Pernahkah Anda merasakan kalau kemudi sepeda motor kesayangan Anda tiba-tiba goyang dan bahkan sulit untuk dikendalikan? Jika iya, besar kemungkinan komstir motor Anda sudah kendur. Jika hal itu terjadi, maka perlu disetel kembali kekecangannya.

Tapi bagaimanakah cara menyetel kekencangan baut kemudi komstir? Kelanjutan artikel di bawah ini akan mengulasnya untuk Anda.

Apa Itu Komstir?

komstir motor
Komstir Motor (Source : yudibatang.com)

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menyetel kekencangan baut kemudi komstir, penting untuk diketahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan komstir itu sendiri.

Komstir adalah salah satu komponen sepeda motor yang bentuknya sangat sederhana. Meskipun demikian, fungsinya sangat penting karena sebagai penggerak yang menyambungkan dari setang ke suspensi. Letaknya berada di bawah segitiga.

Selain membantu menggerakan setang, komponen ini juga diperlukan untuk menstabilkan kemudi. Jika komponen ini tidak ada atau rusak, maka akan sangat sulit untuk mengendalikan sepeda motor.

Posisi komstir di bawah segitiga, dan keberadaannya membantu motor lebih stabil saat melaju dan meminimalisir getaran saat melalui jalan yang rusak.

Kerusakan pada komstir terkadang disebabkan karena terlalu kendor atau terlalu kencang. Jika terlalu kencang, akan menyebabkan kemudi motor terasa belok sendiri ketika di tikungan, baik ketika motor melaju dalam kecepatan rendah, sedang, dan tinggi.

Komstir yang disetel terlalu kencang bisa mengakibatkan pengendara susah mengatur performa kecepatan dalam berakurasi. Hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan akibat pengendara tidak mampu mengontrol motornya.

Sebaliknya jika setelan komstir terlalu kendor, terasa tidak ada perbedaan saat motor melaju dalam kecepatan sedang maupun kecepatan tinggi. Tapi jika kebetulan motor melintasi jalan yang berlubang atau bertemu polisi tidur, goncangan motor akan sangat terasa. Bahkan, bisa mengakibatkan stang motor goyang dan mengakibatkan motor tidak stabil.

Detail Cara Menyetel Kekencangan Baut Kemudi Komstir

Cara Menyetel Kekencangan Baut Komstir
Cara Menyetel Kekencangan Baut Komstir (Source : dayaauto.co.id)

Menyetel kekencangan baut komstir tidak sulit dilakukan. Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dan tidak perlu membawanya ke bengkel.  Sebab, caranya cukup dengan memutar atau mengencangkan mur setelan yang berada di bagian bawah segitiga kemudi motor.

Di bagian bawah segitiga terdapat mur setelan yang bentuknya semacam gerigi. Nah, mur setelan itu bisa disetel sesuai keinginan. Tapi untuk melakukannya, Anda membutuhkan bantuan kunci khusus.

Jika tidak memiliki kunci khusus, gunakan saja obeng pipih. Tinggal pukul saja bagian atas obeng tadi dengan palu secara perlahan. Sebab, pada mur setelan tersebut terdapat semacam sekat yang bisa didorong oleh ujung obeng.

Tapi harus hati-hati saat melakukannya. Pukul obeng tersebut secara perlahan dengan palu agar mur tidak berputar secara cepat. Selain itu, pastikan untuk tidak menyetel komstir terlalu kencang, karena akan menyebabkan kemudi motor terasa keras saat dibelokkan.

Meskipun menyetel kekencangan baut kemudi komstir bisa dilakukan menggunakan obeng pipih, tapi lebih baik dan lebih aman jika dilakukan menggunakan kunci khusus. Takutnya mur setelan komstir rusak jika tidak hati-hati memutarnya menggunakan obeng.

Jika motor Anda tetap goyang dan tidak stabil setelah melakukan cara menyetel kekencangan baut kemudi komstir yang disebutkan di atas, maka kemungkinan besar bearing komstir sudah rusak.

Jika memang dipastikan rusak setelah dicek, maka solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti bearing komstir tersebut.

Cara Mengganti Bearing Komstir Motor

Bearing Komstir Motor (Source :
Cara Mengganti Bearing Komstir Motor (Source : autofun.co.id)

Mengganti sendiri bearing komstir yang rusak tidaklah sulit. Jika masih agak bingung, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama, bongkar bagian komstir, lalu lepaskan bagian komponen komstir motor.
  • Jangan lupa untuk mengoleskan stemplet atau gemuk terlebih dahulu di tempat bearing akan diletakkan pada bagian komstir.
  • Aturlah posisi bearing dengan rata. Ingat, jangan sampai ada celah karena bisa mengakibatkan komstir goyang.
  • Setelah itu, pasang kembali komstir di bagian leher motor secara perlahan. Tujuannya, agar bearing yang sudah dibubuhi stemplet atau gemuk tidak lepas atau bergeser.
  • Jangan lupa untuk mengencangkan kembali 2 buah bearing yang merupakan pengikat komstir dengan leher motor.
  • Lanjutkan dengan menyetel komstir yang disesuaikan dengan kenyamanan Anda saat berkendara.

Cara Merawat Komstir Motor Agar Lebih Awet

Merawat Komstir Motorbih Awet (Source : iwanbanaran.com)
Pentingnya Merawat Komstir Motor Agar Lebih Awet (Source : iwanbanaran.com)

Karena besarnya fungsi komstir, sebaiknya Anda merawat komponen tersebut dengan baik. Cara merawatnya tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Jangan mengendarai motor dalam kecepatan tinggi saat melintasi jalan yang rusak atau tidak rata.
  • Turunkan kecepatan saat hendak melewati polisi tidur, jangan justru melibasnya dengan kecepatan tinggi.
  • Sering-sering mengecek bagian komstir untuk memastikan kondisinya.
  • Runtin memberikan pelumas pada bagian komstir.

Itulah tadi cara menyetel kekencangan baut kemudi komstir dan cara merawatnya agar lebih awet. Jika mampu, Anda bisa menyetel sendiri kekencangan baut komstir motor Anda. Tapi jika kurang yakin, sebaiknya bawa motor ke bengkel agar ditangani oleh ahlinya.