Sebagian dari Anda mungkin masih bingung tentang apa yang disebut dengan towing mobil. Sekarang ini produk tersebut cukup sering digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor baik jarang dekat ataupun jauh.

Bagi yang bertanya-tanya tentang apa itu towing mobil, pastikan untuk menyimak pemaparan pada artikel ini. Sebab pembahasan terkait penting diketahui jika Anda memiliki minat di bidang otomotif.

Apa Itu Towing Mobil?

Apa Itu Towing Mobil?
Apa Itu Towing Mobil?

Istilah towing mobil digunakan untuk menyebutkan proses pengangkutan kendaraan menggunakan truk dengan desain khusus. Satu truknya hanya bisa digunakan untuk mengangkut satu mobil saja.

Towing mobil ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengangkut mobil jarak dekat saja melainkan juga jarak jauh. Alasan mengapa lebih banyak yang menggunakan metode ini karena dinilai pengirimannya lebih cepat.

Keberadaan towing mobil sangat membantu masyarakat di lingkungan rawan banjir. Mengapa demikian? karena bisa digunakan untuk memindahkan mobil ke tempat lebih aman sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan akibat rendaman air banjir.

Banyaknya keunggulan yang diberikan towing mobil membuatnya masyarakat sering memilih metode tersebut meskipun harganya terbilang mahal. Nominalnya tergantung dari jarak lokasi pemberangkatan sampai lokasi tujuan dan pertimbangan risiko yang mungkin terjadi.

Sebelum menggunakan towing mobil, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakannya.

Anda perlu mempersiapkan STNK dan juga BPKB sebagai bukti bahwa mobil tersebut bukan hasil dari tindak kejahatan. Mengenai keamanannya, tidak perlu khawatir karena nantinya STNK dan BPKB yang dilampirkan akan dikembalikan kepada pemilik.

Hanya saja pastikan untuk memilih penyedia jasa terpercaya supaya tidak sampai mengalami masalah misalnya adanya tindak penipuan atau hal merugikan lainnya.

Jenis-jenis Towing Mobil

jenis towing mobil
Jenis-jenis Towing Mobil

Towing mobil dibedakan menjadi dua jenis yaitu towing gendong dan towing hidrolik. Meski fungsi keduanya sama yaitu untuk mengangkut mobil, namun ada perbedaan pada bagian teknik pengangkutannya. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Towing Gendong

Sesuai namanya, sistem pengangkutan dari towing gendong yaitu mobil akan ditempatkan pada bak truk. Tingkat keamanannya cukup baik sehingga cocok dipilih jika lokasi tujuannya jauh.

2. Towing Hidrolik

Sistem pengangkutan ini menggunakan perlengkapan hidrolik yang menempatkan mobil sejajar dengan badan jalan. Anda bisa membayangkannya seperti derek mobil. Akan tetapi perlu diingat, antara derek dan towing memiliki perbedaan.

Umumnya teknik ini digunakan pada mobil yang memiliki ground clearance. Tujuannya adalah agar bagian bawah mobil tidak mengalami kerusakan fatal.

Perbedaan Towing Mobil dan Derek


Apa Perbedaan Towing Mobil dan Mobil Derek?
Apa Perbedaan Towing Mobil dan Mobil Derek?

Beberapa orang menganggap antara towing mobil dan derek itu sama. Namun keduanya cukup berbeda pada beberapa hal. Bagi yang penasaran, silahkan simak penjelasannya pada ulasan berikut ini:

1. Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Mobil derek memiliki perangkat tambahan berupa katrol yang digunakan untuk menyangkutkan bagian bawah mobil. Umumnya derek digunakan dalam razia pelanggaran lalu lintas atau kasus kecelakaan.

Sedangkan towing digunakan berdasarkan jenisnya, secara garis besar towing digunakan untuk mengangkut mobil bagus. Hal ini karena proses pengangkutannya menggunakan teknik khusus serta syarat dan ketentuan tertentu.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebelum memilih salah satunya perlu mengetahui kebutuhan serta risiko yang mungkin ditanggung setelah pengangkutan. Truk derek disarankan digunakan untuk mobil dengan pengaman di bagian bawahnya atau mobil rusak.

2. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Kendaraan yang digunakan untuk towing dan derek tidak dipilih secara sembarangan. Maksudnya adalah untuk mendukung fungsinya secara maksimal sehingga tidak sampai mengalami masalah.

Truk derek memiliki ciri khusus yaitu berupa katrol di bagian belakangnya untuk mengangkut mobil. Katrol tersebut dapat bergerak dengan pengendali yang terdapat pada bagian kemudinya.

Desain truk towing sedikit berbeda karena mobil yang diangkut diletakkan pada badan truk. Jenis truk towing hidrolik juga memiliki komponen tambahan khusus yang hampir mirip dengan derek.

3. Penyedia Jasa

Pada umumnya jasa towing sebagian besar dibuka oleh swasta yang dapat membantu masyarakat untuk memindahkan mobil dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Oleh karenanya harganya terbilang mahal yang didukung dengan kualitas bagus.

Melihat penggunaannya, derek sebagian besar dioperasikan oleh dinas perhubungan. Mobil derek memang sering dimanfaatkan untuk mengangkut mobil rusak, korban kecelakaan kendaraan, dan hasil razia.

Apabila ingin memindahkan mobil dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kondisi masih baik, maka Anda bisa memilih jasa towing mobil. Sekarang ini layanannya sudah bisa dipesan melalui platform online.

4. Cara Mengangkut Mobil

Dilihat dari segi bentuk, antara truk derek dan towing berbeda. Hal tersebut berpengaruh pada sistem pengangkutan mobilnya, sehingga ketika memilih salah satunya Anda perlu mempertimbangkan fungsinya.

Pengangkutan mobil dengan menggunakan towing diangkut di bagian baknya. Sedangkan untuk towing hidrolik memiliki desain dan cara penggunaan hampir sama dengan derek. Namun yang membedakan adalah ketinggian dari posisi pengangkutannya.

Dari pemaparan-pemaparan sebelumnya tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai bagaimana bentuk dari derek. Truk ini sangat umum ditemukan di jalanan karena sering dimanfaatkan dinas perhubungan untuk mengangkut kendaraan bermotor yang terjaring razia atau bekas kecelakaan.

Mengenai bentuknya truk derek terdapat uas yang digunakan untuk menarik mobil. Tuas tersebut bisa bergerak dengan kendali di bagian kemudi. Silahkan memilih menggunakan truk derek jika mengangkut mobil dalam kondisi memungkinkan atau sudah tidak berbentuk.

Demikian ulasan mengenai towing mobil yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Pastikan untuk memilihnya berdasarkan fungsi dan penggunaannya. Jangan sampai malah salah pilih karena dapat memberikan pengaruh pada kondisi mobil.