukan mobil offroad paling menjawab kebutuhan Anda? Toyota 4Runner TRD Pro bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Pada tipe ini dikeluarkan dengan 3 varian yang memiliki spesifikasi detail sedikit berbeda. Dari segi mesinnya, semua menggunakan mesin 4 berkapasitas mesin 4 Liter V6 dengan sistem transmisi matic 5 percepatan.

Sistem penggerak mobil ini menggunakan 4 roda (4×4) yang mendukung mesinnya bekerja dengan baik. Bahkan tenaganya sampai 270 Horespower dan torsinya 278 lb-ft.

8. Nissan Armada

Nissan Armada
Nissan Armada (Source : id.motor1.com)

Beralih ke produk Nissan, untuk mendukung kegiatan offroad ada Nissan Armada. Mobil dari Nissan ini mengusung model SUV yang gagah dan gahar.

Terdapat 3 baris kursi yang mendukung pemiliknya menggunakannya untuk melakukan perjalanan keluarga. Bagian interiornya terbilang luas sehingga penumpang tidak perlu takut berdesakan saat duduk di dalamnya.

Dari segi performa, Nissan Armada didukung mesin 5.6 liter Direct Injection Gasoline V8. Tenaga maksimum yang dikeluarkannya sebesar 390 Horsepower dengan torsi tidak kalah besarnya mencapai 394.

9. Mercedes-Benz G-Class


Mercedes-Benz G-Class
Mercedes-Benz G-Class (Source : cintamobil.com)

Kabarnya, Mercedes-Benz G-Class merupakan mobil offroad termahal di dunia yang harganya mencapai miliaran rupiah. Tidak mengherankan, pasalnya meisn yang digunakannya mampu memberikan performa tinggi.

Tersedia beberapa tipe mulai dari G 320 CDI, G500, dan G 55 AMG. Tipe paling direkomendasikan untuk yang ingin mendapatkan mesin dengan performa tinggi adalah G 55 AMG.

Alasannya karena tipe itu dilengkapi mesin berkapasitas 5.5 Liter. Tenaga yang dihasilkan mencapai 500 Horsepower sehingga mampu melaju kencang di berbagai jenis medan terutama medan mulus.

10. Land Rover Range Rover

  Land Rover Range Rover
Land Rover Range Rover (Source : id.motor1.com)

TIdak perlu ragu, kemampuan offroad yang disajikan oleh Land Rover begitu mengagumkan. Stabilnya performa mesin semakin sempurna karena tampilan interior dan eksteriornya sangat bagus dan terlihat premium

Sayangnya di Indonesia dibanderol dengan harga mahal. Satu unit barunya berada di kisaran harga di atas 1 miliar rupiah.

Bukan hanya satu, Land Rover Range Rover dikeluarkan dengan beberapa varian seperti HSE, Evoque, Autobiography, dan varian terbarunya ada Range Rover Velar.

11. Jeep Wrangler


Jeep Wrangler
Jeep Wrangler (Source : wikipedia.org)

Jangan salah, hingga kini Jeep masih diminati oleh berbagai kalangan terutama menengah atas. Performa mesinnya yang begitu gahar menjadikannya salah satu mobil offroad paling unggul di kelasnya.

Dapur pacunya ditenagai mesin 3.0L V6 24-Valve VVT Engine yang mengeluarkan tenaga hingga 230 Horsepower. Membahas terkait torsinya, mesin Jeep Wrangler menghasilkan torsi sebesar 285Nm.

Guna menjaga keamanan pengguna, di dalamnya dilengkapi dengan Anti Lock Brake System (ABS) dan Brake Assist.

12. Jeep Cherokee


Jeep Cherokee
Jeep Cherokee (Source : caranddriver.com)

Masih membahas produk-produk jeep, untuk unit offroad lainnya ada Jeep Cherokee dengan tampilan gagah dan tegas.

Kabarnya varian ini menyematkan sistem transmisi otomatis dengan 9 percepatan. Hal tersebut membuat tenaga yang dihasilkannya semakin besar dan mendukung untuk melalui jalan-jalan menantang.

Lebih menarik lagi, baik bagian interior maupun eksteriornya dibuat dari bahan-bahan premium yang membuatnya tampak mewah dan nyaman digunakan.

13. Chevrolet Colorado ZR2


Chevrolet Colorado ZR2
Chevrolet Colorado ZR2 (Source : id.motor1.com)

Mobil ini dibuat dengan double cabin yang mendukung digunakan para pecinta camping di pegunungan ataupun area khusus.

Mesinnya menggunakan Turbo Diesel 2.8 Liter yang mengeluarkan tenaga 181 Horsepower pada 3400 rpm dengan torsi sebesar 369 lb-ft. Berbeda dengan varian lainnya, tersedia kapasitas mesin 3.6 liter dengan torsi 308 horsepower.

Itulah rekomendasi daftar rekomendasi mobil offroad terbaik yang mungkin menarik untuk Anda miliki. Sebelum melakukan pembelian, jangan lupa mengecek berapa harganya dan spesifikasi lengkapnya.