Apakah Anda berkeinginan mencuci motor sendiri di rumah? Jika iya, gunakan saja alat cuci motor khusus agar pekerjaan mencuci Anda jadi lebih mudah. Selain itu, menggunakan alat khusus akan menjadikan hasil cuci motor lebih maksimal.

Mencuci motor sendiri di rumah tentu lebih hemat. Sayangnya, terkadang hasilnya kurang memuaskan karena dicuci secara manual. Oleh karena itu, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan alat cuci motor terbaik yang banyak dijual di pasaran.

Detail Ulasan 11 Alat Cuci Motor Terbaik

Jika Anda penasaran ingin mengetahui apa saja alat cuci terbaik yang dijual di pasaran, di bawah ini akan disebutkan 11 alat tersebut yang direkomendasikan. Rata-rata alatnya dijual dengan harga yang lumayan murah dan terjangkau.

1. EZ Jet Water Cannon

EZ Jet Water Cannon
EZ Jet Water Cannon (Source : amazon.in)

Rekomendasi pertama alat cuci motor terbaik yang cocok dibeli untuk membersihkan sendiri motor Anda di rumah adalah EZ Jet Water Cannon. Harganya tidak terlalu mahal, berkisar Rp.50.000 hingga Rp.70.000 saja di pasaran saat ini. Bersamaan dengan harganya yang terjangkau, manfaatnya sangatlah besar.

Bentuk alat ini seperti semprotan yang di bagian ujungnya terdapat bulatan-bulatan kecil. Nantinya air akan disemprotkan melalui bulatan-bulatan kecil tersebut. Untuk menjalankan alat ini, Anda tidak membutuhkan listrik dan kompresor sama sekali. Hanya membutuhkan tekanan air dari alat pompa rumah.

2. Steam Karcher

Steam Karcher
Steam Karcher (Source : shopee.co.id)

Alat cuci motor lainnya yang juga direkomendasikan untuk Anda adalah Steam Karcher. Hanya saja, harga jual alat ini lebih mahal dari alat yang pertama di atas, yaitu berkisar Rp.2.500.000. Wajar sih kalau mahal, karena produk buatan Jerman ini dikenal dengan kualitasnya yang tinggi.

Desainnya sangat compact, ringan, dan mudah digunakan. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa mencuci motor lebih cepat dan lebih bersih. Bahkan, alat ini juga bisa Anda gunakan untuk mencuci mobil dan teras rumah.

3. Mesin Steam BOSCH

Mesin Steam Bosch
Mesin Steam Bosch (Source : bukalapak.com)

Mesin lain yang juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencuci sendiri motor di rumah adalah Mesin Steam Bosch. Harga jualnya tergolong mahal juga, berkisar Rp.2.000.000. Soal kualitas tidak perlu diragukan, karena alat cuci motor ini diproduksi oleh BOSCH yang sudah sangat terkenal.

Dengan kemampuan semprot air yang tinggi dari alat ini, menjadi semakin mudah bagi Anda untuk membersihkan bagian-bagian paling sulit sekalipun di motor Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk membersihkan mobil dan lantai rumah.

4. Doorsmeer Pompa Mini Steam Jet Portable

Doorsmeer Pompa Mini Steam Jet Portable
Doorsmeer Pompa Mini Steam Jet Portable (Source : moladin.com)

Alat lainnya yang juga bisa digunakan untuk mencuci motor adalah Doorsmeer Pompa Mini Steam Jet Portable. Sangat cocok digunakan di rumah karena bentuknya sederhana. Meskipun demikian, alat cuci motor yang satu ini dapat diandalkan untuk membersihkan motor kesayangan Anda.

Satu paket alat cuci motor portable ini terdiri dari pompa mini doorsmeer, selang air pengisap berukuran 2 meter, dan selang air dengan kawat berukuran 5 meter. Saat ini harga jualnya lumayan terjangkau, berkisar Rp.279.000 saja.

5. Mesin Steam Lakoni

Mesin Steam Lakoni
Mesin Steam Lakoni (Source : moladin.com)

Rekomendasi lainnya untuk alat cuci motor terbaik adalah Mesin Steam Lakoni. Banyak yang suka menggunakan produk ini, karena hanya membutuhkan daya listrik yang rendah ketika digunakan. Harga jualnya juga sangat murah, berkisar Rp.619.000 saja.

Aktivitas mencuci motor jadi lebih mudah ketika menggunakan alat ini. Semprotan air bertegangan tinggi yang dihasilkannya membuat Anda bisa membersihkan tempat-tempat yang sulit terjangkau di motor kesayangan Anda.

