Budaya kebanyakan orang Indonesia adalah bepergian secara ramai-ramai, sehingga tak heran apabila sering menggunakan mobil.

Salah satu jenis mobil yang sedang digemari karena berkapasitas banyak dan desainnya tangguh adalah Sport Utility Vehicle atau mobil SUV.

Berbagai macam jenis dengan keunggulan dan peforma yang ditawarkan jelas membuatnya menjadi pesaing berat. Nah, jika Anda ingin membelinya, maka simaklah daftar mobil SUV terbaik yang cocok untuk keluarga.

Mobil SUV Terbaik Andalan Keluarga

Berikut adalah beberapa merk mobil SUV terbaik untuk Anda dan keluarga tercinta Anda sehari-hari.

Mercedes Benz GLC Class

Mercedes Benz GLC Class, salah satu mobil SUV premium
Mercedes Benz GLC Class, salah satu mobil SUV premium

Jenisnya yang bagus adalah GLC Class, bagaimana tidak, teknologi transmisinya menggunakan 9G-tronik yang berarti dilengkapi sembilan gigi untuk maju dan bisa beralih secara otomatis.

Tak sampai disana, perpindahan giginya berjalan lebih lancar, halus dan cepat daripada yang mobil lain. Itulah mengapa selain nyaman, Mercedes Benz juga sangat efisien dan terasa berdinamika baru. inilah pilihan mobil SUV terbaik bagi penyuka traveler dan petualangan yang menantang.

Mobil ini bisa menjadi pilihan paling pas untuk bepergian dengan perjalanan yang membutuhkan waktu lama, hingga menerobos jalan berbatu dan gang-gang kecil serta berbagai medan lainnya.

Dari dalamnya, penumpang bisa menikmati pemandangan luar secara bebas dan tanpa batas. Bahkan luasnya sampai ke bagian tempat duduk yang belakang. Posisi duduknya tinggi. Jika membutuhkan bagasi yang luas, maka bisa melipat sandaran kursi belakang.

Toyota Rush

Toyota Rush model baru
Toyota Rush model baru

Penambahan eksterior atau body luar dengan desain ekspresif dan dinamis membuat tampilan Toyota Rush semakin terlihat keren. Sedangkan interiornya dibalut gaya modern serta sangat mendukung untuk akses ponsel pintar.

Pasalnya sudah dilengkapi smart phone remote APP, koneksi iPod, inPod, Bluetooth, internet, multitasking support hingga weblink juga ada. Tipe mesinnya 2NR-VE kapasitasnya 1,5 liter, empat speed manual GM/T, TRD, GA/T, sportivo, lima speed manual untuk TCR sportivo M/T. Dengan harga sekitar Rp 250 juta tenaga yang dikeluarkan mencapai 102,5 Tk.

Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport
Mitsubishi Outlander Sport

Kedudukan Outlander Sport sedikit lebih unggul diatas dari Pajero, ya karena mesinnya lebih ramah lingkungan dengan Mitsubishi Innovative valve timing electronic control. Bagian roofnya juga berbeda dari mobil-mobil lainnya. Pasalnya mobil ini sudah menggunakan panaromic glass roof atau atap kaca transparan, yang mana penumpang bisa melihat pemandangan luar melalui berbagai arah.

Mesin yang digunakan adalah 1998 cc, tenaganya berkisar 150 hingga 197 yang berarti torsinya mencapai 6000 rpm. Itulah mengapa outlander sport memiliki peforma yang baik dan unggul. Selain fitur-fiturnya canggih, bagasinya juga terbilang luas dan sangat cocok menjadi alternatif bepergian dengan keluarga besar apalagi saat barang bawaan sangat banyak.

Honda HRV

Honda HRV
Honda HRV

Segala macam jenis medan jalan mampu dilalui mobil SUV terbaik selanjutnya yaitu Honda HRV. Tampil dengan desain gagah dan sporty tak jauh dari versi terdahulunya. Kisaran harga yang ditawarkan mulai Rp 290 juta hingga Rp 400 jutaan. Segala macam medan tempuh dijamin mampu diterjang mobil ini.

Menawarkan peforma mesin 1,5 liter dan 1,8 liter bisa dipilih sesuai penggunaannya. Sistem elektroniknya mengandalkan cruise control dilengkapi fitur drive by wire.Teknologi yang dihadirkan ada audio streering switch dan ignation System.  Sangat kekinian sekali bukan.

