Menggunakan oli shock depan yang bagus merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja shockbreaker depan motor Anda tetap maksimal. Dengan sebab itu, motor Anda tidak akan terlalu berguncang saat melewati jalanan yang rusak atau berlubang.

Saat ini sudah banyak sekali merek oli shock depan yang dijual di pasaran. Harganya pun bermacam-macam. Tentunya, tidak semua oli tersebut memiliki kualitas yang bagus dan bisa dijadikan pilihan untuk motor kesayangan Anda.

Lantas oli merek apakah yang bagus untuk motor Anda? Tidak usah bingung, di bawah ini akan disebutkan oli shock depan yang bagus dan direkomendasikan bagi Anda. Penasaran apa saja merek oli shock depan tersebut? Ayo, dapatkan jawabannya di sini!

Inilah 7 Rekomendasi Oli Shock Depan yang Bagus

1. Fork Oil Factory Line

Fork Oil Factory Line
Fork Oil Factory Line Tersedia dalam 2 Tingkat Kekentalan yaitu SAE 5W dan 10W

Rekomendasi pertama untuk oli shock depan yang bagus bagi motor Anda adalah Fork Oil Factory Line. Harga pasarannya saat ini lumayan mahal, yaitu berkisar Rp.208.000 atau lebih sedikit untuk kemasan 1 liter.

Oli shockbreaker depan ini sangat cocok digunakan pada motor jenis on-road  dan off-road dengan cc besar. Dengan menggunakannya, fork kendaraan Anda akan mendapatkan perlindungan maksimal dan bergerak lebih halus saat berkendara.

Saat ini produk tersebut tersedia di pasaran dalam dua tingkat kekentalan, yaitu SAE 5W dan 10W. Anda tinggal memilih oli dengan tingkat kekentalan yang dibutuhkan oleh motor Anda.

2. Synthetic Fork Oil

Synthetic Fork Oil
Synthetic Fork Oil Produk Berkualitas Terbaik untuk Oli Shock Depan

Rekomendasi oli shock depan kedua yang cocok digunakan untuk motor kesayangan Anda adalah Synthetic Fork Oil. Harga pasarannya saat ini bahkan lebih mahal dari oli yang pertama di atas, yaitu berkisar 249.000 untuk kemasan 473 ml.

Oli shock depan yang diproduksi di Amerika ini mungkin belum begitu dikenal di kalangan pengguna biasa. Tapi bagi orang yang berkecimpung dalam dunia otomotif, produk ini tidak asing lagi. Tidak heran jika orang-orang yang berkecimpung dalam dunia otomotif lebih memilih untuk menggunakan produk ini, karena kualitasnya tidak asing lagi bagi mereka.

Selain cocok digunakan untuk motor yang digunakan sehari-hari, produk ini juga sangat cocok digunakan pada motor jenis balap atau racing disebabkan efektivitasnya dalam memberikan handling yang lebih responsif. Untuk tingkat kekentalannya, produk ini tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu SAE 5W, 10W, 15W, dan 20W.

3. Faito Fork Oil

Faito Fork Oil
Faito Fork Oil Memiliki Viskositas SAE 15W

Jika Anda mencari oli shock depan yang juga berkualitas namun lebih murah dibandingkan dengan dua produk di atas, maka kami sarankan Anda untuk membeli Faito Fork Oil. Harga jualnya saat ini berkisar Rp.79.000 hingga Rp.100.000.

Produk yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan pada berbagai jenis motor, baik motor racing, motor harian, bahkan motor yang dimodifikasi sekalipun.

Tingkat kekentalannya sebesar SAE 15W, sehingga sangat efektif dalam merendam shock depan dan menjadikannya lebih mampu menahan goncangan saat motor Anda melintasi jalan yang rusak atau berlubang.