6. Tokuniku Water Jet Gun

Tokuniku Water Jet Gun
Tokuniku Water Jet Gun (Source : blibli.com)

Meskipun alat cuci motor yang satu ini sangat sederhana, tidak keliru jika alat ini direkomendasikan bagi Anda. Sebab, alat yang bernama Tokuniku Water Jet Gun ini dilengkapi dengan dispenser built-in. Nantinya dispenser tersebut bisa diisi sabun cuci yang secara otomatis akan bercampur dengan air.

Cara menggunakan alat ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu mengatur pegangan bagian atas sesuai kebutuhan. Untuk harga jual, alat ini bisa diberandol dengan kisaran harga Rp.70.000.

7. Nankai VAD 70 Jet Cleaner

Nankai VAD 70 Jet Cleaner
Nankai VAD 70 Jet Cleaner (Source : Youtube.com/Nankai Tools)

Alat yang bernama Nankai VAD 70 Jet Cleaner juga sangat direkomendasikan bagi Anda. Tidak hanya cocok digunakan untuk mencuci motor, tetapi juga untuk mencuci mobil. Keunggulan alat ini karena mampu menghasilkan daya semprot air yang cukup kencang, sehingga bagian-bagian yang paling sulit terjangkau dari kendaraan Anda bisa dibersihkan.

Keunggulan lain dari alat ini adalah konsumsi daya listriknya rendah saat digunakan. Tingkat kekencangan semprotan airnya juga bisa diatur dengan memanfaatkan bagian nozzlenya. Selain itu, tersedia juga mode steam semburan tipis. Untuk harga jualnya, alat ini diberandol dengan kisaran harga Rp.1.000.000 saja.

8. Steam Morris

Steam Morris
Steam Morris (Source : moladin.com)

Mesin cuci motor berikutnya yang juga cocok bagi Anda yang ingin menggunakannya untuk mencuci kesayangan adalah Steam Morris. Desainnya ramping dan ringan, sehingga tidak akan kesulitan jika Anda membawanya ke mana-mana.

Saat ini harga jual alat cuci motor yang bernama Steam Morris ini berkisar Rp.800.000. Masih tergolong murah dan kualitasnya tidak bakalan mengecewakan.

9. Magic X Hose 30M

Magic X Hose 30M
Magic X Hose 30M (Source : walmart.ca)

Alat yang bernama Magic X Hose 30M ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci motor, tetapi juga untuk menyiram tanaman. Sebab, selang airnya lumayan panjang, mencapai 30 meter jika ditarik secara maksimal.

Menariknya, saat tidak digunakan, selangnya terlihat pendek dan ringkas. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan membawanya ke mana-mana. Saat menggunakan alat ini, Anda bisa memilih 7 jenis semprotan.

10. Jet Cleaner Multipro HPD 5006M

Jet Cleaner Multipro HPD 5006M
Jet Cleaner Multipro HPD 5006M (Source : multipro-technic.co.id)

Alat cuci motor yang bernama Jet Cleaner Multipro HPD 5006M ini memiliki tekanan 50-95 bar. Konsumsi listriknya lumayan besar, berkisar 600 watt. Meskipun demikian, alat ini bisa Anda gunakan untuk banyak hal, seperti mencuci motor, mobil, karpet, bahkan AC.

Suara mesin alat ini tergolong rendah ketika digunakan, sehingga telinga Anda tidak akan terganggu oleh kebisingannya. Untuk harga jual, alat ini diberandol dengan kisaran harga Rp.600.000 per unit.

11. NLG tipe HPC 40-TS

NLG tipe HPC 40-TS
NLG tipe HPC 40-TS (Source : carmudi.co.id)

Rekomendasi paling terakhir untuk alat cuci motor terbaik pada postingan kali ini adalah NLG tipe HPC 40-TS. Bentuknya tergolong mungil dan memiliki roda di bagian bawahnya. Dengan begitu, tidak perlu repot-repot mengangkatnya ketika ingin berpindah tempat, karena Anda cukup mendorongnya.

Sayangnya, alat ini membutuhkan konsumsi daya listrik lumayan besar ketika ingin menggunakannya, yaitu berkisar 700 watt. Meskipun demikian, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Daya semprot airnya sangat kencang, sehingga aktivitas mencuci mobil dan motor semakin mudah dilakukan.

Soal harga jual, alat ini bisa diberandol dengan kisaran harga Rp.890.000 dan mendapatkan garansi 1 tahun. Ketika membeli alat ini, Anda akan mendapatkan spray gun, botol sabun, nepel, selang high pressure 5 meter, serta kepala spray gun yang berbeda-beda.

Itulah tadi 11 alat cuci motor terbaik yang direkomendasikan bagi Anda. Dengan menggunakan salah satu dari alat tersebut, Anda bisa mencuci motor sendiri di rumah dan tidak perlu membawanya ke tempat jasa pencucian motor. Tinggal pilih saja manakah di antara alat-alat tersebut yang paling cocok dengan budget dan selera Anda.