1 Ampere berapa Watt? Masih banyak orang yang bingung dengan konversi ini. Mungkin Anda termasuk salah satu di antara mereka. Jika demikian tidak perlu khawatir. Pasalnya, postingan kali ini akan membahasnya secara detail.

Berbicara tentang perhitungan dalam kelistrikan, ada 3 jenis satuan yang dijadikan acuan dalan perhitungan, yaitu Volt, Ampere, dan Watt.

Volt adalah satuan untuk tegangan, Ampere adalah satuan untuk menghitung jumlah arus listrik, dan Watt adalah daya beban listrik. Nah, kira-kira 1 Ampere berapa Watt ya? Yuk simak ulasannya.

Pengertian 3 Jenis Satuan Listrik dan Konversinya

Satuan Listrik Terbagi Tiga Yaitu Volt, Ampere, dan Watt
Satuan Listrik Terbagi Tiga Yaitu Volt, Ampere, dan Watt

Sudah disinggung sebelumnya bahwa satuan yang digunakan dalam dunia kelistrikan ada 3, yaitu Volt, Ampere, dan Watt. Agar lebih jelas tergambar, berikut masing-masing ulasan dari ketiganya.

1. Ampere

Satuan Ampere digunakan untuk menggambarkan besarnya arus listrik yang mengalir pada alat-alat listrik yang sifatnya memang mengalirkan arus listrik. Contohnya seperti stop kontak, MCB, serta yang lainnya.

Fungsi lain dari Ampere adalah sebagai konversi beragam jenis satuan listrik yang lainnya. Contohnya pada MCB, yang mana kita sering menemukan istilah MCB dengan daya 16 Ampere 900 watt.

Perhitungan di atas menunjukkan bahwa alat tersebut mampu menahan daya listrik sebanyak 900 Watt, sekaligus bisa mengalirkan arus listrik sebesar 16 Ampere.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika muncul pertanyaan 1 Ampere berapa Watt atau pertanyaan semisal. Pasalnya, keduanya memang memiliki konversi yang saling berkaitan.

2. Watt

Satuan Watt digunakan untuk menghitung besarnya daya yang harus ada di dalam sebuah peralatan listrik agar bisa bekerja. Sebagai contoh, keterangan lampu ‘5 Watt’ yang menunjukkan kalau lampu tersebut baru bisa menyala ketika mendapatkan asupan daya sebesar 5 watt.

Nah, perhitungan ini berlaku juga untuk berbagai peralatan listrik lainnya.

3. Volt

Satuan Volt digunakan untuk menyatakan besarnya tegangan yang dibutuhkan agar sebuah peralatan listrik bisa bekerja sebagaimana mestinya. Satuan Volt juga biasanya digunakan untuk beragam peralatan listrik semisal aki, kulkas, genset, dan yang lainnya.

Rumus Menghitung Konversi Satuan Listrik & Contohnya

Rumus Menghitung Konversi Satuan Listrik Memudahkan untuk Mengetahui Nilai Volt, Ampere, dan Watt
Rumus Menghitung Konversi Satuan Listrik Memudahkan untuk Mengetahui Nilai Volt, Ampere, dan Watt

Agar bisa menentukan konversi antar satuan listrik dengan tepat, Anda terlebih dahulu mesti melakukan perhitungan gerak gaya listriknya. 

Prinsip dasar dalam melakukan perhitungan tersebut adalah dengan menemukan konversi antar satuan listrik. Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut: V = l × R.

Dalam hal ini V = Tegangan listrik (volt), l = Arus listrik (Ampere), dan R = Resistansi (Ohm).

Agar lebih tergambar, di bawah ini saya akan sebutkan beberapa contoh :

Contoh Pertama : Sebuah bangunan yang memiliki peralatan listrik dengan resistansi 100 Ohm yang dialiri tegangan sebesar 220 Volt. Nah, berapakah arus listrik yang mengalir? Berikut perhitungannya :

R = 100 Ohm

V = 220 Volt

Untuk menentukan besarnya nilai arus listrik (I) adalah sebagai berikut :

V = l × R

l = V : R

l = 220 Volt : 100 Ohm

l = 2,2 Ampere

Contoh Kedua : Dalam sebuah rumah terdapat alat listrik bertegangan 220 Volt dan membutuhkan arus listrik sebesar 2,2 Ampere. Nah, berapakah Watt daya listrik yang dibutuhkan? Berikut perhitungannya :

l = 2,2 Ampere

V = 220 Volt

Untuk mencari satuan nilai Watt (R) adalah sebagai berikut :

P = V × l

P = 220 × 2,2

P = 484 Watt

Lantas 1 Ampere Berapa Watt?

1 Ampere Berapa Watt
1 Ampere Berapa Watt?

Berdasakan uraian di atas, maka untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 Ampere berapa Watt? Anda bisa menggunakan rumus dengan klasifikasi berikut ini :

P = V × l

P = 220 Volt × 1 Ampere

P = 220 Watt

Tapi perlu dicatat bahwa jumlah Watt dalam 1 Ampere sangat ditentukan oleh tegangan listrik awal sebagai sumbernya. Oleh karena itu, jumlah Watt pada listrik rumahan berbeda dengan jumlah Watt pada kelistrikan kendaraan (Aki).  Berikut gambarannya secara jelas :

Kelistrikan Rumah (PLN)

Perlu diketahui bahwa umumnya 1 Ampere listrik rumah (PLN) memiliki tegangan sebesar 220 Volt. Maka untuk mencapai kesimpulan nilai 1 Ampere berapa Watt di sini menggunakan rumus berikut :

P = V x I

P = 220 x 1

P = 220 watt

Dari sini bisa disimpulkan bahwa 1 Ampere untuk tegangan listrik rumahan sebesar 220 Watt.

Kelistrikan Kendaraan (Aki)

Umumnya 1 Ampere untuk kelistrikan kendaraan bermotor (Aki)  memiliki tegangan sebesar 12 Volt. Maka cara menghitung Ampere ke Watt atau cara untuk mencapai 1 Ampere berapa Watt di sini menggunakan rumus berikut :

P = V x I

P = 12 x 1

P = 12 watt

Dari sini bisa disimpulkan bahwa 1 Ampere untuk tegangan listrik rumahan sebesar 12 Watt.

Tabel Ampere ke Watt

Ilustrasi Tabel Ampere ke Watt
Ilustrasi Tabel Ampere ke Watt

Agar lebih jelas lagi, di bawah ini akan disebutkan tabel 1 Ampere yang sama dengan 200 Watt. Maka detail daftar Watt yang ada sebagai berikut :

AmpereWatt
1 Ampere220 Watt
2 Ampere440 Watt
4 Ampere880 Watt
6 Ampere1320 Watt
8 Ampere1760 Watt
10 Ampere2200 Watt
12 Ampere2640 Watt
14 Ampere3080 Watt
16 Ampere3520 Watt
18 Ampere4400 Watt

Bagaimana? Tentu Anda sudah mengetahui 1 Ampere berapa Watt. Tentunya Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung Ampere ke Watt dan cara menghitung Watt ke Ampere setelah membaca detail penjelasan di atas.

Oh ya, perlu dicatat bahwa rumus yang disampaikan di atas sekedar pendekatan saja. Sebab, Anda baru bisa mendapatkan hasil penghitungan yang akurat setelah mengetahui seberapa besar faktor cosphi dan lain sebagainya.