Pada postingan sebelumnya telah disebutkan kelebihan dan kekurangan lampu LED. Pancaran cahaya yang lebih terang dari lampu LED merupakan alasan utama mengapa banyak orang mengupgrade lampu utama mobilnya menjadi lampu LED.

Saat ini sudah banyak sekali jenis lampu LED mobil yang dijual di pasaran. Masing-masing dari lampu tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Agar tidak bingung memilih, berikut saya sebutkan 10 rekomendasi lampu LED mobil terbaik.

Detail Ulasan 10 Lampu LED Terbaik yang Direkomendasikan

1. C6 H11

C6 H11
C6 H11 (Source : shopee.co.id)

Rekomendasi paling pertama lampu LED pada postingan kali ini adalah C6 H11. Harga jualnya berkisar Rp.64.000 di pasaran saat ini. Harga ini tentu tergolong murah dan terjangkau jika dibandingkan kualitas yang dimiliki oleh lampu yang satu ini.  

Salah satu keunggulan utama lampu ini terletak pada proses pelepasan panas lampunya yang sangat cepat dan mudah berkat aplikasi heat sinknya dan kipas pendingin. Selain itu, mengaplikasikan lampu ini sangat mudah, karena tidak membutuhkan kabel relay. Jadi, Anda hanya perlu melakukan plug dan play saja.

Lampu LED ini memiliki kemampuan sorotan cahaya sebesar 3.800 lumen, tidak heran jika pancaran cahayanya sangat terang. Sedangkan daya yang dimilikinya berkisar 36 watt dengan bukaan voltage 8-48 Volt.

2. Hypersonic LED H11

Hypersonic LED H11
Hypersonic LED H11 (Source : ruparupa.com)

Rekomendasi lampu LED berikutnya adalah Hypersonic LED H11. Harga jual lampu ini masih tergolong murah dan terjangkau, meskipun lebih mahal dibandingkan lampu LED pertama di atas, yaitu berkisar Rp.200.000 hingga Rp.300.000.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh lampu LED yang satu ini, salah satunya adalah hemat energi. Sebab, voltase daya yang dibutuhkannya berkisar 12 volt dan 55 watt saja.  Tentu lebih hemat dan ramah bagi aki mobil Anda.

Meskipun voltase daya yang dibutuhkannya rendah, sorotan cahaya yang dihasilkannya sebesar 4.800 Kelvin. Tidak heran jika Hypersonic LED H11 ini dianggap sebagai salah satu lampu LED mobil terbaik yang ada di pasaran saat ini.

3. Signature Vision LED E4

Signature Vision LED E4
Signature Vision LED E4 (Source : tokopedia.com)

Jika Anda membutuhkan lampu LED mobil yang mampu memancarkan sorotan cahaya yang terang meskipun dalam kondisi hujan, maka Signature Vision LED E4 merupakan pilihan yang tepat.

Harga lampu ini di pasaran tergolong tinggi, berkisar Rp.1.300.000 untuk satu set. Harga tersebut tentu sepadan dengan kualitas yang ditawarkannya. Meskipun berasal dari pabrikan asal Jawa Barat, tapi lampu ini sudah menggunakan chip GX-4 dan CREE USA.

Lampu LED mobil ini mampu menghasilkan sorotan cahaya sebesar 20.000 lumens. Cahayanya terang sekali namun tidak menyilaukan mata. Berkat satuan warna cahaya 5.700 kelvin Pure White yang dimilikinya, sorotan cahayanya mampu menembus hujan.

4. Autovision LED LX8

Autovision LED LX8
Autovision LED LX8 (Source : blibli.com)

Lampu LED mobil terbaik selanjutnya yang direkomendasikan bagi Anda adalah Autovision LED LX8. Lampu ini tergolong ramah daya karena  hanya membutuhkan kapasitas daya sebesar 25 watt saja.  Adapun sorotan cahaya yang dihasilkannya mencapai 4.000 lumen.

Oleh karena itu, lampu LED yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada mobil berkapasitas AKI yang kecil. Desain lampunya sudah dilengkapi dengan casing kedap air, sehingga aman digunakan oleh mobil Anda di bawah guyuran hujan.

Keunggulan lain dari Autovision LED LX8 adalah bisa digunakan hingga 30.000 jam lamanya. Soal harga jual, lampu LED mobil yang satu ini diberandol dengan kisaran harga Rp.1.600.000 di pasaran saat ini.

5. Osram LED T10

Osram LED T10
Osram LED T10 (Source : aliexpress.com)

Salah satu lampu LED mobil yang juga direkomendasikan bagi Anda adalah Osram LED T10. Osram sendiri merupakan brand yang berasal dari Jerman dan sudah dikenal dengan kualitas produk-produknya.

Keunggulan utama dari lampu LED yang satu ini adalah sifatnya yang multifungsi. Artinya, lampu yang satu ini tidak hanya bisa digunakan sebagai lampu kendaraan roda empat, tetapi juga sebagai lampu kendaraan roda dua.