Nissan Terra

Nissan Terra

Harganya berkisar Rp 460 juta hingga Rp 665 juta memberikan tiga baris kursi, kabin yang luas, serta berbagai macam fitur mewah dan berkelas dalam interiornya.

Desain eksteriornya terlihat sangat kuat dan tangguh tak hanya saat on road, melainkan ketika off road juga. Empat silinder mesinnya dan kapasitas 2488 cc mampu mengeluarkan tenaga 190 Ps atau setara dengan 3600 RPM. Keluaran Nissan tersebut jelas mampu memberikan keunggulan dan peforma terbaik.

Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport, SUV andalan dari pabrikan Mitsubishi
Pajero Sport, SUV andalan dari pabrikan Mitsubishi

Pajero Sport merupakan mobil SUV terbaik yang paling terkenal di kalangannya. Alasannya selain tampilannya yang sangat sport dan gagah, ternyata juga tetap nyaman meskipun saat dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Fiturnya dilengkapi sunroof yang teduh, AC dual zone, power seat adjuster, serta bagasi luas. Ada pula sistem hiburan agar pengendara tidak bosan atau jenuh. Hemat bahan bakar, namun tetap bertenaga dengan transmisi yang otomatis delapan speed.

Agar tidak mudah tergelincir pada jalan licin, Pajero memiliki fitur yang otomatis mengontrol kecepatan mobil yaitu ASTC sehingga meminimalisir kecelakaan. Perpaduan teknologi Variable Geometri Turbo mampu menghasilkan tenaga 181 PS. Harga mobil berkualitas ini mencapai lebih dari Rp 500 juta.

Honda CRV

Honda CRV
Honda CRV

Keluaran Honda memang selalu memberikan pilihan yang mantap. Honda CRV ini mampu menembus toris 5.600 rpm atau 190 PS, begitupun dengan tenaganya. Terdapat power tailbagte, dan panaromic sunroof pada prestige turbonya.

Sementara teknologi dilengkapi dengan seven seaters, daytime running light, ctv with earth dreams, lampu LED dengan projector. Mengusung peforma mesin 1,5 L VTEC turbo engine, yang bertujuan meningkatkan gedor ketika melintas jalanan. Sistem keselamatannya juga sudah memadai dengan adanya enam airbags yang akan mengembang otomatis saat keadaan darurat.

Isuzu MU-X

Andalan baru dari Isuzu, SUV MU-X
Andalan baru dari Isuzu, SUV MU-X

Termasuk dalam jajaran mobil SUV terbaik di Indonesia, Isuzu Mu-X berkapasitas tujuh orang, desain interiornya sangat nyaman, dan dilengkapi direct fuel injection common rail 2,5 l.

Hal tersebut menjadikannya semakin bertenaga, apalagi didukung turbocharger intercooled variable geometri system (VGS) memungkinkan putaran mesinnya sempurna pada setiap tingkat.

Mesinnya bertenaga 236 ps dan torsi 32,9 kg, 1800-2800 rpm karena menggunakan teknologi DFIC atau Direct Fuel Injection Commonrail.

Toyota Fortuner

Fortuner adalah mobil SUV andalan dari Toyota
Fortuner adalah mobil SUV andalan dari Toyota

Mobil SUV terbaik terakhir ada All New Toyota Fortuner, yang mana varian termahalnya menggunakan 6 speed automatic atau transisi otomatis.

Kapasitas mesin TDR mencapai  2393, kekuatannya 148,6 PS, torsi 40,8 kgm. Sedangkan dibawahnya berukuran 2694 cc, daya 163 PS. Tersedia dalam beberapa warna, menjadikannya diincar banyak penggemar mobil bergaya kekar.

Kesimpulan

Selain beberapa jenis diatas, masih ada banyak lagi mobil SUV terbaik. Meski harganya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis MPV dan sedan, namun peformanya juga lebih unggul.

Pasalnya mobil SUV dibuat menyerupai kerangka truk yang tidak terlalu berat atau ringan. Kelebihan lainnya yaitu umumnya dibekali ban serep pada belakang mobil. Hal ini tentu akan sangat membantu saat ban rusak di tengah perjalanan.

Ayo cari mobil impianmu sekarang di LacakHarga.