4. Front Fork Oil G-10

Front Fork Oil G-10
Front Fork Oil G-10 Diformula Secara Khusus Untuk Motor Yamaha

Apakah Anda membutuhkan oli shock depan yang bagus dan memang diformulasikan secara khusus untuk sepeda motor Yamaha? Jika iya, maka Front Fork Oil G-10 merupakan produk yang tepat untuk Anda. Harga jualnya memang murah, yaitu berkisar Rp.12.000 hingga Rp.15.000. Meskipun demikian, bukan berarti kualitasnya murahan.

Produk yang diproduksi oleh Yamalube ini tidak hanya menjadikan shock motor Anda lebih awet, tetapi juga mampu memaksimalkan kinerjanya sebagai suspensi untuk menahan goncangan. Hanya saja, tidak ada keterangan berapa tingkat kekentalannya, sehingga lebih dianjurkan untuk digunakan pada motor harian, bukan motor racing atau balap.

Uniknya, di bagian atas produk ini dibuat dalam bentuk corong. Dengan begitu, Anda bisa menuangkan oli shock depan ini dengan mudah tanpa harus menggunakan bantuan corong eksternal.

5. Aspira Shock Absorber Oil

Aspira Shock Absorber Oil
Aspira Shock Absorber Oil Dilengkapi dengan Formula Antikarat dan Antibuih

Produk oli shock depan yang bagus lainnya dan juga direkomendasikan untuk Anda adalah Aspira Shock Absorber Oil. Harga produk ini sangat murah, karena dijual dengan kisaran harga Rp.12.000 saja.  Meskipun demikian, kualitasnya tidak kalah dari produk yang dijual dengan harga lebih mahal.

Aspira Shock Absorber Oil memiliki tingkat ketebalan yang stabil dan dilengkapi dengan formula antibuih serta antikarat. Dengan begitu, shockbreaker motor Anda lebih terjaga dan tahan lama. Selain itu, motor yang menggunakan oli shock depan terasa lebih stabil saat melintasi jalan yang rusak dan berlubang.

6. High Performance Fork Oil

High Performance Fork Oil
High Performance Fork Oil Cocok untuk Motor Matic dan Manual

Jika Anda membutuhkan oli shock depan yang berkualitas dan dirancang khusus untuk segala kondisi jalan, maka High Performance Fork Oil merupakan pilihan yang tepat. Produk ini dijual dengan harga yang sangat murah, berkisar Rp.16.000 hingga Rp.19.000 di pasaran saat ini. Kualitasnya tentu tidak diragukan lagi karena diproduksi oleh Top 1 yang sudah dikenal dunia dengan kualitas oli mesinnya.

Produk ini dirancang khusus untuk digunakan pada kendaraan roda dua, baik motor manual maupun motor matic. Tingkat viskositas tergolong ideal dan sangat cocok digunakan untuk kendaraan standar. Dengan kata lain, produk ini hanya cocok digunakan pada motor yang digunakan sehari-hari, bukan motor racing atau balap.

7. Hydrofit Shock Absorber Oil

Hydrofit Shock Absorber produk Terbaik Dalam Negeri
Hydrofit Shock Absorber Oil Produk Terbaik Dalam Negeri

Jika Anda ingin menggunakan oli shock depan terbaik yang diproduksi dalam negeri, maka Hydrofit Shock Absorber Oil merupakan pilihan yang tepat. Harga jualnya sangat murah, berkisar Rp.8.000 hingga Rp.9000 saja.

Tidak perlu meragukan kualitasnya, karena produk buatan asli Indonesia ini berhasil mendapatkan SNI  dan ISO. Bahkan, Jumbo sendiri berhasil mendapatkan penghargaan dari Top Brand.

Itulah 7 rekomendasi oli shock depan yang bagus dan direkomendasikan bagi Anda. Setelah membaca artikel ini, tentu Anda tidak akan kebingungan lagi dalam memilih produk yang tepat untuk kendaraan Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Oli untuk Motor di Atas 5 Tahun