Saat diaplikasikan di mobil, Osram LED T10 tidak hanya bisa digunakan sebagai lampu senja,tetapi juga sebagai lampu kabin, lampu plat nomor, dan yang lainnya. Soal harga jual, lampu LED ini bisa diberandol dengan kisaran harga Rp.300.000.

6. Fortuna LED H4 ETI

Fortuna LED H4 ETI
Fortuna LED H4 ETI (Source : kaskus.co.id)

Lampu LED mobil selanjutnya yang juga direkomendasikan adalah Fortuna LED H4 ETI. Merk lampu LED yang satu ini banyak diterapkan pada mobil pabrikan asal Jepang dan Eropa. Sorotan cahayanya sangat terang namun tidak menyilaukan berkat lensa reflektor yang disematkan padanya.

Fortuna H4 ETI juga tergolong hemat daya berkat konsumsi dayanya berkisar 40 watt saja. Oleh karena itu, sangat cocok aplikasikan pada mobil dengan kapasitas AKI yang tergolong kecil. Untuk waktu pemakaian, lampu LED ini bertahan hingga 30.000 jam.

Untuk harga jual, lampu LED yang satu ini bisa dibanderol dengan kisaran harga Rp.1.500.000 dan mendapatkan garansi 1 tahun. Pemasangan instalasinya sangat mudah, Anda bahkan bisa memasangnya sendiri di rumah.

Keunggulan lainnya yang juga dimiliki oleh lampu LED ini karena sudah mendapatkan sertifikat IP65 yang menunjukkan anti air.

7. Ledener H4


Ledener H4
Ledener H4 (Source : shopee.co.id)

Rekomendasi selanjutnya jatuh pada Ledener H4. Produk yang satu ini mudah ditemukan di pasaran dan harga jualnya juga tidak begitu mahal, berkisar Rp.900.000 saja. Meskipun demikian, kualitas lampu LED mobil ini tidak bakalan mengecewakan.

Lampu LED mobil satu ini sangat cocok diaplikasikan sebagai lampu depan pada semua mobil pabrikan Jepang dan Eropa. Berkat color temperature yang mencapai 6.500 Kelvin ini pada lampu ini, sangat cocok diaplikasikan sebagai lampu jauh.

8. Philips LED Turbo H7

Philips LED Turbo H7
Philips LED Turbo H7 (Source : aliexpress.com)

Lampu LED mobil terbaik berikutnya adalah keluaran Philips, yaitu Philips LED Turbo H7. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Sebab, lampu ini disematkan dengan teknologi Luxeon yang menjadikan tingkat terangnya mencapai 200 persen lebih tinggi dibandingkan lampu LED lainnya.

Lampu LED ini juga dibekali dengan fitur Safe Beam yang menjadikan sorotan cahayanya tidak menyilaukan mata pengendara lain. Oleh karena itu, sorotan lampu mobil LED ini tidak membahayakan pengendara lain yang berpapasan dengannya saat berjalan di malam hari.

Harga jual Philips LED Turbo H7 di pasaran saat ini lumayan tinggi, berkisar Rp.1.000.000 hingga Rp.2.500.000. Meskipun mahal, kualitas lampu LED yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

9. Tyto H4


Tyto H4
Tyto H4 (Source : lazada.co.id)

Jika rata-rata lampu LED yang direkomendasikan sebelumnya di atas mencapai harga jutaan rupiah, maka lampu yang bernama Tyto H4 ini tergolong murah meriah. Sebab, harga jualnya saat ini berkisar Rp.140.000.

Meskipun harga jualnya murah, tapi kualitasnya tidak murahan. Hal ini terbukti dengan adanya sertifikat IP67 yang berhasil didapatkannya. Sertifikat tersebut menunjukkan kalau lampu mobil LED yang satu ini tahan terhadap air.

Kekuatan sorotan lampu ini berkisar 2.800 lumens dengan kombinasi temperatur warna yang mencapai 5.500 Kelvin. Oleh karena itu, Tyto H4 termasuk salah satu lampu LED berkualitas tinggi harga murah.

10. Philips X-Treme Ultinon LED-HL (H4)

Philips X-treme Ultinon LED-HL (H4)
Philips X-treme Ultinon LED-HL (H4) (Source : philips.co.id)

Rekomendasi lampu LED mobil paling terakhir pada postingan kali ini adalah X-Treme Ultinon LED-HL (H4). Harga jual lampu LED ini lumayan mahal, berkisar Rp.3.000.000 di berbagai marketplace yang ada saat ini.

Harga jual tersebut tentunya sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh lampu ini. Bayangkan saja, sorotan cahaya yang dihasilkannya dua kali lebih terang dan lebih tajam dibandingkan lampu LED lainnya.

Meskipun cahayanya sangat terang, konsumsi dayanya sangat rendah karena berkisar 40 watt saja. Sangat cocok digunakan pada mobil dengan kapasitas aki yang kecil.

Itulah tadi 10 rekomendasi lampu LED mobil terbaik yang ada di pasaran saat ini. Jika Anda ingin mengupgrade lampu mobil Anda dengan lampu LED, tinggal pilih saja salah satu lampu yang direkomendasikan di atas.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik