Jika kita berbicara tentang investasi properti, kebanyakan orang akan mengacu kepada investasi rumah, tanah, dan apartemen. Penyebabnya, karena tiga jenis investasi tersebut memang merupakan jenis investasi properti yang dilakukan kebanyakan orang.

Tapi sebenarnya, ada satu jenis investasi lainnya di bidang properti yang juga layak untuk dilirik dan terbukti sangat menguntungkan, yaitu investasi villa. Tidak sedikit orang yang berhasil meraih kesuksesan di bidang investasi yang satu ini.

Hanya saja, kesuksesan investasi villa sangat dipengaruhi oleh letak dari villa tersebut. Oleh karena itu, jika ingin berinvestasi di bidang properti yang satu ini, Anda harus melakukan survey lokasi terlebih dahulu.

4 Keuntungan Utama Investasi Villa

Potensi Investasi Villa Tidak Terpengaruh Inflasi Karena Kelangkaannya

Jika Anda penasaran ingin mengetahui apa sajakah keuntungan yang bisa didapatkan ketika berinvestasi villa, pemaparan lebih lanjut di bawah ini akan memberikan gambaran bagi Anda akan sisi-sisi keuntungannya.

1. Nilai Sewa yang Tinggi

Banyak orang yang memanfaatkan masa-masa liburan mereka dengan melakukan perjalanan wisata negeri bersama keluarga. Biasanya tujuan mereka adalah daerah pantai atau pegunungan. Tentu saja selama berada di tempat wisata, mereka membutuhkan tempat tinggal sementara.

Meskipun terdapat banyak hotel dan penginapan yang bisa disewa, namun banyak keluarga yang berwisata lebih memilih untuk menyewa villa. Alasannya sederhana, karena mereka merasa lebih bebas beraktivitas di villa dibandingkan ketika menyewa hotel atau penginapan.

Harga sewa villa lumayan tinggi karena sifatnya menyewa satu bangunan villa secara keseluruhan beserta seluruh fasilitas di dalamnya. Masa sewa juga tidak lama, hanya beberapa hari saja, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan penyewa berikutnya.

Oleh karena itu, bisa dibayangkan berapa potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan investasi villa, khususnya di masa-masa libur di mana orang banyak berkunjung melakukan wisata bersama keluarga.

Tentu saja, Anda juga harus rela mengeluarkan biaya untuk merawat villa agar tetap bagus dan memiliki nilai sewa yang tinggi. Tapi jangan khawatir, keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih besar dibandingkan pengeluaran untuk biaya perawatan villa tersebut.

2. Nilai Jual yang Tinggi

Sebagaimana jenis properti lainnya seperti rumah, tanah, dan apartemen, properti berbentuk villa juga memiliki nilai jual yang terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Nilai jual villa bahkan bisa berlipat-lipat naiknya hanya dalam waktu setahun sejak Anda membelinya.

Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena harga tanah dan bahan bangunan yang terus mengalami kenaikan pesat dari waktu ke waktu. Selain itu, tingkat aktivitas wisata masyarakat terus mengalami peningkatan khususnya sejak tidak diberlakukannya pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19.

Semua hal di atas turut mempengaruhi peningkatan nilai jual sebuah villa yang berada atau berdekatan dengan lokasi wisata. Oleh karena itu, jika suatu saat butuh dana dan harus menjual kembali villa Anda, nilai jualnya tentu akan sangat tinggi dan menguntungkan.

3. Terjaga dari Inflasi

Salah satu keuntungan besar dari investasi villa adalah terjaga dari inflasi. Meskipun mata uang mengalami penurunan, investasi villa diyakini tidak akan terpengaruh dan tetap menguntungkan karena kelangkaannya.

Semua itu tentu saja tetap dipengaruhi oleh lokasi villa yang betul-betul strategis dan kondisi villa yang senantiasa dalam keadaan bagus karena terawat. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dua faktor penting ini jika ingin investasi villa yang Anda lakukan betul-betul menguntungkan.

4. Menghemat Biaya Liburan Pribadi

Tentu ada saatnya Anda dan keluarga ingin berwisata memanfaatkan masa-masa liburan. Sebagaimana keluarga lainnya, Anda tentu membutuhkan tempat tinggal sementara selama berada di tempat wisata. Normalnya, biaya tempat tinggal selama berwisata bersama keluarga tentu harus masuk dalam perhitungan ketika Anda menabung untuk itu.

Tapi jika Anda memiliki villa pribadi, tentu kondisinya berbeda. Sebab, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa penginapan selama di tempat wisata. Tinggal datang dan menempati villa Anda, lalu menikmati masa-masa berwisata di sana.

5 Lokasi Villa yang Potensial dan Menguntungkan

Ingin Investasi di Bidang Properti yang Menguntungkan? Investasi Villa Saja!

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya di atas, investasi villa akan semakin menguntungkan jika Anda berinvestasi di lokasi yang betul-betul potensial dan menguntungkan. Lokasinya tentu saja terkait erat dengan kondisi wisata di tempat tersebut.

1. Bogor

Bagi Anda yang ingin berinvestasi villa, sebaiknya pilih yang lokasinya berada di Bogor. Lebih bagus lagi jika villa tersebut berada di daerah puncak. Sebab, pada musim-musim liburan, puncak Bogor dipadati oleh pengunjung yang datang berwisata ke sana.

Bukan hanya para pengunjung dari dalam negeri, bahkan dari luar negeri. Meskipun harga villa yang akan Anda beli sebagai investasi sangat tinggi, tapi sepadan dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan.

2. Bandung

Lokasi berikutnya yang juga potensial untuk investasi villa adalah daerah Lembang Bandung, Dago, atau kawasan Bandung Barat. Alasannya tentu saja karena ketiga lokasi tersebut merupakan daerah wisata yang selalu dipadati pengunjung khususnya di masa-masa libur.

3. Bali

Lokasi yang satu ini tentu tidak perlu ragukan lagi. Sebagai salah satu daerah wisata terbesar di Indonesia, Bali setiap saat dipadati oleh para pengunjung yang datang berwisata. Bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

Padatnya pengunjung yang datang berwisata ke Bali tidak hanya di waktu-waktu libur. Setiap saat Bali selalu dipadati pengunjung, meskipun tentu saja akan lebih padat lagi ketika masa liburan.  

Oleh karena itu, investasi villa di Bali sangat potensial.dan menguntungkan. Jika Anda memiliki budget yang mencukupi untuk berinvestasi, jangan ragu untuk membeli villa di sana meskipun harganya sangat tinggi. Sebab, potensi keuntungannya lebih besar lagi.

4. Yogyakarta

Yogyakarta atau Jogja dikenal sebagai kota wisata dan kota pelajar. Setiap tahun khususnya di masa-masa liburan, Jogja selalu dipadati pengunjung yang datang liburan ke sana.

Penulis sendiri punya pengalaman liburan akhir tahun di sana. Di waktu itu, Jogja betul-betul dipadati orang-orang yang datang dari luar Kota Jogja untuk berlibur. Hotel-hotel dan penginapan di Kota Jogja penuh dengan orang yang menginap.

Oleh karena itu, salah satu lokasi yang potensial untuk investasi villa adalah Yogyakarta atau Jogja. Lebih bagus lagi jika Anda mampu membeli villa di lokasi-lokasi tertentu di Jogja yang memang menjadi destinasi wisata para pengunjung yang datang ke sana.

5. Medan

Meskipun Medan tidak setenar tempat-tempat wisata yang disebutkan di atas sebelumnya, tapi Medan memiliki satu daerah yang sangat potensial untuk investasi villa di sana, yaitu di kawasan Danau Toba.

Sebagai kawasan yang setiap saat dipadati pengunjung, potensi keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi villa di sana sangat besar. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membeli villa di sana meskipun harganya sangat mahal.

Demikianlah ulasan mengenai keuntungan investasi villa dan lokasi-lokasi yang potensial untuk investasi villa. Jika Anda berkeinginan untuk mencoba berinvestasi di bidang properti yang satu ini, artikel di atas bisa menjadi salah satu referensi bermanfaat bagi Anda.